Perbedaan antara Penguat WiFi, Repeater atau Extender

Perbedaan antara Penguat WiFi, Repeater atau Extender – Repeater atau extender WiFi digunakan untuk memperluas area jangkauan jaringan WiFi Anda. Ia bekerja dengan menerima sinyal WiFi Anda yang ada, memperkuatnya dan kemudian mentransmisikan sinyal yang ditingkatkan. 

Dengan repeater WiFi, Anda dapat secara efektif menggandakan area jangkauan jaringan WiFi Anda dan menjangkau sudut jauh rumah atau kantor Anda, lantai yang berbeda, atau bahkan memperluas jangkauan ke halaman Anda.

Baca Dulu: Memilih Layanan Internet dan TV Kabel Terbaik

Apa Perbedaan antara Penguat WiFi, Repeater, atau Extender?

Booster, repeater, dan extender WiFi sebagian besar adalah perangkat yang sama. Tidak ada perbedaan yang jelas antara perangkat yang digambarkan oleh produsen sebagai repeater dan perangkat yang digambarkan sebagai ekstender. Namun, tidak semua extender WiFi bekerja dengan cara yang sama persis. 

Saya kesulitan mendapatkan sinyal WiFi di beberapa sudut rumah saya. Apa yang harus saya coba dulu?

Ada beberapa solusi untuk dicoba sebelum memilih extender WiFi. Yang paling sederhana adalah mencoba memindahkan lokasi router WiFi Anda. Itu harus di lokasi paling sentral mungkin. Jika itu tidak membantu (atau jika mengubah lokasi tidak praktis) periksa apakah router Anda perlu ditingkatkan. Jika Anda sudah memiliki model lama selama bertahun-tahun, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ke model yang lebih kuat.

Salah satu pilihan terbaik untuk router baru adalah Archer C9 AC1900 Router yang menawarkan 802.11ac, generasi berikutnya dari WiFi. Ini adalah router dual band dengan prosesor dual core ultracepat dan empat port ethernet gigabit untuk digunakan dengan Smart TV atau konsol game. Muncul dengan teknologi Beamforming yang unik. Teknologi ini memungkinkan router untuk memusatkan sinyal WiFi ke perangkat WiFi Anda. 

WiFi saya berada di lokasi terbaik! Router saya mutakhir! Tapi cakupan saya masih tidak bisa diandalkan!Oke, WiFi extender bisa jadi solusinya! Ada beberapa pilihan yang berbeda. Salah satu yang paling mudah adalah ethernet kit powerline seperti  starter kit dari Zyxel ini . Kit ini memungkinkan Anda mengirim sinyal internet melalui sirkuit listrik di rumah atau kantor Anda. Muncul dengan 2 adaptor; satu dicolokkan ke soket listrik di dekat router Anda saat ini, dan yang lainnya di lokasi di mana Anda membutuhkan sinyal. 

Hubungkan yang pertama ke router Anda menggunakan kabel ethernet, dan sambungkan yang kedua ke perangkat ethernet (misalnya Smart TV atau konsol game). Adaptor kedua juga dapat dihubungkan ke router WiFi untuk jaringan WiFi kedua. Nah untuk itu Anda bisa kunjungi  untuk info penting lainnya.

Keuntungan besar dari solusi ini adalah cepat. Pertama, pengaturannya cepat. Anda pasang dan pergi. Anda dapat mencoba membuat ulang kit dengan puluhan kaki kabel ethernet, tetapi itu melibatkan pengeboran lubang di dinding dan pemasangan kabel di seluruh rumah dan Anda tidak akan dapat mencabut dan memindahkan pengaturan Anda dengan mudah. 

Kedua, cepat dalam hal bandwidth. Extender yang menggunakan WiFi biasanya akan mengalami penurunan kecepatan. Karena mereka berkomunikasi dengan router melalui Wi-Fi, ada penurunan kecepatan yang besar jika extender berbicara ke perangkat Anda pada band yang sama yang digunakan untuk berbicara dengan router. 

Ini adalah solusi yang sangat bagus jika, misalnya, Anda memiliki konsol game di ruang bawah tanah yang tidak mendapatkan sinyal yang cukup cepat atau andal. Kit ini dapat dihubungkan langsung ke koneksi ethernet konsol dan menghubungkannya ke router di bagian lain rumah.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang Repeater WiFi semoga bermanfaat, terimakasih.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *