Nostalgia Masa Kecil dengan Bermain Game di Plays.org

Sebenarnya dari kecil aku suka bermain game. Hanya saja saat itu kemampuan keluargaku terbatas untuk bisa membeli game console. Beberapa tetanggaku memilikinya, dan seringkali aku bermain ke rumah mereka, menanti kesempatan dipinjamkan bermain 1-2 ronde. Dari Nintendo, Sega, hingga Playstation… sampai kini, aku tidak pernah memilikinya.

Baca Dulu: Cara Main Game di TV

Game-game masa lalu itu game yang sederhana. Ketika dunia game berkembang sedemikian pesat, masuk ke era PC Game, aku kebanyakan tidak mampu menikmati game-game tersebut. Paling-paling hanya game bola seperti PES, Football manager yang masih sesekali kumainkan. Dan ketika masuk ke era mobile game, ternyata tidak sedikit orang yang merindukan game-game masa lalu yang sederhana itu, yang cukup untuk membunuh rasa bosan atau stress semata.

Belakangan aku menemukan sebuah web yang menyajikan game-game sederhana itu. Game-game itu tidak perlu diinstall dan cukup dimainkan secara online di Plays.org.

Salah satu game favoritku adalah Solitaire. Dulu game Solitaire ini menjadi bawaan Windows. Namun, game itu, bersama Minesweeper dll menghilang dari default bawaan. Syukurlah aku menemukannya di plays.org.

Main Solitaire di Plays.org

Yang menarik adalah main Solitaire di sini itu lebih sulit. Sampai tulisan ini dibuat aku belum pernah memenangkan satu pun permainan dari belasan percobaan.

Selain itu, aku juga suka main Tetris. Bahkan sampai sekarang aku suka menonton Olimpiade Tetris lho. Keren banget kan Tetris bisa ada kompetisinya gitu. Nah di web ini juga ada permainan Tetris. Namanya Tetra Blocks

Rasanya nggak terasa waktu berlalu untuk bermain game online di sana. Pokoknya mah kita bisa bernostalgia bermain game seperti Pac Rat yang mirip Pac Man, X-wing Fighter yang pesawat-pesawatan, atau Math Boy yang merupakan game edukasi.

Seru deh! Lebih seru lagi karena kita bisa melihat skor kita online yang akan terus diupdate! Keinget kan masa-masa dingdong, dan merasa bangga hati kalau bisa jadi peringkat 1 seharian.

Aku berharapnya sih katalog gamenya akan terus ditambah. Game-game dari zaman keemasan ding-dong juga tersedia kayak King of Fighters, atau game-game pesawat yang lebih seru (lupa namanya).

Nah, memang Plays.org ini baru beroperasi sejak Januari 2021. Saya kasih tahu kelebihannya. Pertama situs web Plays.org ini tidak memiliki iklan atau perangkat lunak pelacakan tanpa akhir. Jelas web ini murni dibuat untuk melayani satu tujuan, menyediakan game untuk para gamer. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan game telah go public dengan penilaian dalam 10 miliaran dolar termasuk Roblox, Unity dan Applovin. Situs ini bertujuan untuk menjadi kebalikan dari tren semacam itu.

Baca Juga: Saksikan Geemu o Shimasu di Aplikasi GoPlay

Jadi, jangan khawatir, situs ini aman, kita tidak menemukan hal-hal yang tidak pantas untuk anak-anak dan terkadang mengandung virus, malware.

Agenda berikutnya aku bakal ajak anak-anak duduk di sampingku buat main game di sini. Kemarin sih doi sudah sempat mengintip-intip, tapi sayangnya pas aku main Solitaire jadi belum pantas doi main kartu kan.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *