Mengenal Software ERP Indonesia Beserta Fungsinya

Dalam kegiatan berbisnis selalu ada tantangan berat untuk terus bisa berkompetisi dengan kompetitor lainnya. Baik individu maupun perusahaan tidak hanya dituntut untuk terus kompetitif, tetapi juga fleksibel.

Supaya bisnis dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan, pebisnis harus selalu mengikuti perkembangan teknologi dan menerapkannya. Salah satu teknologi yang dianjurkan adalah penerapan sistem ERP (Enterprice Resource Planning).

Kendati software ERP jadi solusi terbaik dalam memudahkan Anda mengawasi jalannya bisnis, namun pemilihan softwarenya harus dilakukan dengan sangat matang. Untuk itu, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu tentang software ERP Indonesia berikut ini.

Apa yang Dimaksud ERP?

ERP atau Enterprise Resource Planning bisa disebut juga perencanaan sumber daya perusahaan. Dengan kata lain, ERP adalah suatu proses yang kegunaannya mengintegrasikan dan mengelola bagian penting dari operasional bisnis. Aplikasi ini sangat membantu perusahaan dalam merencanakan sumber daya dengan cara menggabungkan keseluruhan proses ke dalam satu sistem.

Inilah mengapa banyak yang menganggap ERP sebagai perekat yang menghubungkan sistem komputer berbeda untuk perusahaan maupun organisasi. Tanpa adanya software ERP, masing-masing departemen akan punya sistem yang dimaksimalkan untuk tugas-tugasnya secara spesifik. Sedangkan, dengan aplikasi ERP, seluruh sistem bisa diakses lewat satu aplikasi menggunakan satu halaman muka.

Software ERP ini juga memungkinkan berbagai divisi atau departemen untuk saling membagikan informasi dan berkomunikasi dengan departemen lainnya di dalam perusahaan lebih mudah.

Di dalam software ERP memiliki sejumlah modul dan fitur, diantaranya adalah:

● Produksi
● Keuangan
● Distribusi
● Pengadaan
● Manajemen gudang
● Manajemen pemesanan
● Otomatisasi pemasaran
● Manufaktur
● Manajemen persediaan
● Manajemen rantai pas
● Manajemen hubungan pelanggan
● E-Niaga

Berbekal modul beserta fitur tersebut, software ERP sangat efektif membantu perusahaan menghubungkan informasi mengenai produksi, distribusi, keuangan, hingga sumber daya manusia secara bersamaan. Proses ini menggabungkan sistem pengawasan stok barang, pemesanan barang, utang, inventaris penjualan dan pembelian, serta database konsumen dalam satu sistem.

Seluruh modul ERP tersebut tersedia lengkap jika Anda memilih software RedERP. Proses yang disebutkan di atas seluruhnya bisa dijalankan oleh software RedERP, sehingga membantu operasional bisnis Anda lebih optimal.

Baca Juga: Sistem Cloud ERP

Fungsi ERP

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, software ERP menyediakan alat canggih yang dapat memudahkan Anda menjalankan bisnis lebih efisien. Secara umum, ada beberapa fungsi dasar yang dimiliki ERP, yaitu:

  1. Manajemen Akuntansi
    Berdasarkan sejarahnya di tahun 1990 dimana istilah ERP diciptakan oleh Gartner Group. Fokus utamanya waktu itu adalah akuntansi, yakni diterapkan pada manajemen inventaris dan kontrol di sektor manufaktur. Sistem ERP ini efektif membantu Anda dalam menggabungkan aplikasi akuntansi lama dengan aplikasi baru. Dengan demikian, Anda dapat melacak data keuangan dari waktu ke waktu dan memungkinkan Anda memperoleh data serta informasi lebih mendalam.
  2. Manajemen Pelanggan
    Fungsi dasar sistem ERP lainnya adalah membantu Anda untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Dengan software ERP, Anda dapat mengecek waktu yang dibutuhkan agar dapat memenuhi pesanan pelanggan. Selain itu, perangkat lunak ini juga membantu tim penjualan memenuhi target yang ditetapkan. Mengingat membangun hubungan dengan pelanggan itu sangat penting dan salah satu jadi kunci kesuksesan bisnis, maka sistem ERP dapat jadi solusi bagi perusahaan menguasai pasar.
  3. Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)
    Selain kedua fungsi di atas, software ERP juga berfungsi untuk mengelola karyawan menggunakan data perusahaan dengan lebih efektif. Melalui perangkat lunak ERP, Anda dapat melacak waktu kerja, kinerja dan efisiensi karyawan, hingga mengidentifikasi potensi terkait SDM. Dengan memanfaatkan fungsionalitas SDM, perusahaan memperoleh hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kini Anda dapat menyimpulkan apa itu ERP. Sederhananya, sistem ERP tidak hanya mampu memperlancar aktivitas operasional bisnis, tetapi juga efektif menghemat biaya operasional dan mengurangi redudansi.

RedERP bisa jadi solusi terbaik untuk sistem ERP di perusahaan Anda. dengan software RedERP, Anda dapat membuat strategi dan mengimplementasikannya secara menyeluruh di setiap lini bisnis. Beberapa keunggulan yang dimiliki RedERP yaitu:

● Akurat
● Terintegrasi
● Hemat tenaga dan biaya operasional
● Fleksibel dengan segala jenis bisnis
● Cepat tetapi tidak mengurangi kualitas pekerjaan
● Mudah digunakan

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, sistem ERP dari RedERP jadi solusi terbaik dalam mengembangkan bisnis.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *