Berbagai Manfaat Memiliki Asuransi Properti yang Sangat Penting

Tidak sama dengan asuransi jiwa dan kesehatan yang sangat populer di masyarakat, keberadaan asuransi properti masih cenderung kalah popularitasnya. Masyarakat masih banyak yang belum mengetahui dan belum memahami terkait dengan asuransi dalam bidang properti tersebut.  Padahal, jika ditelusuri lebih lanjut, asuransi ini akan memberikan jutaan manfaat bagi para nasabahnya.

Tanpa disadari, properti yang kini sudah dimiliki ternyata akan mempunyai risiko yang sangat besar di masa mendatang baik itu resiko dari kerusakan, kehilangan, dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Oleh sebab itu, agar tenang dan nyaman dengan properti berharga yang dimiliki, asuransi properti sangat diperlukan.

Manfaat Mengikuti Asuransi Properti

Asuransi tersebut akan memberikan banyak manfaat di kemudian hari nanti. Diantaranya adalah:

1. Perlindungan Kebakaran Properti

Manfaat pertama yang akan didapatkan oleh nasabah ketika mendaftarkan properti yang mereka miliki yakni kerusakan atau kehilangan properti akan diganti dan ditanggung biayanya oleh perusahaan asuransi.

Tentunya, nominal maksimal dan minimal biaya pertanggungjawaban tertentu telah ditentukan dalam polis asuransi yang harus disetujui oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini, setiap properti akan mendapatkan biaya pertanggungjawaban yang berbeda-beda.

Maka dari itu, nasabah harus belajar membaca polis asuransi properti sejak dini agar mereka benar-benar paham apa perjanjian yang ada di dalam dokumen tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan agar di kemudian hari nasabah tidak akan kecewa dengan perjanjian asuransi yang telah mereka setujui tersebut.

2. Perlindungan Barang-barang Berharga

Barang-barang berharga yang termasuk di dalam properti juga akan mendapatkan perlindungan dari pihak perusahaan asuransi. Jika barang-barang tersebut sampai rusak atau hilang, maka pihak penanggung dapat melakukan pencairan biaya pertanggungjawabannya selama nasabah telah memenuhi berbagai macam syarat sesuai dengan peraturan yang diberlakukan sebelumnya. Dengan mendaftar asuransi, nasabah akan lebih tenang dan aman dalam menjaga barang-barang berharga yang mereka miliki.

Akan tetapi, manfaat perlindungan barang berharga ini juga memiliki waktu atau masa peraturan perasuransian tersendiri. Biaya lama waktu masa aktif asuransi yakni sejak dimulainya pendaftaran asuransi properti oleh nasabah hingga tempo waktu yang menjadi peraturan dari pihak perusahaan asuransi. Nominal preminya tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah sehingga cocok untuk semua kalangan.

3. Perlindungan Sambaran Petir

Ketika musim hujan dan banyak properti elektronik yang ada di dalam ruangan, tentu saja pemilik akan sangat khawatir jika hal tersebut terkena sambaran petir. Sebab, barang elektronik yang harganya mahal tersebut sudah pasti rusak dan jarang sekali bisa dilakukan perbaikan jika sudah terkena sambaran petir. Jika itu memang terjadi, bisa dipastikan bahwa pemiliknya akan mengalami kerugian yang sangat besar.

Untuk mengantisipasi hal ini terjadi dan mencegah adanya kerugian, pemilik properti akan sangat disarankan untuk mendaftar asuransi properti. Sebab, hal tersebut mampu memberikan perlindungan terhadap sambaran petir yang terjadi. Ketika salah satu properti yang dijadikan objek asuransi tersambar petir, biaya pertanggungjawabannya akan bisa dicairkan dengan cepat dan mudah setelah memenuhi syarat tertentu.

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan mengenai asuransi properti dan berbagai macam manfaatnya. Anda bisa memperoleh produk asuransi properti terbaik dari AXA Mandiri. Sebagai perusahaan asuransi yang profesional dan berpengalaman, AXA Mandiri bisa memberikan perlindungan terbaik bagi properti yang Anda miliki.

Nasabah juga harus memahami tips membaca polis di AXA Mandiri sebelum mendaftarkan diri pada asuransi ini. Dengan memahami cara membaca polis yang benar, nasabah bisa lebih paham akan cakupan perlindungan yang nantinya akan didapatkan dan bagaimana sistem klaim asuransi dengan lebih baik.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *