Tanjung Siambang

Kelebihan Dan Kekurangan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online 

Pembelian tiket pesawat online Traveloka seringkali dinyatakan sebagai pembelian tiket dengan cara terbaik. Hal ini tidak lepas dari sistem pembeliannya yang lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, seperti yang Anda ketahui pembelian tiket pesawat secara online juga dikenal dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya. Ingin tahu kelebihan apa saja? Simakalah penjelasannya di bagian bawah ini: 

Kelebihan membeli tiket pesawat secara online

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika membeli tiket pesawat secara online, di antaranya:

Mudah 

Pemesanan tiket pesawat secara online dinyatakan lebih mudah karena pada dasarnya dapat dilakukan di mana pun serta kapan pun Anda menginginkannya. Pasalnya Anda tidak perlu repot mengunjungi loket dari tempat penjualan tiket pesawat karena tiket itu sendiri dapat Anda pesan secara online selama ada jaringan internet yang saling menghubungkan. Selain itu, dengan munculnya beberapa layanan jasa yang menyediakan tiket pesawat juga menjadikan Anda lebih mudah dalam melakukan pencarian informasi, membandingkan harga, hingga melakukan pemesanan padanya.

Lebih hemat waktu 

Dengan memesan tiket secara online Anda pun dapat menghemat waktu dengan lebih mudah. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu mengunjungi tempat penjualan tiket atau bahkan mengunjungi agen perjalanan, karena dengan sistem online Anda pun dapat melakukan pemesanan tanpa terbatasi oleh waktu. Bahkan bagi Anda yang memiliki aktivitas padat sekali pun tidak perlu merasa khawatir, karena kini Anda bisa melakukan pemesanan di sela-sela waktu istirahat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan pemilihan, kemudian menentukan tiket mana yang akan Anda beli juga gunakan.

Lebih hemat tenaga serta biaya 

Selain hemat dari segi waktu, Anda juga dapat menghemat tenaga serta biaya. Pasalnya jika Anda melakukan pembelian tiket secara offline, maka Anda pun harus mengunjungi tempat penjualan dari tiket pesawat itu tadi. Hal ini jelas akan membutuhkan tenaga ekstra juga biaya tambahan yang Anda gunakan untuk perjalanan atau transportasi. Namun dengan sistem online, beberapa hal tersebut dapat Anda hindari. Karena itulah selain lebih mudah, Anda pun tidak perlu lagi menghabiskan tenaga juga mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan pemesanan dari tiket pesawat itu tadi.

Praktis 

Kelebihan lain yang ditunjukkan oleh sistem pembelian tiket pesawat secara online adalah layanannya yang tersedia selama 24 jam. Hal ini tentunya lebih memudahkan Anda dalam melakukan pemesanan. Selain itu, bagi Anda yang belum terbiasa melakukan pembelian tiket pesawat juga tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mendapatkan bantuan dengan lebih mudah. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk menghindari kehabisan tiket pada saat promo berlangsung.

Aman 

Meskipun transaksi tidak dilakukan secara langsung atau saling berhadapan antara pihak penyedia tiket pesawat dengan Anda selaku pelanggan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena transaksi dari proses pembelian tiket tetap dapat dilakukan dengan aman. Hal ini tidak lepas dari layanan penyedia tiket yang mana akan menjaga kerahasiaan data dari para calon pelanggannya. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu merasa khawatir. Karena selain data Anda yang aman, pembelian tiket itu tadi pun dapat lebih terjamin.

Kekurangan pembelian tiket pesawat secara online 

Selain beberapa kelebihan dari proses pembelian tiket pesawat secara online di bagian atas tadi. Ada pula beberapa kekurangan yang ditunjukkan olehnya, seperti halnya :

Kurang mengerti

Karena sistem pembelian tiket pesawat dilakukan secara online, maka beberapa informasi dasar yang berkaitan dengannya pun belum tentu dapat Anda dan para pelanggan lainnya pahami dengan benar. Hal ini dikarenakan tidak adanya pertemuan secara fisik, sehingga pihak yang menyediakan tiket pesawat pun tidak dapat menjelaskan informasi secara mendetail pada Anda selaku pihak pelanggannya. Selain itu, Anda pun tidak dapat memahami secara lebih dalam terkait beragam aturan atau bahkan informasi yang berkaitan dengannya.

Kurang akurat

Ketidak akuratan juga menjadi kekurangan lainnya yang seringkali terjadi pada proses pembelian tiket secara online. Hal ini umumnya terjadi apabila pembeli atau pelanggan tidak dapat memahami sistem pembelian e-ticketing dengan benar.

Keamanan transaksi 

Meskipun proses pemesanan tiket dapat dilakukan dengan aman, namun untuk pembayarannya itu sendiri tidaklah demikian. Dalam hal ini sistem pembayaran tiket pesawat dapat dibagi menjadi dua cara utama, yaitu sistem pembayaran dengan menggunakan kartu kredit serta pembayaran via transfer atm.

Itulah penjelasan singkat terkait kelebihan juga kekurangan dari sistem pembelian tiket pesawat online traveloka dan lainnya.

One thought on “Kelebihan Dan Kekurangan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online ”

  1. Belum pernah nyobain beli tiket pesawat euy. Soalnya belum pernah naik pesawat juga. Tapi informatif nih buat kapan-kapan beli tiket kalau ada rejeki jalan-jalan luar pulau hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *