Hal Penting untuk Dilakukan setelah Pasang Kamera Pengintai

pexels-ricardo-esquivel-4211025
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/seni-kreatif-kamera-meja-tulis-4211025/

Saat ini perangkat CCTV atau kamera pengintai banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Tak hanya dipasang di tempat-tempat umum, perangkat keamanan ini juga mulai banyak digunakan di rumah-rumah pribadi. Pemasangan CCTV diharapkan bisa meningkatkan keamanan sekaligus mencegah tindak kejahatan yang mungkin terjadi di sebuah lingkungan. 

Baca Dulu: Rumah Pintar Ala Bardi Smart Home

Setelah Instalasi CCTV

Produk kamera CCTV kini juga semakin beragam. Ada perangkat kamera pengintai wireless dengan teknologi canggih yang lebih praktis dipakai dan hasil rekamannya lebih optimal. Tentunya efektivitas hasil kerja CCTV ini juga akan dipengaruhi oleh tindakan penggunanya setelah instalasi. Berikut adalah beberapa hal penting untuk dilakukan setelah CCTV selesai dipasang:

  • Cek Pengaturan Rekaman

Pertama, langsung saja cek pengaturan rekaman perangkat CCTV tersebut. Pengaturan ini sangat penting untuk diperiksa dan dipastikan tepat agar hasil rekamannya juga akurat. Setiap perangkat kamera pengintai memiliki mode pengaturan yang sangat beragam. Jika ingin menyesuaikan sistem kerja kamera dengan kebutuhan maka pastikan pengaturannya sudah tepat. 

Pemeriksaan pengaturan mode rekaman ini sebaiknya dilakukan secara berkala. Bisa saja di tengah pemakaiannya, mode pengaturan berubah. Jadi sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan mode rekaman demi memastikan kamera pengintai bekerja secara optimal. Baca buku panduan untuk melakukan pengaturan sesuai kebutuhan. 

  • Periksa Koneksi

Kamera CCTV ini bisa bekerja dengan baik jika koneksinya juga berjalan lancar. Terutama untuk jenis IP camera atau kamera pengintai wireless yang mengandalkan koneksi internet agar bisa terpantau melalui device tertentu. Pastikan koneksinya lancar dan hasil perekaman oleh CCTV bisa dipantau langsung lewat perangkat yang sudah kamu pilih.

Masalah koneksi ini bisa saja mengalami kendala di tengah-tengah pemakaian. Saat proses pemantauan terhambat, maka kamu bisa langsung cek koneksinya. Perhatikan juga pengaturan koneksi pada perangkat CCTV. Jika pengaturannya tepat dan koneksi lancar, kecil kemungkinan terjadi masalah. 

  • Pastikan Semua Komponen Berfungsi

Setelah proses instalasi selesai, pastikan semua komponen kamera pengintai bisa berfungsi dengan baik. Jika kamu menggunakan jasa instalasi, pastikan proses pengecekan dilakukan sebelum orang yang memasang kamera pergi. Dengan begitu saat ada kendala atau ditemukan komponen yang tidak berfungsi, bisa langsung diambil langkah yang tepat. 

Lalu, bagaimana jika kamu memasang perangkat CCTV sendiri? Tak masalah, periksa saja satu per satu setiap komponen kamera. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan jika ada masalah, cari tahu mana sumber masalahnya. Setelah itu baca petunjuk di buku panduan dengan baik untuk mencari solusinya. 

  • Lakukan Pemantauan

Cobalah untuk melakukan pemantauan dari hasil rekaman kamera pengintai yang sudah dipasang. Ini juga penting untuk dilakukan agar kamu bisa tahu seperti apa hasil pengawasan yang dilakukan oleh kamera tersebut. Teknologi CCTV saat ini juga sudah berkembang semakin canggih. Kamu bisa melakukan pemantauan melalui perangkat mobile seperti smartphone

Pada saat melakukan pemantauan ini kamu bisa menilai seperti apa kualitas hasil rekaman. Bisa diketahui juga apakah kamera berfungsi dengan baik atau tidak. Jika hasil pemantauannya memuaskan, kamera berfungsi optimal dan bisa diandalkan untuk mengawasi lingkungan. 

  • Jaga Kebersihan Perangkat

Sangat disarankan bagi pengguna kamera CCTV untuk terus menjaga kebersihan perangkat kamera. Faktor kebersihan ini ternyata berpengaruh pada hasil rekaman yang akan kamu dapatkan. Lakukan pembersihan secara berkala dan pastikan tidak ada objek penghalang yang bisa membuat hasil perekaman tidak optimal.

Pada dasarnya pemeriksaan kebersihan perangkat ini perlu dilakukan beberapa hari maupun minggu setelah pemasangan. Jika perangkat dalam kondisi kotor dan penuh debu, hasil tangkapan gambar juga bisa jadi buram. Cek kebersihan ini berlaku untuk perangkat CCTV outdoor maupun indoor

pexels-pixabay-270700
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pengaturan-tab-android-270700/

Pilih Produk CCTV ColorVu dari Hikvision

Sebagai bentuk upaya untuk menjaga keamanan lingkungan, maka pemasangan CCTV atau kamera pengintai ini memang sangat dibutuhkan. Kamu bisa memilih produk CCTV Hikvision ColorVu yang menawarkan banyak keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulan dari produk CCTV Hikvision seri ColorVu ini:

  • Warna Akurat Seperti Asli

Hasil rekaman yang diberikan oleh produk CCTV ini memiliki kualitas warna yang sangat akurat, menyerupai asli. Render warnanya sangat bagus sehingga hasilnya pun begitu memuaskan. Kamera pengintai ini juga bisa bekerja menghasilkan kualitas warna akurat bahkan di tempat dengan pencahayaan kurang baik sekalipun. 

  • Menghasilkan Banyak Detail

Produk CCTV Hikvision ColorVu ini juga akan memberikan tampilan video dengan detail yang sangat jelas. Tak hanya warnanya yang akurat, tetapi juga detail objek begitu jelas. Jauh lebih baik ketika dibandingkan dengan kamera CCTV yang pencitraannya hitam putih. 

  • Menghadirkan Pengalaman Visual Terbaik

Dari segi kecerahan gambar, lensa kamera pengintai wireless ini memiliki kecerahan yang sangat seimbang. Spesifikasi lensa kamera CCTV ini sangat memuaskan dengan aperture super F1.0. Dilengkapi pula dengan sensor canggih yang membuat rendering jadi lebih realistis dan hasil gambarnya jauh lebih baik. 

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Menyewa Genset

Produk kamera pengintai seri ColorVu dari Hikvision ini akan menjadi sebuah pilihan tepat jika kamu butuh perangkat keamanan yang performanya optimal. Perangkat ini bisa melakukan pengawasan secara optimal dan hasil rekamannya juga memuaskan. Sangat cocok untuk digunakan di rumah pribadi maupun area kerja demi menjaga keamanan dan mencegah tindak kriminalitas. 

Tingkatkan keamanan lingkunganmu sekarang juga dengan melakukan instalasi perangkat kamera pengintai dari Hikvision ColorVu. Teknologinya modern dan bisa memberikan hasil yang memuaskan. Pengawasan kondisi lingkungan jadi jauh lebih mudah dan optimal berkat adanya perangkat CCTV satu ini. 

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *