Bisnis Ekspedisi Pakai Pekerja Harian Lepas Menguntungkan? Ini Alasannya

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-piza-pria-kafe-4254135/

Di tengah pesatnya penggunaan e-commerce untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat tentu menjadi suatu fenomena yang pada kenyataannya menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan dalam beberapa sektor, salah satunya ialah bisnis ekspedisi.

Bahkan jasa ekspedisi kini sudah banyak yang terintegrasi langsung dengan e-commerce. Ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tren belanja online meningkat pesat. Dengan meningkatnya pembelian online oleh masyarakat, terkadang membuat pihak ekspedisi kewalahan, hingga harus mempekerjakan pekerja harian lepas sebagai kurir.

10 Tips Membangun Bisnis Ekspedisi

Melihat peluang bisnis yang cukup menjanjikan ini, tak ada salahnya jika Anda ingin memulai membangun bisnis ekspedisi sendiri. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami beberapa hal penting agar bisnis ekspedisi Anda nantinya dapat berjalan lancar.

  • Mempersiapkan Modal

Salah satu hal dasar dalam membangun setiap jenis bisnis adalah perlunya mempersiapkan modal yang cukup. Untuk membangun bisnis ekspedisi memang membutuhkan modal yang cukup besar, namun tetap tergantung pada jenis layanan dan ruang lingkup bisnis tersebut.

  • Menentukan Jenis Layanan

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan jenis layanan yang ingin diberikan. Umumnya, terdapat beberapa layanan untuk jasa ekspedisi seperti pengiriman dokumen, barang, hingga makanan.

Pengiriman barang juga dapat dibedakan kembali menjadi beberapa kategori seperti barang pecah belah, obat-obatan, kargo, dan masih banyak lagi.

  • Menentukan Cakupan Usaha

Anda perlu menentukan apakah bisnis yang akan dibangun termasuk dalam skala besar, sedang atau kecil. Jika ingin memulai dari skala kecil, Anda dapat membuka pengiriman untuk wilayah dalam kota saja, misalnya wilayah kabupaten atau kota.

Jika Anda ingin memulai bisnis dengan cakupan wilayah yang lebih luas, pertimbangkanlah berbagai aspek mengenai akses wilayah, perekrutan karyawan, dan masih banyak lagi.

  • Menentukan Sistem Pengiriman

Jika Anda telah mengetahui cakupan wilayah yang ingin dijangkau, Anda kemudian dapat memikirkan mengenai sistem pengiriman yang akan Anda tawarkan kepada konsumen.

Misalnya Anda dapat menyediakan layanan pengiriman sehari sampai, atau reguler dengan lama pengiriman 2 sampai 3 hari.

  • Menentukan Tarif

Untuk menentukan tarif jasa pengiriman, Anda dapat memperhitungkan modal dan jarak tempuh pengiriman barang. Yang paling umum yaitu dengan memperhitungkan tarif per kilometer dan juga berdasarkan berat barang.

Berikanlah penawaran harga yang kompetitif agar dapat menarik minat calon pelanggan untuk menggunakan jasa Anda.

  • Menyusun Strategi Promosi

Promosi dalam sebuah bisnis merupakan hal yang sangat penting. Untuk mendapatkan minat pelanggan menggunakan barang atau jasa yang Anda jual, perlu disusunnya strategi promosi yang matang.

Misalnya dengan menggunakan media cetak seperti spanduk atau brosur, bahkan dapat juga mencoba digital marketing yang sedang trend saat ini.

  • Konsistensi

Untuk memulai sebuah bisnis yang menjual layanan atau jasa, konsistensi sangatlah dibutuhkan. Terutama dalam bisnis ekspedisi, Anda perlu menjaga kepercayaan pelanggan mengenai ketepatan waktu pengiriman dan menjaga kondisi barang dalam kondisi baik hingga sampai ke tempat tujuan.

  • Membangun Mitra

Salah satu cara lainnya yang dapat membantu berkembangnya bisnis ekspedisi adalah dengan cara bekerjasama dengan mitra. Mitra yang dimaksud misalnya toko pakaian, toko sembako, toko makanan dan yang lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pelanggan tetap jika sudah bekerjasama dengan mitra.

  • Mengurus Ijin Usaha

Hal penting lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah mengatur segala ijin yang berkaitan dengan usaha ekspedisi. Jangan sampai, usaha Anda terhambat di tengah jalan hanya karena masalah perizinan yang belum lengkap.

  • Membangun Tim Kerja

Bangunlah tim kerja yang solid untuk menunjang jalannya bisnis Anda. Anda dapat merekrut karyawan yang kompeten di bidangnya.

Anda juga dapat memanfaatkan pekerja harian lepas atau freelancer untuk direkrut sebagai kurir. Terutama jika kondisi pengiriman tengah ramai dan Anda membutuhkan kurir tambahan untuk mencapai target pengiriman setiap harinya.

Apa Keuntungan Merekrut Freelancer?

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/pencarian/delivery/

Merekrut freelancer sebagai kurir akan memberikan sejumlah keuntungan bagi pelaku bisnis, diantaranya:

  • Fleksibilitas Tinggi

Merekrut freelancer tentunya akan sangat fleksibel. Freelancer sendiri memiliki kebebasan untuk mengatur waktu kerja yang diinginkan. Aturan pekerja harian lepas yang lebih fleksibel, tentu tak hanya menguntungkan untuk freelancer itu sendiri namun menguntungkan pula untuk pemberi kerja karena dapat mempekerjakannya tanpa terikat jam atau hari kerja.

  • Lebih Berpengalaman dan Inovatif

Umumnya, seorang freelancer selalu update mengenai informasi terbaru. Jika Anda merekrut freelancer sebagai kurir, tentunya akan sangat menguntungkan karena dapat membantu mendapatkan inovasi untuk pengembangan bisnis Anda.

  • Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Dengan merekrut freelancer, tentunya akan membuat pengiriman lebih cepat diselesaikan. Ini dikarenakan freelancer akan diberikan target mengenai waktu pengerjaan dan juga kuantitas pekerjaan yang diinginkan perusahaan.

Freelancer juga selalu berusaha menjaga reputasinya di depan perusahaan dengan memberikan kinerja yang maksimal.

  • Menghemat Anggaran

Mempekerjakan freelancer berbeda dengan karyawan pada umumnya. Anda tidak perlu memberikan tunjangan layaknya karyawan biasa. Dengan begitu, perusahaan dapat menghemat anggaran.

Dapatkan Freelancer Berkualitas dengan Staffing Digital

Masalahnya, terkadang perusahaan mengalami kesulitan menemukan freelancer yang kompeten dan dapat dipercaya. Dengan teknologi yang semakin canggih, kini Anda dapat lebih mudah mendapatkan karyawan melalui beberapa software salah satunya Workmate Indonesia. Sejumlah keuntungan yang ditawarkan untuk Anda, diantaranya :

  • Ketersediaan Kandidat Pekerja Lebih Cepat dan Tepat

Anda dapat menemukan pekerja yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat bersama Workmate Indonesia.

  • Absensi Tanpa Timesheet Manual

Sistem absensi berjalan secara otomatis sehingga mengurangi tingkat kesalahan. Menggunakan sistem absensi yang canggih juga akan membuat produktivitas perusahaan Anda akan meningkat.

  • Biaya Lebih Murah 30% dari Konvensional

Menghemat biaya yang harus dikeluarkan perusahaan hingga 30% dalam proses rekrutmen.

  • Proses Rekrutmen Lebih Efisien dengan Sistem Digital

Proses perekrutan akan berjalan lebih efektif dan efisien dengan adanya sistem digital yang canggih.

Itulah beberapa tips untuk menjalankan bisnis ekspedisi yang cukup menjanjikan. Maksimalkan bisnis Anda dengan mempekerjakan pekerja harian lepas untuk bisnis yang semakin berkembang. Selengkapnya mengenai  Workmate Indonesia.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *