Digital Agency Adalah

Berpikir Ala Digital Agency

Beberapa tahun lalu, saya pernah terlibat dalam sebuah perusahaan penerbitan. Di sana saya mengelola sosial media. Utamanya Fanpage Facebook. Pelan-pelan membangun Fanpage hingga memiliki pengikut lebih dari 30 ribu, pelan-pelan pula tertuai hasilnya. Ternyata penjualan online mampu menandingi penjualan buku di toko buku.

Di situ saya menyadari bahwa peralihan bisnis dari offline ke online adalah suatu keniscayaan. Apalagi sekarang, pandemi menyerang, siapa yang masih mau memberanikan diri datang ke toko buku kalau tidak mendesak sekali? Di sisi lain bermodalkan ponsel di tangan, kita bisa mencari buku apa saja yang kita inginkan.

Pandemi memaksa manusia melek digital. Dan kesiapan sebuah brand dalam membangun perangkat digitalnya menjadi kunci keberlangsungan hidup bisnisnya. Di situlah peran digital agency kerap dibutuhkan.

Digital agency adalah agen yang membantu klien untuk membuat, merancang, dan mengelola kegiatan pemasaran digital. Pada umumnya digital agency meliputi Branding, SEO, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Display Advertising, Content Marketing, dan Social Media Management.

Manfaat Digital Agency

Pertama, Digital Agency membantu membuatkan, merencanakan, dan mengelola  dari konsep media dan pemasaran digital yang paling dibutuhkan untuk bisnis atau perusahaan, termasuk dalam memberikan saran strategi yang paling efektif dan efisien

Kedua, Digital Agency akan membuat konsep yang sesuai dengan karakteristik perusahaan. Konsep ini dimulai dari rancangan pembuatan strategi pemasaran, video dan rencana pemasaran, desain kreatif yang sesuai, digital advertising, pembuatan website perusahaan dengan tampilan menarik dan informatif, serta social media marketing. Digital Agency membantu mengelola media migital tersebut.

Ketiga, Digital Agency akan membantu mengelola pemasaran digital yaitu khusus dalam mengelola anggaran iklan website atau landing page dengan Google Ads, Display, Youtube,  iklan Facebook Ads dan Instagram, Influencer dsb, yaitu semua kegiatan yang menggunakan anggaran biaya marketing.

Keempat, Digital Agency akan membantu perusahaan mencapai value yang diinginkan. Sebab setiap perusahaan biasanya mempunya tujuan khusus dan citra khusus yang ingin dibangun, bukan sekadar bicara soal penjualan produk-produknya.

Memilih Digital Agency

Nah, bagaimana cara memilih digital agency terbaik buat perusahaan? Selain menyesuikan dnegan budget dan diselaraskan dengan budget yang dimiliki, pasti kita akan mencari tahu kredibilitas digital agency tersebut. Bagaimana caranya?

Periksa Websitenya

Website adalah wajah perusahaan. Perhatikan domain, tampilan, serta isi yang dimiliki oleh agensi digital marketing tersebut. Apakah mereka menggunakan domain legal yang kredibel (contoh menggunakan domain resmi untuk perusahaan .co.id), apakah tampilan website nya meyakinkan dari sisi desain serta kemudahan navigasi bagi pengunjung web, apakah website tersebut mengandung isi yang informatif, bermanfaat, serta jelas layanan apa yang mereka tawarkan.

Bayangkan saja, kalau wajah mereka sendiri tidak enak dipandang, tidak menjual, bagaimana mereka akan bisa menjual perusahaan kita?

Periksa Portofolionya

Baru-baru ini ada sebuah akun twitter yang mengaku dirinya seorang konsultan restoran. Dia mengkritik kebijakan PSBB yang melarang makan di restoran-restoran karena menjadi medium penularan virus. Dia meletakkan kredibilitasnya dengan mengaku memiliki portofolio menjadi konsultan restoran-restoran terkemuka, yang ternyata kemudian dibantah oleh brand restoran tersebut.

Nah, penting untuk kita tahu digital agency tersebut telah bekerja sama dengan siapa saja sebelumnya, seperti apa hasilnya, agar kita tidak tertipu dengan digital agency yang belum berpengalaman dan hanya mengaku-ngaku seperti pemilik akun twitter tadi.


Nah, salah satu advertising agency Indonesia yang aku tahu adalah Fortuna. Fortuna Indonesia ini memiliki berbagai peran penting di antaranya yaitu pembuatan Web Design & Development, Content Marketing, Social Media Campaign & Management, SEO & SEM, Digital Ads Campaign.

Sudah banyak klien yang bekerja sama dengan Fortuna Indonesia yang juga pernah mendapatkan Award Winning Creative Agency. Selain itu, ia juga menjadi Mitra Tersertifikasi Google AdWords. Gila kan kredibilitasnya?

Berpikir Ala Digital Agency

Nah, sebagai pribadi, aku tuh jadi belajar dari cara bekerja digital agency. Sebagai penulis, lebih khusus narablog, tentu saja selain menjual tulisanku, aku juga menjual brand diriku.

Tidak seperti perusahaan yang dananya besar, aku mencoba mengelola semua tampilan digitalku semenarik mungkin dengan dana yang terbatas. Misalnya saja website ini. Aku beberapa kali memperbaiki tampilannya agar pengunjungnya bertambah. Aku juga mulai memperbanyak tulisan tentang staycation di hotel-hotel di Catatan Perjalanan, dengan harapan ada tawaran dari hotel-hotel untuk tukar tulisan review dengan pengalaman menginap.

Bukan cuma website, Instagram pun kukelola dengan serius. Kadang-kadang menggunakan iklan yang kuanggap sebagai investasi. Orang akan mengenal diriku, karyaku, sehingga nanti pada saatnya karyaku terbit di penerbit besar, orang sudah ngeh duluan siapa Pringadi Abdi Surya. Satu langkah untuk mengambil buku, melihatnya, pasti akan terjadi. Tinggal tersisa, keputusan membeli atau tidak.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *