Berapa Biaya Les Bahasa Inggris Untuk Anak di Daerah Jakarta?

Tingkatkan kreativitas dan rasa percaya diri anak dengan belajar bahasa asing
Image Credit: Freepik

Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional dan sangat penting untuk dikuasai oleh anak-anak di zaman sekarang. Masa kanak-kanak adalah golden age untuk mempelajari suatu hal, termasuk belajar bahasa asing. Selain untuk mempelajari bahasa asing, kursus bahasa Inggris untuk anak pun memiliki beragam manfaat lainnya.

Banyak Mama Papa yang terkendala oleh biaya kursus yang mahal, walaupun sebenarnya kualitas pengajaran yang diberikan akan sepadan dengan biaya yang Mama dan Papa keluarkan. Meskipun begi22tu, masih banyak kursus bahasa Inggris untuk daerah Jakarta yang relatif murah.

6 Hal yang Didapatkan Anak dari Kursus Bahasa Inggris

Pengajaran dan ilmu yang didapatkan di sekolah dengan les akan berbeda. Di tempat kursus setiap anak akan lebih diperhatikan dan juga metode yang dipakai biasanya lebih mudah dipahami. Berikut ini beberapa hal positif yang anak dapatkan ketika kursus bahasa Inggris.

1. Anak Menjadi Lebih Kritis dan Mandiri

Otak anak akan terpacu untuk berpikir kritis agar mampu menggunakan dan memahami bahasa yang dipelajari saat anak belajar menguasai bahasa asing. Proses berpikir kritis tersebut akan terbawa ketika dirinya merencanakan sesuatu atau menyelesaikan sebuah masalah.

Kebiasaan tersebut yang akan berdampak positif pada anak, khususnya dalam bersikap kritis. Kebiasaan itu juga akan membuat anak lebih mandiri ketika dirinya berusaha menyelesaikan masalah dihadapinya.

2. Melatih Kepercayaan Diri Sejak Dini

Rasa malu menjadi salah satu faktor yang menghambat seseorang dalam belajar bahasa asing. Tidak sedikit orang yang merasa malu ketika melakukan kesalahan dalam mempraktikkan kemampuan bahasa asing mereka.

Jika anak mengikuti kursus sejak dini, ia akan dilatih untuk percaya diri dan terus menerus belajar walaupun sering melakukan kesalahan. Kebiasaan tersebut akan menumbuhkan rasa percaya diri anak secara perlahan. Dan membuat si Kecil memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan lain dihadapannya.

3. Belajar Sambil Bermain

Mengajarkan anak sebuah pelajaran atau kemampuan memang sangat baik dilakukan dari sejak dini. Namun, Mama Papa jangan sampai lupa bahwa masa kanak-kanak adalah masa bermain. Metode pembelajaran belajar sambil bermain lebih mudah dicerna oleh si Kecil. Metode ini kemungkinan besar akan didapatkan anak yang jarang didapatkan dari sekolah.

Pada umumnya kursus bahasa Inggris untuk anak dilakukan secara santai dan menyenangkan. Para mentor berusaha dengan optimal agar anak memahami pelajaran yang disampaikan, salah satunya dengan metode pembelajaran komunikasi dua arah. Dan juga banyak teman-teman yang bisa diajak berlatih dengan semangat belajar yang tinggi.

4. Membuat Si Kecil Tertantang

Tidak sedikit orang tua yang menuntut anaknya agar menguasai bahasa asing dalam waktu yang cepat. Padahal, setiap anak memiliki kecepatan memahami pembelajaran yang berbeda. Mama Papa yang baik yaitu yang selalu mendukung dan memotivasi anak untuk mau belajar.

Berikan si Kecil pemahaman yang mudah dimengerti mengenai manfaat yang akan didapatkannya jika bisa menguasai bahasa asing. Jika anak sudah tahu manfaat belajar bahasa Inggris di tempat kursus, dengan kesadaran sendiri anak akan merasa tertantang untuk belajar dan mendapatkan sesuatu yang berbeda yang tidak didapatkan di sekolah.

5. Mengasah Kemampuan Akademik Si Kecil

Kemampuan akademik anak akan terasah secara perlahan saat mempelajari bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris. Kemampuan akademik yang berhubungan dengan beberapa keterampilan yang akan dibutuhkan saat di sekolah.

Si Kecil yang menguasai bahasa asing biasanya mempunyai kemampuan membaca, menulis, dan berbicara yang baik. Tiga kemampuan dasar tersebut sangat mendukung Si Kecil untuk unggul secara akademik dan berprestasi di sekolah.

6. Meningkatkan Kreativitas Anak

Kreativitas anak yang mempelajari bahasa asing akan terangsang. Kreativitas anak yang menguasai banyak bahasa lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang hanya menguasai satu atau dua bahasa.

Kreativitas bisa meningkat karena belajar bahasa tidak hanya berupa ingatan dan hafalan. Pembentukan dan pengertian kalimat yang sesuai kaidah dengan beragam kata juga memerlukan sebuah kreativitas.

Pertanyaan yang sering Ditanyakan

Kenapa di Setiap Tempat Kursus Berbeda-beda? Apa Artinya Kualitas Pengajarannya Juga Berbeda?

Jika dilihat dari harga beberapa tempat kursus, jarang yang memiliki selisih yang besar. Adanya perbedaan harga biasanya dipengaruhi oleh jam kursus dan fasilitas buku atau modul yang diberikan. Selain itu, tempat lulusan para mentor juga bisa berpengaruh.

Namun, Mama tidak perlu khawatir. Setiap tempat kursus pastinya akan memberikan metode yang terbaik agar mudah dipahami oleh anak. Khususnya untuk pembelajaran si Kecil pastinya akan menggunakan metode yang asyik dan menyenangkan.

Apakah di Tempat Kursus Bisa Membimbing Anak Untuk Mengikuti Kompetisi Bahasa Inggris?

Tentu bisa, Mama. Namun, tetap harus bertanya terlebih dahulu untuk memastikan kebijakan tempat kursus tersebut. Di samping itu, anak yang mengikuti kursus umumnya lebih siap mengikuti kompetisi daripada anak yang tidak mengikuti kursus. Hal itu karena materi yang disampaikan di tempat kursus biasanya lebih mudah dipahami daripada di sekolah.

Baca Juga: Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengikuti Kelas Online

Banyak sekali bukan manfaat ketika anak mengikuti kursus bahasa Inggris? Lalu bagaimana ingin mendaftarkan si Kecil ke tempat kursus di musim pandemi ini? Di mana tempat kursus banyak yang ditutup karena tidak boleh ada kerumunan?. Mama Papa jangan khawatir, dengan membuka halaman Kiddo.id mama papa bisa mencarikan kelas-kelas bahasa inggris yang pengajarannya bisa dilakukan secara online. Di Kiddo.id sendiri ada banyak merchant-merchant kelas belajar bahasa inggris online yang bekerja sama. Mama papa bisa bebas memilih kelas atau kursus mana yang dirasa cocok untuk diikuti si kecil. Ada banyak pilihan kursus atau les online bahasa inggris dengan durasi pengajaran yang beragam mulai 60-120 menit, tentunya dengan range harga yang beragam pula. Mama papa tak akan kesulitan dan kebingungan lagi deh mengisi waktu luang anak saat pandemi. Coba yuk langsung intip beragam kelas onlinenya!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *