Belajar Investasi di Masa Pandemi dengan Senyumku

Ada satu hal yang kusesali, kenapa aku tidak belajar berinvestasi sejak awal kerja atau bahkan sejak remaja. Hal serupa juga ditulis Boy Candra di statusnya, kenapa tidak ada pelajaran tentang pasar modal sejak belia. Ya, baru beberapa waktu belakangan, aku mulai belajar investasi di masa pandemi ini.

Pertanyaan tentang bagaimana cara belajar investasi pun sering kudapat dari beberapa teman. Memang, pada mulanya berinvestasi harus dimulai dengan manajemen keuangan yang baik. Jika tidak, ya mau investasi pakai apa. Pemahaman tentang pengelolaan keuangan inilah yang harusnya ditanamkan sejak masih amat muda sehingga ada kesadaran untuk berinvestasi itu.

Prinsip investasi yang kupahami kemudian adalah bagaimana merinci kebutuhan yang harus disesuaikan dengan pendapatan. Penting untuk merinci kebutuhan agar terjamin tidak ada pengeluaran yang sia-sia. Sia-sia di sini bukan berarti kita nggak boleh jajan atau have fun, namun alokasi untuk kebutuhan menghadiahi diri sendiri itu sudah harus ditentukan. Presisi. Semua pengeluaran harus terkontrol. Dan di situlah kita jadi bisa menabung dan juga berinvestasi.

Idealnya, rasionya adalah 40-30-20-10. Lengkapnya, teman-teman bisa baca di bagaimana saya harus merencakan keuangan di masa pandemi.

  • 40% diperuntukkan untuk kebutuhan operasional rumah tangga, mulai dari kebutuhan sehari-hari, biaya anak sekolah, bensin, hingga pulsa dan listrik.
  • 30% diperuntukkan untuk cicilan yang bersifat produktif. Dalam hal ini cicilan tersebut boleh saja berupa cicilan rumah atau tanah karena nilainya yang tidak mungkin berkurang. Bisa juga berupa cicilan untuk modal usaha.
  • 20% diperuntukkan untuk investasi, asuransi, atau tabungan terencana.
  • 10% sisanya digunakan untuk dana sosial, having fun, dan dana darurat.

Nah, sekarang, merencanakan keuangan itu bisa jadi lebih mudah karena ada Senyumku: Bank Digital & Aplikasi Catatan Keuangan. Senyumku adalah aplikasi perbankan revolusioner untuk membantu kita melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simpel. Semua dilakukan dari satu tempat, semua dari smartphone. Mulai beroperasi pada 2019, Senyumku adalah produk PT Bank Amar Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM.

Bagaimana cara Senyumku membantu merencanakan keuangan dan membantu kita belajar investasi?

Pertama, kita bisa menabung di Senyumku. Mudah caranya, cukup isi formulir secara onlineupload foto KTP dan foto selfie, kita sudah bisa memiliki rekening tabungan digital Senyumku. Proses verifikasi akan dilakukan dengan cepat bahkan tidak sampai lima menit dan tanpa setoran awal! Setelah pembuatan rekening selesai, bertransaksi keuangan seperti menabung, transfer antar bank, hingga melakukan pembayaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan satu aplikasi Senyumku. Senyumku pun punya bunga yang bagus,  keuntungan bunga tabungannya sangat kompetitif yaitu hingga 5.5%.

Kedua, Senyumku adalah  aplikasi pencatat keuangan terbaik yang siap melacak seluruh pemasukan dan pengeluaran kas kamu. Fitur-fitur yang tersedia juga keren banget:

  • Fitur Celengan Senyumku. Dengan Celengan Senyumku, kamu bisa membuat daftar pos-pos keinginan atau Wishlist yang ingin dicapai sesuai dengan kebutuhan. Setelah pos terbuat, kamu bisa mensimulasikan alokasi uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk mencapai target pos tersebut. Kebiasaan menabung pun akan terbangun, terlebih lagi bunga tabungan yang menggiurkan hingga 5.5%.
  • Auto Categorization. Fitur Auto Categorization memungkinkan kamu mengkategorisasikan setiap transaksi yang dilakukan secara otomatis. Jadi tidak perlu bingung lagi kemana larinya uang-uang kamu selama ini.
  • Spending Alert. Jangan lagi takut hidup boros, karena fitur Spending Alert siap memberikan peringatan jika pengeluaran sudah hampir mendekati budget.
  • Spending Meter, Monthly Spending, dan Daily Digest. Fitur ini memungkinkan untuk membandingkan keadaan keuangan saat ini dengan target budget dan rata-rata di bulan sebelumnya. Nantinya, Senyumku akan melakukan analisa otomatis terhadap pengeluaran dan memberikan rekomendasi-rekomendasi cerdas seputar pengelolaan keuangan. Sehingga kamu bisa terbantu dalam memperbaiki keadaan finansial.

Dan terakhir, untuk investasi, kamu bisa memilih deposito di Senyumku. Bunganya tinggi hingga 8% per tahun dan kamu bisa ikut dengan investasi mulai dari 100 ribu saja dengan periode 1-12 bulan.

Baca Juga: Kenapa Penting Sekali Memulai Investasi Bagi Milenial?

Bagaimana, menarik bukan memilih Senyumku: Bank Digital dan Aplikasi Catatan Keuangan sebagai salah satu alternatif kita untuk belajar mengelola uang sekaligus belajar investasi di masa pandemi iniā€¦

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *