Bangkitkan Semangat Kolaborasi dalam Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022

Teringat ucapan Aan Mansyur, penyair asal Makassar, beberapa tahun silam, ketika ia membicarakan bukunya Melihat Api Bekerja, bahwa semangat kolaborasi itu harus ditumbuhkan di berbagai bidang dan bahkan lintas bidang. Itulah yang kemudian terjadi, puisi berkolaborasi dengan grafis, dan aku menyepakati hal itu: sudah tidak zamannya lagi seseorang bertindak soliter (berasik ria seorang diri).

Selain lintas bidang, tidak tabu sebenarnya kolaborasi itu terjadi lintas generasi. Sebentar lagi generasi boomers sudah akan digantikan sepenuhnya oleh generasi millenial. Pelajaran penting dari pemisahan generasi ini adalah sekat yang begitu kuat di antara keduanya, sehingga pemikiran dan perilaku kerap tak bisa disatukan. Karena itu, penting bagi generasi millenial yang sudah memegang tongkat estafet kepemimpinan untuk tidak bertidak sylo terhadap generasi Z di bawahnya. Perlu merangkul mereka dalam semangat kolaborasi untuk perubahan yang lebih baik.

Karena itulah, ada yang berbeda tahun ini, dalam acara tahunan IDN Media. Ya, IDN Media kini akan menggelar acara tahunan terbesarnya, yaitu Indonesia Millennial Summit, berubah menjadi Indonesia Millennial Summit and Gen-Z Summit (IMGS). Pada acara tahun ini, IDN Media berharap dapat menjangkau para Gen-Z yang juga menjadi salah satu kelompok demografi terbesar yang memiliki banyak potensi.

Penyelenggaraan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit tersebut seyogianya akan dilaksanakan di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta selama dua hari berturut-turut, yaitu pada 29-30 September 2022. Acara tersebut berlangsung secara offline dengan membawakan tema ‘Indonesia Fast Forward’. Diharapkan acara tersebut dapat menjadi wadah bagi lintas generasi muda baik itu generasi milenial maupun generasi Z agar dapat saling memberikan inspirasi dengan cara memberikan kontribusi yang baik yang dapat diberikan untuk negara kita yang tercinta.

Pagelaran Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 tersebut memiliki banyak sesi panel dengan menghadirkan lebih dari 50 narasumber yang akan menjadi pembicara yang membagikan banyak inspirasi. Acara tersebut terdiri dari 3 panggung. Panggung pertama adalah Visionary Leaders. Panggung kedua adalah Future is Female, dan panggung ketiga adalah Talent Trifecta. Tentu saja selain sesi tersebut, berbagai hiburan di panggung Entertainment Stage akan disiapkan bagi para penonton yang hadir.

Panggung pertama, Visionary Leaders, akan menghadirkan para pemimpin dari sektor publik dan privat untuk membahas isu sosial, politik, serta ekonomi yang ada di Indonesia. Adapun, panggung kedua bertajuk Future Is Female persembahan Popbela.com akan menghadirkan beberapa tokoh perempuan Indonesia inspiratif untuk bertukar cerita mengenai pentingnya peranan dan kepemimpinan perempuan saat ini. Terakhir, ada panggung Talent Trifecta persembahan ICE yang akan memberikan kesempatan kepada public figure dan anak muda yang sukses di berbagai bidang untuk berdiskusi mengenai isu-isu terkini dan kontribusi mereka pada Indonesia.

Buat saya pribadi, panggung pertama menarik karena kesadaran politik pada generasi muda kita masih kurang. Politik tidak hanya bicara soal politik praktis saja tetapi bagaimana kita kemudian memahami bahwa ada peran kita yang krusial sebagai masyarakat yakni mengontrol jalannya kekuasaan misalnya. Dan untuk mengontrol itu, kita perlu perhatian pada berbagai isu yang ada di sektor publik dan juga privat, terutama isu sosial-ekonomi, agar nantinya juga tidak mudah tergiring dan terjebak pada embusan isu yang keliru.

Winston Utomo selaku CEO IDN Media pun mengatakan berapa strategis peran dari generasi muda. Hal itu terlihat dari catatan sejarah, banyak peristiwa penting yang pernah terjadi di dalam sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa Kita melibatkan generasi muda. Kita tahu juga bahwa ada tiga pemimpin dan pemikir yang lahir dari anak kosnya HOS Tjokroaminoto, salah satunya Soekarno.

Karena itulah IDN Media meyakini bahwa generasi muda yang kini diwakili oleh generasi milenial dan generasi Z adalah tulang
punggung yang mencerminkan karakter dari suatu bangsa. Salah satu cara yang dilakukan IDN Media adalah dengan menyelenggarakan acara bertajuk Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang memang khusus dipersembahkan untuk generasi muda ini yaitu generasi Millennial dan Gen-Z di Indonesia. IDN Media menunjukkan komitmennya dalam hal demokratisasi informasi atau bagaimana informasi itu tersebar dan merasuk ke dalam jiwa anak muda Indonesia agar dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda. IDN percaya bahwa sebuah langkah kecil dalam satu waktu dapat menciptakan perubahan. One step at a time, for a better Indonesia.

Kolaborasi lintas generasi ini sangat diharapkan terjadi sebab gen-Z memiliki kekurangan dalam pemahaman terhadap akar yang kerap dimiliki generasi terdahulu. Namun generasi ini memiliki kelebihan dalam adaptasi terhadap perubahan yang lebih cepat. Hal ini akan menjadi simbiosis mutualisme dengan generasi millenial yang merupakan generasi transisi, dengan pemahaman mereka terhadap hal-hal yang bersifat filosofis.

Berbagai informasi yang bisa didapatkan dari acara ini semoga saja mendatangkan manfaat terutama dalam meningkatkan pemahaman dan kesepahaman antar dua generasi dalam memberikan respons terhadap isu-isu yang ada.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *