5 Tips Jitu Buat Kerja dari Rumah Makin Nyaman

Masih WFH? Coba tips ini agar kamu tetap nyaman dan betah selama bekerja dari rumah.

Pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan masih menerapkan sistem kerja Work From Home (WFH) sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri terutama bagi kamu yang belum terbiasa bekerja dari rumah.

Nah, agar kamu tetap merasa nyaman dan produktif meski harus bekerja dari rumah dalam waktu yang lama, beberapa tips ini bisa kamu coba.

1.  Ciptakan area kerja tersendiri

Bekerja dari rumah memang bisa dilakukan di mana saja, tapi jangan jadikan ini alasan untuk membuka laptop dan bekerja dari atas tempat tidur selama WFH ya. Bekerja dari atas tempat tidur tidak hanya mengurangi produktivitas tetapi juga bisa memengaruhi kualitas istirahat kamu di malam hari.

Itu sebabnya agar tetap produktif dan nyaman saat WFH ada baiknya kamu menyediakan area kerja khusus di rumah. Tidak melulu harus menyediakan ruangan kerja tersendiri, kamu bisa menciptakan area kerja yang nyaman dengan menempatkan meja kerja di sudut kamar atau di ruang tengah.

Dengan adanya meja kerja, kamu juga bisa meletakkan laptop, dokumen, dan alat tulis di satu tempat sehingga kamu pun tidak kesulitan mencari ketika membutuhkannya. 

2.  Perhatikan kualitas kursi kerja

Duduk seharian saat WFH bisa bikin pinggang kamu cepat merasa pegal, apalagi kalau kursi yang kamu gunakan kurang nyaman.

Carilah kursi kerja yang memiliki sandaran tangan dan sandaran punggung dengan desain yang ergonomis agar kamu betah duduk berlama-lama saat bekerja.

Kamu  juga bisa menambahkan bantal duduk untuk menopang posisi duduk yang lebih rileks dan nyaman.

3.  Tempatkan tanaman hijau untuk segarkan ruangan

Tingkatkan mood saat WFH dengan meletakkan tanaman hias di sekitar area kerja. Warna hijau tanaman bisa mempercantik ruangan dan membuat suasana terasa lebih segar terutama setelah kamu menatap layar laptop dalam waktu yang lama.

Kamu bisa memilih tanaman berukuran kecil seperti kaktus atau sukulen untuk diletakan di sudut meja kerja, atau tanaman dengan ukuran lebih besar seperti monstera dan lidah mertua yang ditempatkan di sudut ruangan.

4.  Jangan lupakan pencahayaan

Ruangan yang terlalu tertutup dengan pencahayaan yang redup cenderung akan membuat kamu merasa lebih mudah ngantuk dan malas. Karena itu, carilah area kerja dengan pencahayaan yang baik, seperti yang memiliki cahaya alami dari luar.

Jika kamar atau ruangan kamu tidak memiliki jendela, maka pastikan untuk menggunakan lampu dengan warna cool white dan daylight  yang memiliki spektrum warna biru untuk membantu kamu lebih fokus saat bekerja. Kamu juga bisa menambahkan lampu kerja yang dapat diatur intensitas cahaya berdasarkan kebutuhan.

5.  Gunakan pakaian yang rapi

Walaupun kamu memang jadi lebih bebas untuk memilih baju yang digunakan karena tidak ada tuntutan untuk bertemu rekan kerja atau klien secara langsung, tapi tidak ada salahnya kamu tetap memakai baju yang rapi selama bekerja dari rumah.

Berpakaian rapi bukan berarti kamu harus selalu memakai setelan jas kok. Kamu bisa mengenakan pakaian yang biasa kamu pakai saat masih rutin ke kantor.

Rutin menggunakan pakaian rapi saat bekerja di rumah merupakan salah satu cara membantu otak kamu memisahkan rutinitas bekerja dan keseharian saat WFH. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih fokus, semangat dan termotivasi saat memulai jam kerja dari rumah.

Sistem kerja work from home memang tidak mudah dijalankan oleh semua orang. Tetapi dengan beberapa tips di atas, kamu setidaknya bisa mulai membuat suasana kerja dari rumah yang lebih nyaman sehingga semangat dan produktivitas kerja kamu selama WFH pun tetap bisa maksimal.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *