10 Nilai yang Wajib Dimiliki Bila Ingin Bekerja di IDN Media

Timmyness di IDN Media HQ1

Budaya kerja, itulah hal yang perlu dirumuskan oleh setiap entitas. Budaya itu kemudian mengejawantah ke dalam bentuk nilai-nilai tertentu. Di Kementerian Keuangan misalnya, ada nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan. Ternyata di IDN Media juga ada lho 10 nilai yang wajib dimiliki. Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media, sejak IDN Media kali pertama berdiri mencetuskan nilai yang ia sebut dengan Timmyness. Apa saja itu?

Bringing creativity, sincerity, and passion to the work (membawa kreativitas, ketulusan, dan semangat dalam bekerja)

Para Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) dituntut untuk memiliki kreativitas. Apalagi dalam bidang media, kreativitas dihadirkan karena persaingan inovasi dalam media menentukan keunggulan masing-masing.

Sebagai contoh, kalau kamu pernah menonton drama Korea, Search WWW, terlihat sekali rapat-rapat yang mereka lakukan adalah tentang berkreativitas dalam menghasilkan inovasi yang baru. Dan tentu saja inovasi itu hanya bisa dihadirkan bersamaan dengan ketulusan dan semangat dalam bekerja. Mereka yang bekerja dengan ketulusan adalah penggerak untuk kehidupan yang lebih baik. Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) pun diharapkan dapat membaktikan ketulusan kerjanya bagi masyarakat Indonesia dengan mendemokrasikan informasi.

Communicating properly and acting ethically (berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis)

Inti dari komunikasi adalah respek. Respek itu dihadirkan baik ke sesama karyawan maupun ke pelanggan. Dalam bidang media misalnya, kita harus memiliki respek terhadap pembaca kita dengan cara memberikan bahasa yang terbaik sesuai segmen yang disasar.

Dengan sesama pegawai, komunikasi pun harus dijaga. Balik ke contoh drama tadi, Barro (salah satu perusahaan di drama tersebut) membangun budaya komunikasi yang friendly dan flexible. Keegaliteran diutamakan sehingga tidak begitu tampak jarak antara direktur dan karyawan biasa.

Karena didasari respek, maka ucapan maupun tindakan dalam persentuhan pekerjaan sehari-hari itu dilandasi pula dengan etika.

Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changes (berkembang di tengah ambiguitas dan perubahan yang dinamis)

Di unitku, Direktorat Sistem Perbendaharaan, kami punya 4 nilai utama, yaitu sinergi, energi, dan inovasi. Cocok banget dengan IDN Media karena kami dihadapkan pada keadaan yang serba tidak menentu yang mengakibatkan kami harus terus mengikuti perubahan yang dinamis, tanpa kehilangan substansi.

Hanya satu hal yang pasti, perubahan selalu terjadi. Adaptasi diperlukan untuk dapat bertahan. Meski, di situlah pikiran kita berperan, bagaimana caranya beradaptasi yang baik, tanpa harus ikut-ikutan ke sana ke mari?

Supaya berkelanjutan (sustainable), IDN Media juga terus berupaya berinovasi agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
Lewat pin ke-3 Timmyness ini, IDN Media mengimbau para Timmy agar tak gentar menghadapi perubahan di lingkungan kerja yang begitu dinamis. ‘

Being active and collaborative rather than competitive (bersikap aktif dan kolaboratif, bukan kompetitif)

IDN Media menyadari bahwa kini sudah zamannya kerja kolaboratif. Sehebat apa pun seseorang, ia tidak akan begitu berarti dibandingkan kerja kolaboratif. Dengan cara itu terbentuklah tim yang kuat.

Dalam kerja tim tesebut, efektivitas dan efisiensi dalam penyelesaian pekerjaan dapat dicapai. IDN berharap para Timmy dapat bekerja sama secara aktif dan kolaboratif. Kerja-kerja yang sifatnya kompetitif antar sesama pegawai sudah harus diganti dengan sinergi. Biar tak jadi sikut-sikutan apalagi menimbulkan perpecahan.

Embracing diversity (menghargai perbedaan)

Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Itulah semoboyan yang seharusnya kita selalu pegang. IDN Media pun memandang perbedaan ras, etnis, agama, perspektif, dan daerah asal merupakan hal yang telah menjadi ciri khas Indonesia dan tidak dapat dihindari.

Perbedaan itu indah. Dan IDN Media akan membuktikan bahwa IDN Media ramah bagi siapa saja, tanpa memandang apa pun latar belakangnya: dari mana asalmu, sukumu, warna kulitmu, agamamu.

Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way (mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan)

Tidak segala hal dapat berjalan sesuai harapan. Selalu ada momen-momen kegagalan, kekecewaan, sesuatu yang terjadi di luar ekspektasi. Saat itulah, saat yang diharapkan agar para Timmy tetap dapat berpikiran positif, tanpa harus saling menyalahkan anggota tim.

Tanpa sikap yang positif, itu hanya akan mengancam produktivitas kinerja. Setiap pegawai diharapkan dapat memberikan positif vibe ke rekan-rekannya. Bila hanya banyak mengeluh atau mudah menyerah, dampaknya akan kurang baik bagi lingkungan kerjanya.

Assisting others in the group with their work for the benefit of the group (membantu rekan kerja demi kepentingan kelompok)

Kepentingan tim dalam mencapai tujuan adalah yang harus diutamakan. Ibarat bermain sepak bola, ada peran sebagai kiper, bek, gelandang, dan penyerang. Tidak semuanya harus mencetak gol. Ada yang harus bertahan dengan baik, ada yang memberi umpan. Ada yang mengatur permainan. Koordinasi dibutuhkan dalam permainan.

Kesadaran yang demikian itulah yang ditanamkan lewat poin ke-7 Timmyness. Para Timmy diajak untuk saling mendukung dan menolong hingga kesuksesan tim tersebut dapat tercapai.

Praising coworkers when they are successful and helping them when they need it (memuji rekan kerja saat mereka sukses dan membantu mereka saat mereka membutuhkannya)

Jangan malu untuk menepuk pundak rekan kerjamu, dan katakan padanya, “Good Job!” Begitulah kami diajarkan di kantor.

Hal tersebut adalah salah satu bentuk apresiasi atau penghargaan kepada rekan kerja kita. Nah, jangan salah, apresiasi bukan hanya pujian, tapi juga berupa kritik dan saran.

Budaya apresiatif ini dibangun di IDN Media dengan harapan dapat membentuk kebiasaan Timmy untuk menjadi pribadi yang lebih apresiatif dan mau menghargai hasil kerja satu sama lain.

Doing the right thing even when no one is watching (melakukan hal yang benar bahkan ketika tak ada yang melihat)

Integritas menjadi nilai utama di Kementerian Keuangan. Apa itu integritas? Simpelnya adalah kejujuran untuk teguh pada kode etik meski tanpa ada yang menyaksikan.

Perusahaan apa pun harus memastikan bahwa para karyawannya memiliki integritas. IDN Media melakukannya. Sebab, IDN Media percaya bahwa sikap positif dapat melahirka kepercayaan. Reputasi juga ditentukan dari integritas yang seseorang berikan.

Seeing the company’s success as one’s own success (melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri)

Kata kunci dari nilai terakhir ini adalah sense of belonging. Rasa memiliki. Kalau dalam teori agensi, rasa memiliki ini bisa ditimbulkan dengan memberikan porsi saham kepada para pegawai.

IDN Media merupakan suatu entitas besar yang memayungi keberadaan para Timmy. IDN Media pun ingin setiap Timmy merasa dilibatkan dalam keberhasilan perusahaan一bahwa tanpa mereka, IDN Media tak akan berhasil mencapai mimpi tersebut. Ini akan meningkatkan rasa sense of belonging mereka sehingga mereka akan melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri mereka.

Timmyness di IDN Media Jakarta Creative Lab


Mural IDN

Tentang IDN Media

IDN Media adalah sebuah perusahaan media multi-platform dengan Millennials dan Gen Z di Indonesia sebagai audiens utamanya. Visi kami adalah untuk membawa dampak positif bagi masyarakat dan mendemokratisasikan akses pada informasi yang akurat, seimbang, bermanfaat, dan positif dalam upaya menjadi suara Millennial dan Gen Z di Indonesia.

IDN Media mengoperasikan IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, Yummy, GGWP.ID, Duniaku.com, IDN Creative, IDN Event, IDN Creator Network, IDN Pictures, dan IDN Programmatic OOH. #DemocratizeInformation

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

  1. Dalam lingkup kerja apapun 10 poin ini sebaiknya diterapkan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *