Search WWW

Review SEARCH WWW: Fabrikasi Kata Kunci di Mesin Pencari

Dapatkah “kata kunci” difabrikasi di mesin pencari? Bae Ta Mi (yang diperankan oleh Lim Soo Jung) yang tengah mengikuti hearing karena adanya tuduhan terhadap Unicon yang sengaja menghapus kata kunci dalam pertarungan pemilihan Presiden di Korea Selatan pun menjadi sorotan. Bae Ta Mi ditunjuk mewakili Unicon (perusahaan web portal terbesar di Korea Selatan) untuk memberikan penjelasan kenapa kata kunci tentang skandal salah satu kandidat tiba-tiba menghilang dalam trending kata kunci riil time di mesin pencari.

Bae Ta Mi yang sadar dikorbankan akibat tindakan perusahaan yang memihak kepada salah satu kandidat calon presiden pun pada akhirnya pindah ke perusahaan web portal yang menjadi saingan Unicon, yaitu Barro. Di Barro, Bae Ta Mi berusaha menunjukkan integritas dan keterampilanya untuk dapat mengungguli Unicon.

Ya, latar ceritanya sebenarnya hanya seperti itu.

review Search WWW

Karakter Perempuan yang Kuat di Search WWW

Drama ini bisa dibilang adalah sebuah kritik yang ingin menunjukkan betapa vital peran perempuan di tengah masyarakat yang superpatriarkis seperti di Korea Selatan. Selain Bae Ta Mi, kekuatan perempuan itu juga ditunjukkan oleh Cha Hyun (diperankan oleh Lee Da-Hee) yang menjadi Direktur Humas di Barro, Song Ga-Gyong (diperankan oleh Jeon Hye Jin) yang menjadi Direktur di Unicon dan kemudian berhasil mendepak CEO Unicon (yang juga perempuan). Pun antagonis utamanya, sang mertua dari Ga-Gyong, seorang direktur dari KU Group, perusahaan terbesar di Korsel.

Laki-laki justru ditunjukkan sebagai pihak yang menghamba dan seperti tidak punya kekuatan yang memadai.

Baca Juga: 10 Drama Korea yang Harus Kamu Tonton Sebelum Mati

Kisah Cinta yang Kompleks dan Absurd

Berbeda dari drama Korea pada umumnya, kisah cinta dalam Search WWW begitu tidak ideal. Di sini aku salut dengan pembuat cerita yang berhasil menampilkan realitas cinta di hadapan modernitas.

Pertama, kisah cinta Bae Ta Mi. Oh ya, Bae Ta Mi berusia 38 tahun. Ia jatuh hati pada Park Morgan yang berusia 28 tahun. Park Morgan mewakili pria-pria romantis yang pengertian. Setelah melewati malam pertama, mereka selalu dipertemukan dan akhirnya bersepakat menjalin kasih.

Namun, Bae Ta Mi tidak ingin menikah. Sedangkan Park Morgan ingin menikah. Apalagi latar belakang Park Morgan sangat menginginkan keluarga, karena ia adalah anak adopsi.

Kedua, kisah cinta Cha Hyun. Setelah tahu dia adalah pacar kedua dari Pyo Joon Soo (Direktur Game di Barro) yang merupakan mantan Bae Ta Mi waktu masih muda, Cha Hyun justru bertemu dengan bintang opera sabun yang ia tonton setiap pagi. Ya, Cha Hyun hobi menonton opera sabun/sinetron yang geje gitu. Seol Ji Hwan (yang diperankan Lee Jae Wook) membangun chemistry yang konyol bersama Cha Hyun yang sanggup membuatku tergelak.

Ketiga, kisah cinta Ga-Gyong. Suaminya bernama Oh Jin Woo. Pernikahan bisnis tanpa ikatan cinta. Namun, menjelang perceraian mereka, Oh Jin Woo menyimpan respek (atau suka yang terpendam) kepada Ga-Gyong yang dingin. Oh Jin Woo selalu berusaha melindungi Ga-Gyong.

Di antara ketiga kisah itu ada subplot-subplot samar seperti kecenderungan biseksual Cha Hyun terhadap Ga-Gyong. Ya, kita tahulah, kadang ada pesan-pesan terselubung dalam drama-drama, meski mungkin itu juga pembalikan resep dari drama Korea Bucin yang selama ini menunjukkan prianya yang lebih tua (Ahjussi-Ahjussi) ke gadis muda, atau serupa bro-mance, kedekatan antara pemeran pria. Di drama ini, jadinya para perempuannya yang lebih berumur dan menunjukkan sis-mance.

Baca Juga: Crash Landing On You

Hasil Review Search WWW

Drama dengan 16 episode yang tayang perdana tahun 2019 lalu ini saya beri nilai 8/10. Akan sangat related kalau kamu menontonnya pada usia 30-an seperti saya. Premis-premisnya menarik. Kisah cintanya terlihat lebih masuk akal dari kebanyakan kisah cinta pada drama korea lain.

Kalau ada kelemahannya, kupikir, porsi latar tentang dunia web portalnya justru tampak tidak terlihat dengan baik. Ada adegan yang berlarut-larut di sana dan itu kurang saya sukai.

Itulah review Search WWW dari saya, kalau menurut kamu bagaimana?

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *