dream island beach

Dream Island Mertasari Beach di Sanur Bebas Sampah

Dream Island Beach atau juga dikenal sebagai Pantai Mertasari adalah salah satu pantai di Bali yang punya keunikan. Kemarin, aku mengunjungi pantai tersebut dalam agenda BEBAS SAMPAH PLASTIK. Bersama teman-teman Danone Blogger Academy 2019, aku ikut serta memunguti sampah plastik di sepanjang pantai.

Aku nggak akan banyak bercerita tentang fakta bahwa Indonesia itu penyumpang sampah nomor 2 terbesar ke laut. Ironisnya, Indonesia sebenarnya bukanlah penghasil sampah terbesar. Artinya apa, di banyak negara, sampah sudah bisa dikelola dengan lumayan baik. Sedangkan di Indonesia, “mengelola sampah” berarti membuang sampah sejauh-jauhnya dari pandangan mata. Salah satunya, ke sungai, atau ke laut.

Pantai Mertasari bebas sampah

Sekilas, saat mulai memegang capit dan karung, kupikir pantainya sudah bersih. Di tepinya, hanya ada sampah rumput laut saja. Ternyata tidak, Gaes.

Banyak banget sampah plastiknya. Sebagian besar sampah rumah tangga seperti bekas bungkus sampo, bumbu masak, dan makanan.

Saat memungutnya, kita harus jeli. Kita harus memisahkan sampah yang bisa didaur ulang kembali dengan sampah-sampah residu seperti kain, popok, sisa pembalut. Bayangkan lho, ada sampah pembalut di pantai!


Baca Juga: Pantai Terindah di Sumbawa Barat



Partai Mertasari yang Indah

Dream Island Beach
Sumber: Kaskus

Pantai Mertasari ini sebenarnya indah banget, Gaes. Pantai ini adalah salah satu spot yang bisa jadi tempat melihat matahari terbit (sun rise) dan matahari tenggelam (sun set) sekaligus. Soalnya, pantai ini menghadap ke utara. Jadi matahari akan terlihat di sisi kiri atau kanan pantai.

Dream Island Mertasari ini juga sudah dikelola dengan baik. Pantai ini cocok banget buat jadi arena bermain keluarga karena ada ada berbagai wahana yang bisa dimainkan anak-anak. Bahkan naik unta pun bisa di sini.

Dream Island Mertasari Beach

Buat spot foto, Pantai Mertasari juga menyajikan ayunan seperti yang pertama kali ngehits banget di Gili Trawangan. Selain itu, ada dermaga kayu. Di ujungnya ada pohon mangrove kecil. Tak jauh dari situ, ada pohon mati yang batangnya menarik banget buat jadi tempat berfoto.

Kalau mau ke Mertasari…

Dream Island Mertasari Beach terletak di jalan Tirta Empul, Sanur, Bali dekat dengan daerah hutan mangrove. Untuk mencapai pantai tersebut, kita dapat melalui jalan Danau Poso Sanur kemudian belok ke selatan menuju jalan Pengembak dan langsung tembus ke pantai. Namun banyak orang lebih sering menuju Dream Island Mertasari Beach dari Jalan Danau Poso belok ke selatan menuju Jalan Sekar Waru kemudian belok kanan lalu ketemu pertigaan dengan pohon beringin besar di tengahnya lalu belok ke kiri dan sampailah di Pantai Mertasari. Di sana kamu akan langsung menemukan jembatan kayu yang merupakan jalan masuk menuju ke Dream Island.


Baca Juga: Keindahan Pantai Menganti



Dream Island Mertasari Beach Bebas Sampah

pantai bebas sampah

Biasanya kalau ke pantai, aku langsung pengen berenang. Namun, kalau melihat sampah, keinginan itu jadi terkubur. Aku berpesan banget buat siapa saja yang membaca tulisan ini. Tolong jangan buang sampah sembarangan. Mari bersama-sama belajar pengelolaan sampah biar nggak asal buang ke sungai, yang akhirnya menuju juga ke laut. Dan kalau berwisata, tolong sampahnya diletakkan pada tempatnya.

Keindahan alam itu harus kita jaga. Nggak usah jauh-jauh dulu sampai memikirkan penyu yang tersiksa karena sedotan plastik. Cukup tanya pada dirimu, apakah masih betah kalau berenang di pantai yang banyak sampah?

Comments

comments

21 thoughts on “Dream Island Mertasari Beach di Sanur Bebas Sampah”

  1. Kalo saya selalu bawa-bawa tas sendiri buat sampah, seenggaknya ngumpulin semua sampah ke satu wadah yang sama biar gampang buangnya gitu dan enggak berceceran. Saya suka khawatir, kalo sampah yang ada di pantai itu salah satunya dari saya yang kurang rapi saat buang sampah..sedih gitu

  2. Wahh selamat ya mas terpilih di acara Danone blogger yang di bali ya..
    pantai di bali emang bagus2 ya mas. Itu saya suka yang spot potonya ayunan kembar. Semuanya tampak instagramable

    puas2in deh di sana ya mas, banyak yang bisa dijadikan amunisi buat tulisan keren.

  3. Wiihh senang banget bisa kepilih di Danone Blogger, kemaren tuh intip IG temen-temen jadi mupeng.

    Semoga saya bisa memungkinkan ikutan tahun depan aamiin.

    Acaranya asyik-asyik banget ya, bermanfaat banget 🙂

  4. Sepakat bang, sedih bener kalau liat tempat wisata penuh dengan sampah. Padahal pantainya bagus, tapi karena sampah jadi gak indah lagi. Gemes sama orang-orang yang terkadang sudah disediain tempat sampah eh malah buang sembarangan. BTW kagu ma aksi nyata dari kalian

  5. Wah,, mas terpilih jadi salah satu blogger yang ke Bali dari Danone. Selamat ya. Sedih sekali memang kalo melihat orang buang sampah sembarangan. Padahal Bali sudah cukup terkenal dengan pantainya yang bersih dan memanjakan mata. Tapi ternyata banyak sampah di titik-titik tertentu. Semoga pantai Mertasari bisa bebas sampah ya.

  6. Selamat Mas Pring sudah terpilih ikut acara Danone yang keren. Saya juga daftar, tapi belum lolos hahaha.
    Dan salah satu impian saya ke Bali dan mengunjungi pantai-pantai yang indah. Soalnya pantai di Bali memang letaknya strategis, jadi bisa lihat sunrise dan sunset.
    Jadi sayang ya, Mas. Kalau banyak sampah. Harus kesadaran warga dan juga pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan.

  7. Keren acara bersih-bersih sampah bersama Danone Blogger Academy. Setuju, sebaiknya kita mulai dari diri sendiri untuk masalah sampah ini, meminimalkan sampah di rumah dan ikut acara seperti ini misalnya.
    Keren Pantai Mertasari, jaman saya kerja di McD Sanur tahun 2000 an belum kayak gini.
    Semoga lain waktu bisa ke sini lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *