Kenawa

5 Tips untuk Kamu yang Ingin Beli rumah 10 Tahun Lagi

Banyak anak muda yang punya mimpi memiliki rumah. Hanya saja, sebagian besar tak mampu mewujudkan impian tersebut. Padahal, kalau menggunakan cara yang tepat, siapa saja bisa beli rumah yang sesuai kebutuhan dalam waktu 10 tahun. Tidak hanya itu, kalau kamu bekerja lebih keras, keinginan memiliki rumah dapat diwujudkan dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Ada 5 tips ampuh yang dapat kamu lakukan untuk bisa mewujudkan keinginan beli rumah di usia muda. Lima tips tersebut adalah:

Tentukan jenis rumah yang ingin didapatkan

Tahap pertama, kamu perlu memiliki tujuan yang jelas. Jangan hanya menetapkan tujuan ingin beli rumah. Kamu juga harus menetapkan jenis rumah seperti apa yang diinginkan. Selanjutnya, kamu perlu mengetahui berapa bujet yang diperlukan untuk bisa mendapatkan rumah dengan spesifikasi tersebut.

Saat menetapkan bujet untuk mendapatkan rumah, kamu juga perlu mempertimbangkan adanya fluktuasi harga. Tingkat fluktuasi tersebut biasanya berkisar antara 8 persen sampai 10 persen. Jadi, kamu perlu memasukkan biaya kenaikan harga tersebut pada bujet rumah.

Tetapkan target pengumpulan uang untuk DP

Tips selanjutnya, kamu juga perlu memiliki perencanaan tentang pengumpulan uang muka rumah. Biasanya, nominal DP yang diperlukan untuk pembelian rumah adalah sekitar 30 persen dari harga total. Misal, kalau harga rumah berada di kisaran Rp450 juta, maka DP yang diperlukan adalah Rp135 juta.

Uang tersebut dapat kamu kumpulkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Misal, kamu bisa saja menetapkan jangka selama 3 tahun untuk bisa mengumpulkannya. Artinya, dalam waktu sebulan, setidaknya kamu harus menyisihkan uang sebesar Rp3,75 juta.

Mulai menabung dan berinvestasi

Setelah memperoleh informasi mengenai jumlah uang yang perlu dikumpulkan untuk DP, kamu dapat mulai menabung setiap bulan. Para ahli keuangan kerap menyarankan agar besaran cicilan tak lebih dari 30 persen penghasilan. Selanjutnya, untuk membantu agar keuangan tidak terganggu, kamu dapat berpartisipasi dalam program investasi menguntungkan.

Kelola pengeluaran dengan ketat

Tahap berikutnya, kamu perlu melakukan pengelolaan keuangan secara ketat. Caranya, bisa dilakukan dengan mencatat setiap pengeluaran. Selain itu, kurangi pula kebiasaan gaya hidup boros seperti nongkrong di kafe, makan di restoran, ataupun liburan mewah.

Manfaatkan KPR

Terakhir, kamu dapat memanfaatkan program kredit kepemilikan rakyat (KPR) untuk bisa beli rumah dengan cara yang tak terlalu berat. Namun, usahakan untuk memilih tenor tidak terlalu panjang, antara 5-15 tahun. Cicilan yang terlalu panjang bakal sangat membebani keuangan.

Itulah 5 tips yang dapat kamu terapkan untuk bisa mendapatkan rumah dalam jangka 10 tahun. Upaya mewujudkan impian beli rumah dalam waktu 10 tahun ini pun bisa kamu lakukan dengan cara berinvestasi di Qazwa. Investasi di Qazwa memberi keuntungan besar dan terjamin keamanannya karena terdaftar di OJK.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *