Tips Sederhana Untuk Mengatasi Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung yang dibiarkan begitu saja dapat membuat aktivitas sehari-hari terganggu dan tidak nyaman. Sakit ini terbagi menjadi dua jenis yaitu nyeri punggung akut dan nyeri punggung kronis.

Nyeri punggung akut biasanya terjadi dalam waktu beberapa hari atau kurang dari satu bulan. Sedangkan nyeri punggung kronis dapat berlangsung hingga berbulan-bulan. Berikut simak tips sederhana untuk mengatasi sakit nyeri punggung bawah.

Cara Sederhana Atasi Nyeri Punggung

Berikut cara sederhana atasi nyeri punggung

1. Latihan Menggerakkan Otot

Menggerakkan otot punggung bawah yang sedang nyeri memang sangat sulit, namun anda bisa mencobanya dengan latihan low impact seperti jalan santai, yoga atau berenang yang terbukti mampu meringankan keluhan nyeri punggung. Latihan ringan tersebut dipercaya dapat mengendurkan serta meregangkan otot-otot yang mengeras dan kaku.

Latihan seperti jalan santai atau yoga juga dapat melepaskan hormon endorfin. Endorfin adalah salah satu hormon yang secara alami dapat memblokir rasa nyeri di tubuh. Disarankan untuk rutin melakukan olahraga atau latihan ringan yang dapat mencegah terjadinya serangan nyeri pada otot punggung karena kaku. Lakukan olahraga secara rutin setidaknya tiga kali dalam seminggu.

 2. Kompres Dengan Air Panas Atau Dingin

Cara mengatasi nyeri punggung bawah lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengompres menggunakan air panas atau dingin. Menggunakan bantalan pemanas juga dipercaya dapat meringankan nyeri otot punggung bagian bawah akibat pegal dan kaku. Jika botol bantal pemanas tidak tersedia maka anda bisa menggunakan botol yang diisi dengan air hangat lalu diletakkan di area yang sakit.

Selain itu, anda bisa menggunakan es batu yang dibalut dengan kain bersih dan kompres di area yang cedera. Mengompres dengan air dingin atau es batu dipercaya dapat mengurangi peradangan pada punggung yang sakit. Dalam kondisi darurat, kompres bisa terbuat dari daging beku dan sayuran beku yang ada di dalam kulkas dengan aturan bahwa mengompres dengan menggunakan es batu tidak boleh lebih dari 20 menit.

3. Pertimbangkan Terapi Fisik

Tips untuk mengatasi nyeri punggung bawah selanjutnya yaitu juga bisa melalui terapi fisik. Dimana seorang terapi fisik akan mengajarkan kita peregangan untuk mengatasi sakit punggung. Selain itu, mereka juga akan mengajarkan beberapa latihan yang bisa memperbaiki keseimbangan tubuh yang mungkin menjadi salah satu penyebab sakit pada punggung bawah.

Namun hal yang perlu diingat, ahli terapi fisik mungkin juga akan menyertai teknik perawatan lain seperti terapi ultrasonik atau stimulasi listrik.  Terapi-terapi tersebut dilakukan tergantung pada penyebab dan keparahan nyeri punggung yang dirasakan. Jika nyeri punggung yang anda alami masih tergolong ringan, maka terapi fisik tidak disarankan untuk anda lakukan.

4. Tidur Yang Cukup

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa membuat nyeri di tubuh semakin terasa. Selama anda mengalami nyeri punggung maka usahakan jam tidur cukup, minimal 7 jam dalam sehari. Untuk orang yang mengalami nyeri punggung maka anda memilih posisi tidur tengkurap dengan tambahan bantal dibawah perut. Selain itu pastikan juga kasur yang anda gunakan sudah nyaman. Tidur yang cukup juga merupakan salah satu tips mengatasi nyeri punggung bawah.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar terhindar dari gangguan sakit punggung. Saat sedang beraktivitas panjang seperti bekerja usahakan untuk selalu memperhatikan postur tubuh anda karena postur tubuh yang salah juga menjadi penyebab munculnya nyeri pada pinggang. Lakukan pergerakan minimal dua kali dalam satu jam agar otot tidak kaku karena sudah dipaksa bekerja terlalu lama.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *