Tips Perawatan Wajah Buat Para Pria dengan Scarlett Face Care

Perawatan kulit, terutama wajah, sebenarnya bukan hanya untuk perempuan. Sebagai laki-laki pun, aku merasa tak nyaman dengan kulitku yang kian kusam. Seiring bertambahnya usia, kulit pun ada keriput, dan bekas jerawat sukar hilangnya.

Karena itu, seminimalnya, membersihkan wajah adalah caraku merawat kesehatan kulit muka. Tapi apakah kita sudah membersihkan wajah dengan benar? Perlu diperhatikan lho langkah-langkah membersihkan wajah agar tidak salah dan mendapatkan manfaat maksimal.

Kenali Jenis Kulit Wajah Kita

Langkah pertama jika ingin membersihkan wajah adalah kenali dulu jenis kulit wajah kita. Dengan begitu, kita bisa memilih pembersih wajah yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu.

Kulit wajah berminyak cenderung memiliki pori-pori yang besar, terdapat komedo atau jerawat, dan terlihat mengkilap. Kulit wajah jenis ini dianjurkan memakai sabun pembersih wajah bebas minyak atau oil-free dan toner untuk menghilangkan minyak berlebih. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung gliserin untuk membantu mengurangi minyak di wajah.

Sementara itu, kulit wajah kering cenderung kasar dan bersisik. Untuk jenis kulit ini, disarankan menghindari pembersih wajah yang mengandung alkohol dan pewangi, agar kulit tidak semakin kering.

Jika kita memiliki kulit sensitif, kulit kita biasanya akan terasa gatal, perih, dan terlihat memerah setelah menggunakan produk perawatan tertentu. Agar hal itu tidak terjadi lagi, pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol, parfum, dan asam salisilat.

Dari ciri itu, terlihat bahwa jenis kulit wajahku adalah kulit wajah berminyak. Pori-porinya sangat besar.

Langkah-langkah Membersihkan Wajah

Setelah mengetahui apa jenis kulit kita, yuk bersihkan wajah dengan langkah-langkah berikut ini. Namun sebelum memulainya, ingatlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

  • Cuci Muka
  • Bersihkan wajah dengan lembut. Setelah cuci muka dengan air bersih, cuci wajah kita dengan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Kemudian basuhlah sabun di wajah menggunakan air hangat. Hindari penggunaan waslap atau spons khusus untuk wajah, karena hanya akan membuat kulit wajah iritasi.
  • Keringkan dengan handuk bersih. Wajah yang sudah bersih bukan berarti bebas dikeringkan dengan handuk seadanya. Jangan gunakan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri yang menempel.
  • Gunakan pelembap. Jika kulit wajah kamu kering, gunakan krim pelembap setelah selesai membersihkan wajah. Oleskan krim tersebut secara merata ke kulit wajah kita.

Ingatlah untuk tidak berlebihan dalam membersihkan wajah, cukup dua kali sehari terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau setelah berkeringat. Membersihkan wajah terlalu sering sama buruknya dengan tidak membersihkan wajah sama sekali. Bahkan jika wajah kita berjerawat, membersihkan wajah terlalu sering juga bisa memperburuk kondisi yang dialami.

Scarlett Face Care

Dalam menerapkan langkah itu, sebulan belakangan aku memakai produk Scarlett Face Care. Untuk mencuci muka, aku menggunakan Scarlett Brightening Facial Wash by Felicya Angelista. Produk perawatan kulit wajah paling dasar adalah menggunakan facial wash yang berfungsi untuk mengangkat kotoran yang ada di permukaan kulit sehingga kulit menjadi bersih dan segar. Selain mengangkat kotoran dipermukaan kulit, produk facial wash dari scarlett whitening ini diperkaya dengan kandungan seperti Gluthione, Aloevera, Rose Petal, dan Vitamin E.

Glutahione bermanfaat untuk meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, serta mencerahkan kulit. Vitamin E juga melembabkan kulit dan mampu membantu mengatasi peradangan dan menenangkan kulit. Rose petals membantu menyegarkan kulit wajah. Dan Aloe Vera juga mampu menenangkan kulit dan meredakan peradangan kulit serta melembabkan dan menghaluskan kulit wajah.

Teksturnya unik banget lho. Rasanya seperti gel dengan dengan kelopak-kelopak bunga berwarna pink. Sabun wajahnya juga udah free SLS (sodium lauryl sulfate) sehingga dijamin aman buat digunakan untuk semua jenis kulit dan mencegah iritasi. Pas awal pakai mikir, kok busanya sedikit ya, tapi ternyata hasilnya tetap bersih dan membuat kulit lebih lembut setelah dipakai.

Nah, untuk mencerahkan kulit, Scarlett Face Care punya BRIGHTLY SERIES, yang terdiri dari Brightly Ever After Serum dengan Brightly Ever After Day & Night Cream. Manfaatnya meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas bekas jerawat, menyamarkan pori-pori, garis halus, serta mengencangkan kulit wajah. Kandungan di dalamnhya ada Niacinamide, Hexapeptide-8, Glutathione, Rainbow Algae, Aqua Peptide Glow, Rosehip Oil, Poreaway, Triceramide, Natural vit C, dan Green Caviar yang dijamin bermanfaat banget buat kulit wajah.

Setelah wajah dicuci bersih, kita bisa gunakan terlebih dahulu Brightly Ever After Serum-nya. Penggunaannya, cukup diteteskan 2-3 tetes serum, kemudian ratakan ke kulit wajah dan pijat secara perlahan. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah.

Untuk cream-nya, ada yang dipakai pada siang hari, dan ada yang malam hari. Kalau yang malam hari, ya enaknya sebelum tidur ya. Buat saya, agak susah mengaplikasikan Brightly Ever After Day karena ya masih malu begitu pakai perawatan muka di kantor. Jadi, masih cuma perawatan wajah pada malam hari saja.

Pembelian Produk Scarlett Face Care

Bagi yang ingin membeli produk dari scarlet whitening saya sarankan untuk untuk membeli produk langsung di official shop dari Scarlett Whitening. Apalagi sekarang makin marak produk tiruan dari brand skin care yang bagus.

Buat produk Scarlett ini juga ngga perlu terlalu bingung, apakah produk kita asli atau ngga. Produk asli dari scarlett whitening dapat dicek dan diverifikasi keasliannya dari produk yang terdapat di setiap kemasan produknya. 

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *