liburan di rumah

Strategi Menikmati Hari Libur di Tanggal Merah 2021

Hayo, siapa yang telanjur liburan tanggal 12 Maret kemarin? Pasti ada nih yang sudah jauh-jauh hari membeli tiket, eh tahunya ada pemotongan cuti bersama.

Buat yang belum tahu, ada pemotongan cuti bersama dengan pertimbangan dapat membatasi mobilisasi massa mengingat kasus positif Covid-19 bertambah lebih banyak setiap habis libur panjang. Alhasil, Tanggal Merah 2021 alias Libur Nasional berkurang. Berikut daftar hari libur nasional tanpa cuti bersama:

Sementara itu, cuti bersamanya hanya tinggal tanggal 12 Mei: Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan 24 Desember: Hari Raya Natal.

Dilihat dari tanggal merah 2021 yang ada, bulan Mei paling banyak libur. Namun, untuk merencanakan liburan, agak sulit karena bulan Ramadan lebih baik kita fokus ibadah. Tanggal-tanggal merah lainnya, sial betul, tidak ada yang bisa membentuk libur panjang. Mau liburan saat Idulfitri atau Natal kan riskan, ramainya ampun-ampunan. Tiket juga serba mahal. Ditambah kondisi belum pulih benar.

Tidak harus jalan-jalan, libur-libur 1 hari itu bisa disiasati dengan beberapa kegiatan berikut ini:

Perawatan Tubuh

Perawatan tubuh tak hanya milik perempuan lho. Menikmati libur juga bisa dilakukan dengan melakukan perawatan dari ujung rambut hingga kaki. Kalau belum berani berkunjung ke salon, kamu bisa melakukan perawatan rumahan seperti maskeran, lulur hingga creambath. Saat ini juga banyak dijual produk perawatan untuk di rumah.

Kalau aku sih suka massage dan creambath.

Baca buku

Baca kembali buku-buku yang sebelum sempat diselesaikan karena beragam kesibukan. Jangan lupa siapkan segelas teh hangat atau kopi untuk menemani membaca sehingga me time terasa lebih nikmat.

Nonton serial drama atau film

Sekarang sedang tayang Vincenzo, serial drama terbarunya Song Joong Ki. Kamu bisa ikutan nonton. Atau kalau malas yang on going ada banyak serial yang siap untuk ditonton sampai tamat. Contohnya, Viking.

Kegiatan ini adalah cara yang paling mudah untuk mengisi libur panjang. Banyak serial baru dan film yang menarik untuk disaksikan secara maraton, biasanya melakukan aktivitas ini membuat waktu berjalan dengan cepat.

Dekorasi ulang

Ini hobi istriku banget. Doi tiba-tiba sudah suka memulai mendekorasi kamar. Kemarin tahu-tahu dia sudah beli wallpaper dan mulai memasangnya. Padahal lagi malas-malasan. Nggak mungkin kan nggak urun membantu?

Untuk menghilangkan rasa bosan dengan suasana rumah, kita memang bisa menata dan mendekorasi ulang rumah dengan memindahkan furnitur, mengecat atau membuat dekorasi baru. Kegiatan ini cukup menyenangkan dan dapat memberikan nuansa baru di rumah.

Berkebun

Aku sebenarnya tidak hobi berkebun. Hanya istriku suka menanam bunga-bunga. Paling kalau dia lagi berkebun, aku bantu cabutin rumput liar. Kalau mau mencoba, kamu bisa memulai dengan menanam tanaman hias, bunga atau sayur-sayuran.

Memasak

Selain bercocok tanam, memasak adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. kita bisa bereksperimen dengan mencoba berbagai resep baru dari makananĀ western, Asia hingga membuat kue-kue kekinian.

Bermain bersama keluarga

Ciptakan permainan yang menyenangkan bersama keluarga seperti monopoli, ludo, ular tangga, Uno dan lainnya. Selain menghadirkan kegembiraan, bermain bersama keluarga membuat suasana menjadi lebih akrab.

Bermalas-malasan

Ini adalah solusi sapu jagat. Kalau emang malas, ya sudah bermalas-malasan saja. Setelah sibuk dengan berbagai rutinas, tak ada salahnya menghabiskan libur panjang dengan bermalas-malasan. Kita bisa bersantai di tempat tidur sambil nonton atau bermain game Candy Crush di ponsel pintar sepanjang hari.


Bagaimana, kamu lebih suka yang mana? Kalau aku bisa menggabungkan aktivitas malas-malasan, nonton drama, sambil kulineran. Sekarang kan kita bisa eksplore makanan lewat ponsel. Tinggal cobain menu yang diinginkan, bayar, lalu akan diantar.

Kadang-kadang kita harus menikmati liburan tanpa ke mana-mana. Sebab ada benarnya juga sih, orang yang paling butuh liburan adalah orang yang baru balik liburan (jalan-jalan). Jadi, yuk manfaatkan waktu libur kita di rumah aja!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *