Prediksi Harga Bitcoin Tahun 2022

Pasti sekarang banyak yang tengah mempelajari prediksi harga Bitcoin tahun 2022. Namun, prediksi macam apa pun, tentu tidak akan ada yang tahu berapa kira-kira harga bitcoin tahun 2022.

Tahun 2021 merupakan tahun roaler coaster bagi penggemar kriptocurrency. Harga bitcoin (BTC) menyentuh all time high (ATH) di kisaran 65000 dolar. Namun, harga itu sempat dibanting hingga 28000 dolar. Prediksi harga bitcoin yang semula banyak mengatakan harga BTC akan menyentuh 100 ribu dolar pada akhir tahun tidak terbukti!

Banyak hal yang terjadi selama tahun 2021. Beberapa menyebabkan crash yang tidak diinginkan. Misalnya ucapan Donald Trump, kasus Evergrande, hingga pelarangan Bitcoin di China. Meski di sisi lain banyak juga berita baik yang menyebabkan harga BTC terbang to the moon.

Aku ikutan menjadi trader kripto setelah triwulan pertama 2021, tepat pada saat harga BTC turun dari 60 ribuan dolar ke 40 ribuan dolar. Dan aku merasakan crash pertama itu. Rasanya campur aduk.

Dua koin yang aku miliki saat itu adalah BTC dan Ethereum. Kalau tidak salah BTC jatuh sampai 30 ribuan dolar dan Eth hingga 1700 dolar. Modal yang kumiliki baru sedikit dan tidak cukup untuk melakukan averaging down. Namun untungnya, harga tersebut pulih dengan cepat meski tidak setinggi ATH.

Di situ aku memahami fluktuasi harga kripto bukan hanya tentang risiko melainkan peluang untuk melakukan trading harian. Kecepatan pengambilan keputusan diperlukan untuk masuk dan keluar. Keluar dari pasar saat sudah untung menjadi penting, karena kerap kita serakah dan menunggu harga naik lebih tinggi. Namun, terkadang kondisi begitu volatile, sehingga harga akan cepat turun kembali.

Keserakahan itu memang sulit dihindari. Aku sendiri mengalami itu sejak Black September, ketika ada aksi ambil untung dari para miner diikuti kasus Evergrande, isu tapering dan lain-lain. Hasilnya ya nyangkut. Dan apa yang bisa kita lakukan kalau nyangkut? Ambil mode sage: mental investor.

Aku sendiri awalnya main di aplikasi Binance. Namun, agak ribet sebenarnya buat pemula untuk trading di sana. Sebab biaya transfernya lumayan mahal, dan perlu kiat tertentu agar murah (seperti aku harus deposit ke Indodax, lalu beli Tron (Trx), kemudian pindahkan dompetnya ke Binance dengan biaya 1 Tron).

Nah, sekarang sih sudah banyak aplikasi trading di Indonesia yang memudahkan pengguna. Salah satunya adalah Rekeningku. Rekeningku aman dan sudah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangkan Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan Indonesia. Selain itu, diawasi dan terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO). Jadi nggak perlu khawatir tiba-tiba saldo hilang, ya!

Di Rekeningku, gampang banget deh caranya kalau mau trading. Setelah download Rekeningku dari Playstore, kamu kudu registrasi sampai verifikasi identitas. Ini penting karena banyak juga bocil yang main kripto, belum sadar risiko, tidak di bawah pengawasan orang tua. Karena itu udah harus dewasa, punya KTP. Setelah selesai diverifikasi, kita bisa melakukan jual-beli dengan mudah.

Untuk tahu kapan harus keluar dan masuk, ada baiknya kita belajar sedikit-sedikit analisis teknikal, membaca candle, dan aware pada isu-isu yang dapat mempengaruhi harga kripto.

Pada akhirnya, trading kripto punya banyak risiko, tetapi juga punya banyak peluang keuntungan. Buat pemula, bermain amanlah, di SPOT. Kalau pun harga sedang jatuh, diamkan bak investor saja, nilai kriptonya nggak akan berkurang. Tinggal nunggu dia naik lagi sambil lakukan averaging down bila memiliki tambahan modal.

Jangan sekali-kali bermain di Future dalam pasar yang amat volatile, kecuali ya kamu sudah siap dengan segala risiko yang ada.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *