Mengenal Manfaat Jalan Kaki Bagi Tubuh

Apa manfaat jalan kaki bagi tubuh? Kalau kamu tahu jawabannya, pasti kamu akan mengalokasikan waktu buat jalan kaki setiap harinya.

Manfaat Jalan kaki

Tahukah kamu bahwa Indonesia berada di peringkat ke-46 dalam jumlah langkah jalan kaki. Merujuk data dari 700.000 orang yang menggunakan aplikasi pemantau aktivitas pada telepon seluler mereka, salah seorang peneliti dari Stanford mengatakan pola aktivitas orang-orang Indonesia rata-rata hanya bergerak sebanyak 3.513 langkah per hari. Di urutan pertama ada Hongkong dengan 6.880 per hari atau hampir dua kali lipatnya. Negara-negara dengan jumlah langkah kaki lebih dari 6.000 langkah per hari lainnya adalah Cina, Ukraina, dan Jepang. Singapura sedikit di bawahnya dengan 5.674 langkah kaki per hari.

Manfaat Jalan Kaki

Sedikitnya jumlah langkah kaki itu menunjukkan kesenjangan aktivitas. Semakin senjang di suatu negara, semakin besar pula taraf obesitasnya. Indonesia berada pada peringkat 17 dalam daftar penduduk obesitas. 

Ya, salah satu manfaat jalan kaki adalah menurunkan berat badan. Jalan kaki adalah satu satu olahraga yang membantu memperbaiki respons tubuh terhadap hormon insulin. Hormon ini sangat bermanfaat untuk mengurangi lemak pada tubuh. Di samping itu, aktivitas berjalan kaki juga efektif untuk membakar kalori berlebih pada tubuh.

Manfaat lain jalan kaki juga mencegah osteoporosis. Osteoporosis merupakan kepadatan tulang yang menurun sehingga dapat menyebabkan tulang keropos, rapuh, dan mudah patah. Penyakit ini biasa dialami oleh orang-orang usia lanjut, tapi juga tidak menutup kemungkinan dialami oleh remaja maupun orang di usia produktif. Nah, berjalan kaki terbukti bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang agar tidak mudah rapuh.

Jalan kaki juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Metabolisme tubuh kita menjadi lebih baik. Begitu pula kondisi saluran pencernaan kita.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa jalan kaki tiga kali per minggu mampu membakar 350 kalori dan terbukti bisa mengurangi gejala depresi hampir seefektif obat antidepresan. Bila kita berjalan keliling taman, kita bisa merasa lebih bahagia dan kecemasan berkurang dibandingkan mereka yang berjalan dengan jumlah waktu yang sama di sekitar lalu lintas yang padat. Dalam sebuah penelitian selanjutnya, para peneliti menemukan bahwa berjalan di ruang hijau membuat orang cenderung untuk mengurangi aspek-aspek negatif dari hidup mereka.

Jumlah Langkah Ideal Jalan Kaki

Idealnya, kita berjalan 10.000 langkah kaki per hari. Namun sebenarnya tidak ada acuan pasti berapa langkah ideal tersebut.

Physical Activity Guidelines Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas tinggi yang diimbangi dengan olahraga lainnya. Untuk memenuhi rekomendasi tersebut, kita perlu berjalan sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah sehari.

Tips Membangun Kebiasaan Jalan Kaki

Hal yang pertama yang bisa kita lakukan adalah menggunakan pedometer sebagai motivasi. Pedometer adalah alat yang dapat menghitung seberapa banyak langkah kaki yang sudah Anda lakukan. Jadi, ketika Anda berjalan, alat tersebut akan menghitung secara otomatis.

Setelah itu, cari peluang buat jalan kaki. Misalnya nih saya turun di Stasiun Juanda. Jarak ke kantor tidak sampai dua kilometer. Jangan manja naik ojek. Tapi berjalan kaki. Lumayan ‘kan. Kalau masih sempat jalan di tangga, pilihlah tangga dari lift. Lalu kalau bisa ke kantin, jalanlah ke kantin daripada menikmati layanan pesan antar.

Jadikan berjalan kaki sebagai kebiasaan yang menyenangkan. Bisa dengan diiringi musik di telinga atau hal lain yang membuat kita merasa jalan kaki bukan sebagai beban.

Selamat mencoba!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *