Sejarah Perkembangan KBBI

Mengenal KBBI Cetak, KBBI Daring, dan KBBI Luring

KBBI cetak sudah memasuki edisi kelima. KBBI edisi kelima ini sudah diluncurkan sejak 28 Oktober 2016 lalu.

Sementara itu, KBBI bersifat dinamis karena bahasa selalu berkembang. Terdapat proyek pemutakhiran bahasa dengan melibatkan masyarakat umum yang boleh memberikan usulan. Salah satunya usulan kata baru untuk masuk ke dalam kamus.

Dua kali setahun, pemutakhiran bahasa dilakukan dalam bentuk kegiatan Lokakarya Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Namun, tak mungkin kan selama dua kali setahun itu, KBBI dicetak revisinya terus-menerus.

KBBI DARING

KBBI Daring

KBBI Daring (online) adalah laman resmi pencarian kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Laman ini dikembangkan dan dikelola oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memberi akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dan memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pengembangan kosakata bahasa Indonesia.

Pemutakhiran KBBI dilakukan dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Pemutakhiran KBBI terakhir, dilakukan pada bulan April 2019. Kalau ingin berkontribusi mengajukan usulan-usulan bagi pengembangan kosa kata Bahasa Indonesia di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), silakan mendaftar secara daring melalui laman ini (https://kbbi.kemdikbud.go.id/Account/Register)

KBBI LURING

KBBI Luring

Selain KBBI Daring, dikenal juga KBBI Luring (offline). KBBI ini kita unduh lewat Appstore. Ia berupa aplikasi resmi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V).

Aplikasi ini adalah aplikasi luring resmi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk pencarian kata, frasa, dan ungkapan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V).

Perbedaan antara KBBI Daring dan KBBI Luring adalah dari segi pembaruannya. KBBI Luring sedikit lebih terlambat dari KBBI Daring. Jumlah perbedaan lemanya tak banyak, sekitar 1000 entri saja.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *