Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas Innova

Toyota Innova adalah mobil idamanku. Lebih dikenal sebagai Kijang Innova, mobil ini memiliki performa yang menawan. Ia disebut mobil keluarga, tetapi juga kokoh untuk dibawa dalam perjalanan jauh.

Pernah suatu kali saat hendak mudik ke Sumatra Barat, ke kampung istriku, aku meminjam mobil Innova milik kakakku. Mobil milikku, Etios Valco, lebih cocok digunakan di dalam kota. Permukaannya lebih ceper sehingga agak riskan apabila dibawa ke medan yang tak menentu dengan jalan rusak dan berlubang. Innova tentu saja lebih tangguh.

Orang-orang biasanya banyak memilih Innova karena harganya juga tidak jatuh saat hendak dijual kembali. Hal itu sebanding dengan kualitas yang dijanjikan oleh mobil bekas Innova sekalipun. Namun, bila kamu hendak membeli mobil bekas Innova, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, perhatikan tenaga mesin mobil tersebut. Pastikan tenaga yang dimiliki mobil tersebut masih mumpuni, baik itu saat melaju di jalan biasa atau menanjak. Jika mobil tersebut mengalami hilang tenaga, periksa filter bensin, lalu injektor pastikan kotor atau tidak dan throttle-nya juga pastikan kotor atau tidak. Khusus untuk Innova diesel, cek juga filter solar dan aki. Pasalnya, Innova diesel memiliki sensitivitas yang sangat tinggi terhadap urusan kelistrikan, sehingga aki yang umurnya tinggal 40 persen, bisa membuat asupan tenaga pada mobil ini menjadi berkurang.

Kedua, periksa sistem pendinginan mesin. Pastikan seluruh komponen seperti radiator, selang radiator, dan kipas bekerja secara maksimal. Pasalnya, bila salah satu komponen pada sistem pendinginan tidak bekerja maksimal, tentu saja dampaknya bisa membuat mobil menjadi overheat.

Ketiga, perhatikan mesin dari Toyota Innova tersebut tidak mengalami brebet atau pincang. Bila mengalami hal tersebut, maka segera periksa komponen busi dan koil.Khusus pada Innova diesel, periksa juga kondisi kepekatan asap knalpotnya. Apabila didapati asap knalpotnya berwarna hitam pekat, maka segera lakukan pemeriksaan pada beberapa komponen dieselnya.

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam membeli Toyota Innova bekas, ialah sensor – sensor. Pastikan kondisi dari sensor-sensor tersebut masih bekerja baik dan tidak ada fault.

Nah, sekian tips dari saya jika kamu ingin membeli mobil bekas Innova. Semoga bermanfaat.

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *