Cara Sukses Jualan Makanan Online dengan Daftar GoFood

Salah satu cita-citaku adalah punya usaha makanan. Meski sampai sekarang belum kesampaian, aku dan istriku sering membincangkan bagaimana usaha itu harus dimulai. Kami berdiskusi mengenai cara sukses jualan makanan, termasuk bagaimana cara sukses jualan makanan online dengan daftar GoFood.

Beberapa teman penulisku seperti Irwan Bajang dan Bernard Batubara juga sudah melebarkan sayapnya ke bisnis kuliner. Irwan Bajang membuka warung ayam Taliwang di Yogyakarta. Irwan Bajang memang asli Lombok dan bahkan terasi untuk memasak ayam Taliwang tersebut dikirim langsung dari Lombok. Aku sempat mencicipinya. Enak juga, meski sedikit berbeda dengan ayam Taliwang yang aku coba selama di Sumbawa. Sepertinya Irwan Bajang sedikit “berdamai” dengan lidah Jawa sehingga penggunaan bumbu khasnya tidak terlalu kencang. Sedangkan Bernard Batubara kulihat sering mempromosikan produk minuman kekiniannya di Twitternya. Ya, keduanya sudah berhasil menjadi GoFood Partner, makanan dan minuman yang mereka jual sudah bisa dipesan lewat GoFood. Berkat mereka berdua, aku terinspirasi pengen ikutan daftar Gofood online. Soalnya mereka terbantu banget dengan aplikasi food delivery tersebut.

Sebelum lebaran kemarin, adik sepupuku yang terpaksa harus pulang ke kampung halamannya karena efek pandemi (tidak dilanjutkan kontrak oleh perusahaan tempat ia bekerja) datang ke rumahku sebelum berangkat. Kami banyak berdiskusi tentang apa yang harus ia lakukan selama di kampung halaman. Kami menyarankannya untuk berjualan makanan lalu daftar GoFood.

Soal jualan makanan itu, istriku pandai sekali memasak. Dia bisa bikin sup iga, olahan ayam seperti ayam Katsu, ayam geprek, ayam lado merah, dia juga bisa bikin beef teriyaki. Enak banget pokoknya. Lebih-lebih dari di toko makanan. Kubayangk

Kami sering banget membahas bagaimana nanti pada saatnya kami buka warung kecil saja di rumah. Lalu mendaftar menjadi GoFood Partner. Soalnya secara lokasi, kami tinggal di perbatasan Depok-Bogor yang sepi dan “terabaikan”. Biarlah kami “ditemukan” lewat aplikasi pesan antar makanan. Soalnya, kalau harus menyewa tempat dan tetek bengek lain, rasanya berat.

Proses Daftar GoFood

Kami sempat mencari info cara daftar GoFood. Mudah sekali ternyata daftar GoFood.

Langkah pertama cara daftar Gofood Online, kami hanya perlu melakukan pengajuan pendaftaran melalui website https://www.gojek.com/go-food/bisnis#l/registration. Saat melakukan registrasi tersebut, pastikan untuk menuliskan semua data, termasuk email dan nomor ponsel, dengan benar. Kalau pendaftaran kita diterima, akan ada email dari merchant.no-reply@gojek.com.

Setelah pendaftaran diajukan, Tim Gojek akan memverifikasi data yang kita masukkan tadi. Maksimal 5 hari kerja akan ada email yang mengabarkan verifikasi tersebut berhasil atau gagal. Jika gagal, jangan berkecil hati, karena kita akan diberi kesempatan melengkapi data yang dianggap kurang. Jika berhasil, kita akan melakukan penandatanganan kontrak elektronik melalui DocuSIgn.

Penandatanganan kontrak ini sifatnya WAJIB, ya. DocuSign tersebut akan dikirim ke email kita.

Setelah ditandatangani, kontrak selesai diproses dan kita akan dibuatkan akun GoFood dan GoBiz oleh Tim Gojek. Proses ini akan memakan waktu maksimal lima hari kerja.

Setelah itu, lakukan aktivasi akun GoBiz dengan melakukan login melalui nomor ponsel outlet. Tunggu maksimal 1×24 jam sampai akun aktif. Kalau sudah aktif, kita tinggal login ulang ke GoBiz dan bisa mulai berjualan di GoFood.

Tips Jualan Makanan Online di GoFood

Membuat akun GoFood baru langkah pertama. Masih ada langkah selanjutnya agar jualan makanan online kita di GoFood bisa laris manis.

Pasang Foto Makanan Yang Menarik di GoFood

Pempek Sambal

Orang bilang jangan menilai buku dari sampulnya. Nyatanya, sampul itu penting. Seperti halnya foto makanan, itu sangat penting.

Selama pandemi ini banyak kelas gratis, salah satunya adalah kelas food photography yang membutuhkan teknik khusus agar makanan terlihat menarik. Sama juga ketika nonton Master Chef, plating tak kalah pentingnya. Di aplikasi GoFood, plating dan foto makanan kita harus tampil semenarik mungkin. Jangan asal foto, ya!

Perhitungkan Rasa dan Porsi Makanan di GoFood

Pengalaman pertama lidah saat mencicipi sebuah makanan sangat menentukan. Makanya, rasa itu harus dijaga. Tampilan saja tidak cukup. Tampilan hanya akan menarik calon pelanggan untuk datang pertama kali. Namun, rasalah yang membuat pelanggan kembali lagi untuk membeli.

Selain rasa, porsi juga perlu diperhitungkan. Pengalamanku kadang ada rasa yang enak, tapi porsinya sedikit banget. Tentukan dulu pangsa pasar kita siapa. Kalau seperti kami yang tinggal di daerah pinggiran, orang masih memperhatikan porsi makan yang besar. Beda dengan di kota yang sudah lebih mempertimbangkan banyak aspek selain kenyang.

Berani dan Cermat Buat Promo Makanan di GoFood

Buat strategi penjualan dengan promo makanan di GoFood. Pilih menu-menu yang kira-kira jamak di lidah orang. Yang akan dibeli banyak orang. Menambahkan promo pada menu tersebut akan membuat calon pembeli tertarik membeli makanan kita.

Strategi Pemasaran di Media Sosial

Tak kalah pentingnya adalah melakukan promosi di media sosial baik itu Facebook, Twitter, Instagram, maupun media sosial lainnya. Gunakan fasilitas iklan bila perlu dengan menetapkan target audience yang tepat. Buat akun media sosial yang interaktif yang tidak satu arah sehingga lama-lama akan ada engagement dengan pelanggan sehingga mereka akan merasa dekat dengan kita.


Nah, kira-kira begitulah cara sukses jualan makanan online dengan daftar GoFood online. Rasa tidak akan mengkhianati lidah. Kerja keras juga tidak akan mengkhianati hasil. Selamat mencoba!

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

33 Comments

  1. Ngomongin pasang foto, terkadang foto yang ada di go food bisa sama dengan menu yang sama pdhal beda resto. Kalo bukan tempat langganan kadang2 suka kecele juga nih mas..

    1. Akhirnya ketemu artikel cara daftar go food, kmrn sempat pengen daftar, tp berhubung satu dan lain hal akhirnya ga jadi. Kadangan emang gitu om, foto makanan di go food itu benar-benar memikat sehingga jadi kepengen beli

  2. itu pempeknyo kok pecak teokbokki ye? tinggal tambah kimchi bae. hehe.. molly ado kepikiran jugo nak buka usaha restoran nih tapi lemaknyo restoran apolah ye hehhe

  3. Ladang usaha memang menggiurkan, teman saya sekarang selain jualan minuman menggunakan grobak, juga mulai memasarkan melalui online. Nggak tanggung-tanggung, ternyata ombset lebih besar dari jualan offline. Sebab orang sekarang lebih memilih diantarkan, kalau keluar rumah malas, apalagi kondisi sekarang.

    Semoga ide bisnisnya segera terealisasikan. Semoga lancar

  4. Sempat nyoba ini pas dulu buka kedai, tapi ntah kenapa prosesnya menggantung. “Untungnya” bisnisnnya stop jadi gak harus follow back 😀 Mudah-mudahan nanti bisa bisnis kulineran lagi dan bisa menjajal daftar gofood. Kayaknya dulu ada step yang aku kelewatan atau salah. Kebantu banget soalnya kalau bisnis kuliner sama gofood ini. Bisa melebarkan sayap modal jari doang 🙂

  5. Noted, siapa tahu akan buat ghost resto nih setelah resign. Makasih banyak infonya nih.

  6. GoFood suka kasih promo makan hemat 😀 enak buat jajan.

  7. Bener sih ya, mendingan pasang foto makanan sendiri di Go-Food. Biar pembeli gak kecewa.

    Kalau misalnya engga pasang foto, dari Go-Food nyediain foto default gak sih? Misal kita punya menu ayam geprek tapi gak ada fotonya, sama go-food dikasih foto?

    Kayak sering lihat foto yang sama untuk menu yang mirip-mirip, padahal dari resto berbeda. Pas nyampe beda banget sama foto haha

  8. Satu pertanyaan mendasar, baik gofood atau grabfood sering ada promo up to 80% dengan vocer2 yang disediakan. Apa gak rugi ya penjual? Karena dihitung2 udah diskon ongkir, diskon makanannya juga. Kok murah banget jadinya?

  9. Sekarang emang eranya serba online ya, Kak. Makan aja online ahahah. Selama ini.sering pakai gofood karena beberapa restoran favorit ada di sana! Dan salah satunya juga karena fotonya menarik. Hahaha. Tips yang perlu banget nih untuk yang baru mau jualan online.

  10. Media sosial saat ini memudahkan sekali untuk jualan, apalagi kalo menggunakan iklan, jangkauan bisa lebih luas dan sesuai target market yang sudah diatur. Jangan lupa konten yang menarik, foto dan copywriting.

  11. Alhamdulillah sudah mulai jualan menggunakan layanan Gofood.

  12. Saya selalu terhipnotis sih kalau ada cerita orang-orang sukses. Semoga bisa nurun hehehe btw bener banget mas daripada nyewa kios dan printilannya mending didaftarin gofood saja

  13. Aku jadi fokus ke pempek sambal. Itu kek gimana rasanya berasa makan sambel apa pempek? Merah banget ??
    Btw aku juga sering pakai gofood, daripada harus pesan by wa atau kurir khusus untuk ambil makanan. Lebih praktis dan banyak promo.

  14. Memang enak banget sih kalau jualan udah daftar gofood itu. Usaha kuliner jadi semakin banyak dikenal orang. Kita juga bisa lebih variasi menyiapkan makanan untuk layanan pesan antar ini

  15. Saya juga sedang memikirkan usaha apa yang cocok untuk saya jalankan via GoFood. Pilihannya tetep ya, GoFood, karena dari segi pemasaran dan delivery sangat terbantu dengan aplikasi yang satu ini.

  16. Aku suka gemes ni Mas Pring baca postingan begini. Jadi ikut termotivasi tapi kurang pede. Kadang suami kalo makan beberapa masakanku, dia langsung bilang, “Udah lah aku pensiun dini aja, kita buka warung makan aja. Masakan kamu enak kok.” Langsung tersanjung, tapi begitu mikir lagi menjalaninya langsung ciut lagi nyalinya. Hahaha. Siapa tahu nanti ke depan ada potensi ke sana. Makasih yaaa sharingnya mas.

  17. Semoga dengan hadirnya Gofood makin banyak kesempatan tuk bisnis usaha dibidang kulineran.
    memang sebenarnya buka usaha secara manual tak ada salahnya, tapi jika selain secara manual promosikan usaha lewat kecanggihan yang ada siapa tau nanti makin laris manis ya.

    Apalagi kadang orang lagi males keluar rumah saat kondisi cuaca kurang mendukung,dengan layanan Gofood bisa diantar pesanan ke tempat tujuan.

  18. Go food bisa jadi salah satu solusi ya mas Pring buat yang terkena imbas covid ini. Selain gak perlu sewa tempat, caranya juga mudah ya mas

  19. Solusi yang sangat cocok buat jualan terutama di masa pandemi sekarang

  20. Ternyata cara daftar jadi mitra GoFood ini mudah ya, tidak ribet seperti yang kubayangkan. Bookmarked banget nih biar nanti pas mau buka usaha gak pusing buat urusan pemesanan dan pengantaran..
    .
    Foto emang penting banget buat mencari konsumen secara online. Tahapan pertama buat menarik perhatian. Tapi ku setuju sama kakaknya. Rasa sama porsi juga gak boleh diabaikan karena itu bagian selanjutnya yang bikin pelanggan balik pesen lagi.

  21. Kalau bahas ayam rasanya jadi ngiler mas. maklum saya penyuka ayam mau diapain aja suka sama ayam. Dengan go food memang membuka lapangan pekerjaan dan jg mempermudah pembeli mencari makanan di saat mager ya. Semua dimudahkan dengan adanya teknologi

  22. kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. mantab. suka sama quotenya. btw enak ya sekarang mudah daftar gofood. bisa tetap berpenghasilan meski di rumah aja.

  23. Prospek bisnis kuliner tampaknya tetap gurih ya Kak Pring… apalagi ada support system kayak GoFood ini wow… semakin semangat deh teman2 yg mencoba usaha di bidang makanan dan minuman yaa

  24. galfok ama pempem sambalnya .. yang sepertinya lebih mencuri perhatian di postingan ini.. hahaha.. maafkan.

    Fotonya menarik banget, bikin calon pembeli ngiler dan pengen pesen lewat GoFood ya Mas 🙂

  25. Sorry OOT. Ternyata orang Palembang juga ya. Wah kapan2 kopdar ya kita blogger Palembang.
    Hehehe.
    Btw, di masa pandemi ini makin sering beli makanan via gofood, jadi memang mesti dimanfaatkan fasilitas go food ini bagi para penjual makanan.

  26. Go food ini membantu banget pengusaha UMKM ya..
    temen ku pembelinya jadi berlipat-lipat sejak join di go food, soalnya lokasinya juga nggak begitu strategis si

  27. Sejak ada gofood.. Skrg bisnis kuliner kecil2an semisal bisnisnya para ibu rumah tangga yg hobi masak dirumah bisa jalan ya mas.. Ada aja pasti yg order asal tampilan menarik dulu di apps gojeknya..

  28. Sekarang buka usaha tidak perlu modal sewa tempat yang strategis,buka online saja bisa di mana saja 🙂

  29. Bisa aku rekomendasikan ke teman aku dulu ini, dia pengen daftar gofood tapi ga tau caranya, mudah ya

  30. Nice info gan, lewat gofood jualan makanan saya jadi tambah laku.

  31. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat untuk saya, Dapatkan software POS atau kasir terbaik dengan fitur yang lengkap untuk membantu Anda para pelaku usaha UMKM meningkatkan penjualan dengan menggunakan aplikasi dari Aplikasi Kasir keuntungan maksimal bisa Anda dapatkan dengan cepat dan mudah tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *