Cara Menyembuhkan Sakit Gigi pada Anak

Ketika kecil, aku terbilang tidak pernah merasakan sakit gigi. Soalnya, aku tidak begitu suka makan permen atau coklat, dan selalu rutin gosok gigi dua kali sehari. Pagi dan malam. Namun, anakku yang pertama berbeda. Dia pernah kena sakit gigi. Memang susah menyuruhnya sikat gigi.

Kalau orang dewasa sudah paham, sakit gigi harus ngapain. Biasanya makan cataflame, obat sakit gigi, atau langsung ke dokter gigi. Kalau anak kecil sakit gigi, repot. Dia belum tahu banyak soal menghadapi rasa sakit, jadinya nangis melulu. Rungsing.

Sebagai orang tua, kita harus tahu cara menyembuhkan sakit gigi pada anak.  Lebih jauh, orang tua harus memahami persoalan gigi pada anak. 

Misalnya, pada anak di bawah 10-12 tahun, ada kemungkinan sakit gigi disebabkan oleh tumbuhnya gigi baru untuk menggantikan gigi susu. Proses ini kadang melibatkan sobeknya gusi atau penanggalan gigi lama. Tidak jarang, hal-hal tersebut menyebabkan si anak merasa sakit gigi.

Nah, yang harus diantisipasi lebih lanjut adalah bila masalahnya gigi berlubang dan atau gusi bengkak.  Gigi anak yang sering makan permen atau cokelat akan terlihat berwarna kecoklatan. Jika dibiarkan dan tidak dilakukan perawatan pada gigi tersebut oleh Dokter Gigi, lama kelamaan kerusakannya akan semakin dalam sehingga mencapai lapisan dentin gigi dan menimbulkan rasa sakit jika terkena makanan. Sementara pembusukan makanan oleh bakteri saat makanan tersisa di rongga mulut tidak hanya menyakiti saraf gigi, tapi juga menimbulkan peradangan pada gigi maupun pada gusi.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi pada Anak

Kumur dengan Air Hangat

Paling mudah, bimbing anak untuk berkumur dengan air hangat. Biarkan sang anak berkumur dengan air hangat beberapa waktu, dan tunggu khasiatnya segera. Bila diperlukan, kita bisa menambahkan garam untuk hasil yang lebih maksimal.

Oles Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan yang dapat menimbulkan efek mati rasa pada gigi dan gusi yang sedang sakit. Nah, kita bisa menuangkan sedikit minyak cengkeh ke kapas, lalu tempelkan atau selipkan di bagian gigi yang sakit. Minyak cengkeh bertindak sebagai pembius lokal sehingga sakit mereda dan kemudian hilang.

Kompres Pipi dengan Air Dingin

Tidak jarang, pipi menjadi bengkak karena gusi sedang bermasalah ketika gigi sakit. Jika hal ini terjadi, kompres pipi anak dengan air dingin atau air es. Beberapa orang juga mencoba untuk membungkus es batu dan menempelkannya di pipi.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan saripati yang bisa meredakan sakit gigi. Ggeprek bawang tersebut lalu letakka pada gigi yang sedang sakit. Tunggu sampai rasa sakit hilang.

Beri Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga mampu mengurangi rasa sakit yang muncul. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi mampu meredakan sakit gigi. Caranya pun mudah, cukup potong-potong jeruk nipis menjadi potongan kecil, lalu letakkan tepat pada bagian gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit, kemudian ganti jika masih diperlukan.

Beri Obat Pereda Sakit

Pemberian obat pereda sakit sebaiknya digunakan sebagai jalan terakhir jika cara-cara alami lain di atas sudah dicoba, namun belum memberikan hasil yang maksimal. Ada beberapa jenis obat pereda rasa sakit yang cocok untuk sakit gigi pada anak. Obat-obatan in mengatasi sakit gigi pada anak dengan menghambat saraf perasa nyeri atau penyebab nyeri. Namun, berkonsultasilah dengan dokter untuk obat pereda rasa sakit ini.


Semoga bermanfaat!

 

Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *