oli mesin

Beberapa Dampak yang Terjadi Jika Oli Mesin Habis

Baik itu motor maupun mobil, pastinya mesinnya membutuhkan oli mesin agar dapat mengurangi gesekan saat kendaraan digunakan. Untuk pemilihannya, kita harus membeli oli yang tepat agar kinerja mesin dapat berfungsi dengan baik dan umurnya yang panjang. Tidak ada salahnya kita membelinya di mobil.co.id karena secara lengkap mereka menyediakan jenis-jenis oli yang harganya kompetitif.

Terlepas dari itu, kita pun harus memperhatikan kapasitas oli sebelum digunakan. Cara mengeceknya sangat mudah. kita dapat memakai deep stick yang sudah memiliki garis levelnya sehingga kita bisa memperkirakan sampai mana batas kapasitas oli kendaraan kita.



Tapi, jika levelnya menunjukan garis yang terlalu rendah, tentu harus menjadi perhatian. Kekurangan bahkan kehabisan oli akan mengakibatkan berbagai masalah. Berikut beberapa dampak yang akan terjadi:

Komponen mesin menjadi aus

Oli dijadikan pelumas untuk kendaraan motor maupun mobil yang fungsinya untuk melumasi mesin-mesin yang saling bergesekan. Beberapa komponen memang sangat membutuhkan oli, seperti ring piston yang bahan pelapisnya yaitu logam. Tanpa adanya oli, maka komponen-komponennya akan mengalami goresan.

Jika tidak ada oli yang mencukupi, maka komponen mesin-mesinnya akan cepat aus. Akibatnya pun akan membuat kinerja mesin menjadi tidak normal karena terjadinya kompresi yang dampaknya dapat semakin parah menjadi powernya yang semakin berkurang secara drastis.

Bunyi menjadi kasar

Selain dari komponen mesin ring pistonnya, terdapat head silinder yang berada di bagian atas mesin. Jika oli mesin kurang, maka dampaknya akan semakin parah karena oli tidak dapat naik ke mesin di bagian atasnya. Di bagian silinder tersebut memiliki bagian yang penting yaitu mekanisme katup serta camshaft. Kedua komponen tersebut wajib membutuhkan oli untuk melumasinya.

Kalau tidak ada pelumasan pada bagian mesin tersebut, maka kita akan mendengarkan bunyi-bunyi tidak nyaman seperti suara kasar saat kita menyalakan mesin mobil maupun motor. Suara-suara tersebut dihasilkan karena adanya pergesekan logam yang tidak dilumasi dengan baik.

Selain itu, katup rantai timming juga dapat mengakibatkan bunyi-bunyi yang berisik kalau olinya sudah habis atau kurang. Sama seperti mesin sebelumnya, rantai timing juga terbuat dari logam sehingga sangat dibutuhkan pelumasan yang agar gesekannya tidak terlalu parah dan selalu lancar. Saat kita menyalakan mobilnya, pastikan saja kita tidak mendengar bunyi-bunyi yang berisik. Kalau mulai mendengarnya, segera cek kondisi oli agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk lagi.

Mesin overheat

Saat di tengah-tengah perjalanan, tidak jarang mobil maupun motor mengalami overheat atau mesin yang terlalu panas. Sebenarnya penyebabnya ada banyak hal, tapi yang paling umum yaitu karena oli mesin yang kurang atau memang sudah benar-benar habis. Padahal, oli sangat berfungsi untuk mendinginkan mesin.

Sudah dipastikan kalau kapasitasnya berkurang, maka sistem pendinginannya juga akan cepat mudah terganggu. Kalau kita yang memakai motor, masalah yang satu ini akan lebih cepat terasa karena memakai pendingin udara. Mesin yang overheat bisa saja terjadi karena adanya gesekan antar mesin yang tidak dilumasi dengan baik, sehingga menghasilkan panas yang terlalu berlebih.

Engkol mesin terkunci

Dampak lainnya yang sangat umum terjadi kalau oli mesin habis atau berkurang yaitu engkol mesin terkunci. Setiap komponennya yang terbuat dari logam akan mudah memuai sehingga jika tidak dilumasi dengan baik, maka akan terjadi engine lock atau engkol mesin terkunci.

Kondisi tersebut akan membuat mesin kendaraan menjadi tidak berfungsi dengan baik. Nantinya kendaraan kita tidak dapat dinyalakan atau macet-macet saat tengah memakainya.





Pastikan kita selalu mengecek kapasitas oli mesin secara rutin agar terhindar dari dampak-dampak di atas. Selain itu, cek selalu komponen mesin yang mengalami kebocoran karena dapat mengakibatkan kerusakan kendaraan yang semakin parah.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *