Gurun Pasir Busung

15 Hal yang Bisa Kamu Tulis untuk Membangkitkan Kreativitas

Jen Andersen merancang 15 hal yang bisa kamu tulis untuk membangkitkan kreativitas. Kelima belas hal ini dirancang jika kamu mengalami semacam writer’s block guna memancing kreativitas itu keluar dari dirimu.



Pertama, tulislah sebuah surat kepada dirimu saat masih berusia 8 tahun. Kamu yang telah dewasa kini, yang telah tahu banyak perjalanan kehidupan, beritahu dia nasihat yang bisa mengubah dirimu menjadi lebih baik. Beri juga dia peringatan terhadap hal-hal yang kamu takutkan. Misalnya begitu.

Ketiga, jika kamu diperbolehkan melakukan sebuah kejahatan, tuliskanlah sebuah rencana jahat yang ingin sekali kamu lakukan dan berikan alasannya.

Keempat, kamu bangun pagi dan tiba-tiba kehilangan salah satu panca indramu. Kira-kira indra mana yang hilang? Dan bagaimana hal itu dapat mengubah hidupmu?

Keenam, kamu telah tiada. Arwahmu berdiri di pusaramu. Seseorang membacakan eulogia atau kalimat pengantar terakhirmu. Kira-kira apa yang akan orang itu katakan kepadamu?

Ketujuh, jika hewan peliharaanmu tiba-tiba bisa bicara bahasa manusia, tulislah dialog yang akan terjadi antara kau dan dia.

Kedelapan, kamu berjalan-jalan ke galeri seni dan melihat beberapa lukisan yang menggambarkan kehidupanmu. Sampai kamu menemukan sebuah lukisan yang merepresentasikan titik balik dari hidupmu. Deskripsikan lukisan itu secara detail.



Kesempilan, kamu terkurung di dalam sebuah kotak ditemani ketakutan terbesarmu. Deskripsikan adegan itu dan bagaimana caramu melawannya secara detail.

Kesepuluh, ah, kamu terjebak di pasir isap. Sebuah suara mengatakan, satu-satunya cara untuk selamat adalah kamu mengakui kesalahan di masa lalu kepada seseorang. Cepat, tuliskan permintaan maafmu.

12. Kamu sedang berlari dan di setiap penanda jarak per 1 kilometer, kamu melihat sebuah foto besar terpampang. Kamu menyadari foto itu adalah gambar orang penting buatmu di masa lalu. Tuliskan ucapan terima kasih dan rasa bersyukurmu terhadap orang-otang itu.

Ketiga belas, deskripsikan tempat tidur saat kamu kecil. Termasuk warna, tekstur, dan bau hingga ke detail ruangannya. Dan kalau bisa, bagaimana kamar tidurmu itu merefleksikan dirimu yang sekarang?

Keempat belas, tuliskan sebuah surat cinta kepada seseorang yang tidak pernah kamu ungkapkan.

Kelima belas, buat sebuah kontrak dengan dirimu sendiri, bahwa kamu berkomitmen akan terus menulis di masa depan. Termasuk juga pengingat apa yang akan kamu dapatkan dari perjalanan menulismu itu!



Pring

Pringadi Abdi Surya. Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Pernah terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Selatan 2009. Sekarang tengah bertugas di Subdit Pembinaan Proses Bisnis dan Hukum, Direktorat Sistem Perbendaharaan. Lulusan Akuntansi Pemerintahan STAN 2010 ini suka jalan-jalan.

17 Comments

  1. Ini sangat menginspirasi. Selain kreativitas, juga didukung oleh ide dan tetap percaya diri akan tulisan yang dibuat.

  2. Pengen coba yang nomor 1 deh, semacam terapi inner child mah ini.
    Menulis itu sebenarnya asyik ya, anggap saja kita lagi ngobrol lah, bisa dikembangkan dengan rajin melatih sering menulis

  3. Kesebelas aja..mau nilang rumah impian saya kek mana
    Dan kelimabelas…biar tambah semangat nulisnya
    Kalau yang lain mikir saya..hihi banyak ngerinya.
    Terus keempatbelas..ogah, masak rahasia cinta diuangkapkan kwkwk
    Tapi keren ke-15 ide buat mengatasi writer’s block ini

  4. semuanya aja deh aku lakukan soalnya aku perlu semuanya untuk membangkitkan kreativitas aku yang kadang mager ini

  5. Menuliskan surat untuk seseorang yang belum pernah aku ungkapkan, beberapa kali melakukan ini. Terus suratnya disobek sobek wkwkwkwk.

  6. ketujuh yang paling halu🤣🤣🤣karena aku suka monolog ngobrol bareng kucing.Thanks infonya

  7. Wah, boleh juga untuk dicoba. Yang nomer 12 pasti yang akan membuat haru biru. Karena orang itu pastinya almarhum bapak dan ibuku…

  8. Duh, semakin dipikir, kok agak susah ya ngelakuinnya. Macam Challenge ini ya. Tapi nomor satu kayaknya aku mau coba deh, nulis surat sambil lihat foto waktu kecil dulu. Biar lebih dapat rasanya. Hihihi

  9. Semakin dipikir Kok semakin susah ya ngelakuinnya. Ini semacam Challenge ini ya. Aku coba nomor 1, nulis sambil lihat foto masa kecil, biar lebih dapat taste-nya

  10. Ada banyak ya membangun kreativitas, tapi pengen coba yang keempat belas nih soale belum pernah heuheu.

  11. Wah memang penuh dengan sikap komitmen untuk terus dapat konsisten dalam suatu hal

  12. No 14 saya pernah ngalaminnya tapi gak sampe bikin surat cinta. Malu donk, hanya di pendam dalam hati

  13. Wah, aku coba memikirkan hal ini dan benar, ternyata imajinasiku liar. Karena apa yang akan terjadi dan dilakukan tergamnar rapi dalam ingatan

  14. Sering juga sich mengalami writer’s block. Tapi ke 15 ide di atas bagus juga tuh dipraktekkan. Makasih ya sharingnya …

  15. Tiga, empat, dan enam serem Mas Pri.
    Hmmm, tapi bisa juga nih dicoba, aku tu suka ngrasa gtu apalagi kalau kerja menjelang DL dan menulis sesuatu yang mungkin gk kusukai krn kerjaan atau krn lagi bad mood.
    Tengkyu tipsnya

  16. Whoaaa … Menantang banget ini, ya? Tapi seru lho buat dicoba. Kira-kira seberapa berani ya aku mempraktekkan itu semua? Beberapa di antaranya mungkin berani, sebagian lainnya ragu-ragu, sebagian sisanya oh no aku takut.

  17. 15 tips dari penulis hebat ini wajib diamalkan. Butuh banget tips seperti ini karena ada aja yang menghambat kreativitas. Semoga bisa istiqomah deh menjalankannya*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *