inland waterways cikarang

Inland Waterways Cikarang, Solusi Atasi Kemacetan

Kemacetan selalu menjadi keluhan masyarakat di kota besar. Apalagi pada jalur yang boleh dilalui kendaraan besar seperti truk dan kontainer, pasti akan menjadi sumber macet utama. Di Jawa Barat, salah satu solusi yang digagas pemerintah setempat adalah membangun inland waterways Cikarang. Walau masih dalam tahap persiapan, namun dinilai mampu memecah macet dalam kota yang terhubung.

Nama lainnya adalah transportasi air atau sungai, dimana khusus bagi kendaraan yang mengangkut logistik atau bermuatan banyak, dialihkan rutenya melalui jalur air. Tapi memang banyak hal yang perlu dipersiapkan hingga menjadi benar-benar terealisasi dan berdampak positif bagi mobilitas kendaraan.

2021, Target Inland Waterways Beroperasi

Berdasarkan informasi dari berbagai pihak, saat ini proses pembangunan inland waterways Cikarang sudah mengantongi izin penggunaan sumber daya untuk menunjang terealisasinya proyek ini. Selanjutnya Badan terkait yaitu pengelola jasa transportasi untuk kawasan Jabodetabek akan bertanggung jawab atas pembangunan proyek dengan nilai Rp3,4 triliun ini. Seperti apa tahapannya?

  • Tahap 1

Pada tahap ini, jalur transportasi masih akan menggunakan kanal buatan Kementrian PUPR. Dengan jalur dari Cikarang di kawasan pelabuhan Bekasi melalui Marunda yang berada di kawasan Jakarta Utara. Jalur ini juga akan menunjang bangkitnya sejumlah pelabuhan lain seperti pelabuhan Karawang yang lokasinya cukup berdekatan.

Kapal akan mengangkut kendaraan dengan muatan logistik, untuk kemudian berlabuh dan menurunkan muatannya di Marunda. Hal ini dinilai membantu memecah kemacetan kawasan Cikarang yang saat ini sudah semakin parah, bahkan pada Juli lalu kemacetan sepanjang 13 km, yang terparah adalah saat perbaikan jalan dan pembangunan tol yang mencapai 20 km.

  • Tahap 2

Andil PT Pelindo II pada tahap ini sangat penting, dimana akan dibuat tambahan rute yang melewati Tanjung Priok ke Cikampek. Diharapkan bisa menjadi penghubung lalu lintas logistik menuju sejumlah kawasan industri salah satunya melewati pelabuhan Karawang, yang juga menjadi lokasi strategis bagi bongkar muat kapal.

Jika terealisasi sesuai jadwal, maka keberadaan inland waterways Cikarang bisa jadi percontohan di Indonesia, untuk memecah konsentrasi kemacetan, plus mengatasi penumpukan logistik di berbagai pelabuhan, yang pastinya akan sangat berdampak pada aspek perekonomian dan infrastrukur di daerah-daerah industri.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *