Perjalanan ke Curug Tilu Leuwi Opat di Bandung Barat

Kalau ke Bandung, jangan lupa kunjungi Curug Tilu Leuwi Opat. Letaknya di Bandung Barat. Tak begitu jauh dari pusat kota Bandung, hanya sekitar 18 kilometer. Perjalanan ke sana singkat rasanya apabila menggunakan sepeda motor. Kalau pakai mobil, ya siap-siap macet saja kalau hari libur.

Curug Tilu Leuwi Opat tepatnya berada di Parongpong. Di Parongpong banyak sekali tempat wisata. Di dekat Curug Tilu Leuwi Opat sendiri ada Ciwangun Indah Camp, Curug Cimahi, Curug Bugbrug, Curug Cipanas Nagrak, dan Dusun Bambu. 

Asal Nama Curug Tilu Leuwi Opat

Nah, kenapa dinamakan Curug Tilu Leuwi Opat, karena awalnya ada tiga curug dan empat leuwi di sana. Tiga curug itu ialah Curug Tilu, Curug Citulang, dan Curug Cilaki. Empat leuwi itu ialah Leuwi Kecapi, Leuwi Bagong, Leuwi Baeud, dan Leuwi Gentong. Di sana juga terdapat Goa Lalay dan Goa Toke.

Leuwi Kecapi

Saat aku kemari, aku tidak mengunjungi goa. Leuwi yang kutahu pun cuma Leuwi Kecapi dan sempat berfoto di sana. Leuwi yang lain mungkin aku lewati, namun aku lebih berfokus pada perjalanan treking menuju ujung ke Curug Tilu.

Curug Cilaki pun aku tak tahu di mana, mungkin karena saking kecilnya jadi tak kuanggap. Yang kutemui malah Curug Gelosor di dekat Curug Citulang yang juga dilabeli sebagai Curug Putri.

Curug Gelosor
Curug Gelosor

Curug Citulang

Curug Citulang


Perjalanan treking di sini sungguh seru. Kira-kira 40 menit perjalanan melintasi hutan dan sungai. Banyak sekali tempat foto yang instagramable. Aku treking bersama istri dan kedua anakku. Kami pun sangat menikmati perjalanan.

Beberapa kali kami berpapasan dengan orang yang sedang memancing, komunitas fotografi, pencinta serangga, dll. Udara yang sejuk membuat perjuangan menanjak dan menurun tak begitu terasa.

Tak lama kemudian, sampailah kami ke Curug Tilu yang menjadi ujung perjalanan kami hari itu. Curug Tilu mempunyai kolam yang sangat luas. Sayangnya, aku memutuskan untuk tak berenang. Airnya dingin sekali. Kupikir-pikir nanti perjalanan pulang butuh stamina yang lebih. Selain memang, berbahaya. Dalam.

Curug Tilu
Curug Tilu

Di curug tilu ini ada dua pondokan tempat berisitirahat yang menjual minuman dan bala-bala. Lumayan untuk mengisi perut. Segelas kopi panas pun menghangatkan tubuh.

Flying Fox di Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat

Selain perjalanan alam, Curug Tilu Leuwi Opat juga dilengkapi berbagai fasilitas permainan untuk anak-anak. Hanna, anakku, sempat mencoba flying fox. Memang tinggi sekali, tapi Hanna tidak mengenal rasa takut. Aku saja yang melihatnya deg-degan.

Selain curug di atas, ada juga curug yang baru dibuka beberapa tahun yang lalu dan ngehits di instagram. Namanya Curug Aseupan. Curug ini memang indah nian dan sudah pernah kukunjungi juga. Ke Curug Aseupan tidak perlu berjalan terlalu jauh. Letaknya tak jauh dari Leuwi Kecapi. Paling 300 m dari gerbang.

Oh iya, lupa, tiket masuknya 10.000 ya. Khusus ke Aseupan, kita bayar lagi 10.000. Itu udah bonus mas yang jaga, mau fotoin kita.

Jadi, indah bukan? Kapan kamu ke sini?

 

 

 

 

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *