Lomba Menulis Cerpen Ulang Tahun Lovrinz Publishing (Rin Media)

Kali ini aku akan membagikan info lomba menulis terbaru. Ya, lomba menulis ini adalah lomba menulis cerpen guna merayakan ulang tahun Lovrinz Publishing atau Rin Media.

Temanya adalah APAKAH MIMPI BESARMU?




Syaratnya mudah sekali. Pertama, cukup daftarkan dirimu ke nomor yang tertera sambil melampirkan foto salah satu dari sekian ribu buku terbitan LovRinz Publishing.

Naskah harus original. Belum pernah diterbitkan di media mana pun baik itu media cetak maupun elektronik. Naskah juga tidak boleh sedang diikutkan dalam lomba cerpen yang lain.

Naskah ditulis dalam file Ms. Word dengan format font TNR 12, kertas A4 dan spasi 1,5. Jumlah halaman antara 8-12 halaman.

Naskah dikirim ke lovrinzandfriends@gmail.com dengan Subjek BIG DREAM_JUDUL NASKAH_NAMA PENULIS dan dikirim paling lambat 7 Oktober 2019 ya.

Lomba Menulis Cerpen

Lalu Apa Hadiahnya?

Pemenang akan diumumkan pada November 2019.

Juara I : 2.000.000 + Merchandise
Juara II: 350.000 + Merchandise
Juara III: 250.000 + Merchandise

50 cerpen terbaik akan dibukukan dan masing-masing akan mendapatkan 1 buah buku terbit.






IKUTI JUGA LOMBA MENULIS CERPEN BERHADIAH KELAS MENULIS SENILAI 4 JUTA RUPIAH INI YA!

Anda Investor Pemula? Kenali Terlebih Dahulu Membeli Saham Online yang Benar

Anda yang mendapatkan keuntungan yang besar saat berinvestasi, ada baiknya memilih jual beli saham. Jenis investasi tersebut memang menjadi salah satu yang paling difavoritkan, apalagi modal yang dibutuhkan tidak sebanyak Anda membuka bisnis sendiri. Tidak heran anak-anak muda zaman sekarang mulai beralih bermain saham agar mendapatkan modal masa depan yang lebih banyak.



Di sisi lain, karena perkembangan teknologi sudah semakin maju, maka Anda bisa melakukan investasinya melalui sistem saham online. Dari cara penggunaan dan aksesnya memang lebih mudah dibandingkan Anda datang ke kantornya. Tapi, konsep bermainnya masih sama seperti pada umumnya.

Sebagian orang masih menganggap kalau jual beli saham sama saja dengan berjudi. Padahal berinvestasi saham harus menggunakan strategi yang pintar dan daya analisa yang tepat agar mendapatkan banyak keuntungan. Berbeda dengan judi yang hanya sembarang menebak saja.

Maka dari itulah, Anda yang masih pemula perlu mempelajari bermain SAHAM ONLINE agar tidak terjadi kerugian dan meminimalisasi risikonya.

Jangan malu bertanya ke orang yang lebih ahli

Sebelum Anda memutuskan untuk berbisnis saham, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai cara-cara membeli saham yang tepat. Anda bisa menemukan informasinya melalui situs-situs tutorial, buku, maupun bertanya langsung ke orang yang sudah pernah melakukannya.

Jangan malu bertanya ke orang yang lebih ahli karena pastinya mereka sudah lebih berpengalaman dalam jual beli saham secara online. Selain itu, tanyakan pada mereka apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi agar akun Anda bisa diverifikasi secara cepat oleh pihak brokernya.

Konsultasi saham mana yang ingin dibeli atau jual

Di awal-awal Anda bermain saham online, tentu Anda belum memiliki pengalaman sama sekali dan masih bingung dengan cara jual maupun membelinya. Konsultasikan hal tersebut dengan broker Anda untuk meminta pendapat mereka. Pastinya mereka jauh lebih paham dan memberikan Anda peluang mendapatkan keuntungan yang seimbang.

Anda dapat bertanya ke mereka strategi apa yang perlu digunakan agar resikonya semakin kecil tapi keuntungannya lebih besar. Kalau sudah terbiasa, Anda dapat melakukannya sendiri.

Lakukan analisa teknikal

Dalam bermain saham online, Anda seperti diharuskan menggunakan analisa teknikal. Tujuannya adalah untuk mengetahui harga saham terbaik saat menjual maupun membelinya. Anda perlu mengamati grafik perubahan harga yang ada di halaman aplikasi saham Anda. Grafik tersebut menjadi pertimbangan Anda apakah ingin menjualnya atau membelinya.

Konsepnya sama dengan cara konvensional di mana saat harga naik adalah kesempatan bagus untuk menjualnya dan harus turun merupakan peluang untuk membeli saham yang baru. Pastikan Anda memilih timing yang tepat agar mengurangi resikonya dan keuntungannya lebih besar.



Pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya, seperti Mandiri Sekuritas yang sudah memberikan pelayanan investasi terbaik untuk para nasabahnya. Produk-produk investasi selain saham online bisa Anda lihat melalui mandirisekuritas.co.id.

4 Alasan Mengapa Sewa Bus Lebih Menguntungkan

Biasanya bus dibutuhkan ketika akan berwisata atau mengunjungi tempat tertentu dengan rombongan dalam jumlah besar. Bus dipilih karena dinilai lebih efektif dan efisien dalam mengatasi masalah selama perjalanan, terutama jika perjalanan yang dilakukan cukup jauh. Selain itu, masih banyak keuntungan lain yang bisa kita dapatkan jika memilih sewa bus dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi.

4 Alasan Mengapa Anda Harus Sewa Bus

Banyak orang yang bimbang memilih jenis transportasi antara bus atau mobil ketika akan bepergian. Setiap kendaraan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika Anda pergi bersama rombongan besar akan lebih efektif jika menggunakan bus. Berikut ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan bus.

Efisiensi Lahan Parkir

Dengan menggunakan bus, Anda tidak perlu lagi kebingungan mencari tempat parkir. Bayangkan saja jika Anda dan rombongan membawa beberapa mobil, maka akan kerepotan mencari parkir yang berdekatan. Selain itu, waktu Anda akan terbuang karena digunakan untuk menata lebih dari satu kendaraan. Sewa bus sangat efisien untuk meminimalkan lahan parkir yang dibutuhkan.

Mudah Mengkoordinasi Penumpang

Ketika pergi berwisata, penumpang akan berpencar untuk menikmati waktu wisatanya masing-masing. Setelah waktu di tempat wisata selesai, mereka harus berkumpul bersama-sama kembali di tempat parkir. Dengan ukuran bus yang besar maka penumpang mudah mengenalinya sehingga waktu berkumpul akan lebih cepat. Sedangkan jika Anda menggunakan mobil yang ukurannya lebih kecil dan banyak model yang serupa, tentu saja akan lebih sulit ditemukan.

Hemat Anggaran

Alasan mengapa Anda harus memilih untuk sewa bus selanjutnya adalah karena lebih hemat anggaran. Menggunakan bus lebih hemat biaya karena Anda tidak perlu membayar parkir untuk beberapa mobil sekaligus. Selain itu, bahan bakar yang digunakan akan lebih sedikit dibandingkan dengan beberapa mobil. Biasanya bahan bakar sudah masuk ke dalam fasilitas dari rental bus yang diberikan. Jika Anda ingin menggunakan jasa sopir dari rental, pihak rental juga menyediakannya. Jadi Anda tidak perlu repot mencari sopir sendiri.

Bagasi Lebih Besar

Bus memiliki bagasi yang lebih besar dibandingkan mobil sehingga barang bawaan penumpang yang bisa dimuat akan lebih banyak pula. Terutama jika Anda berwisata dan menginap di hotel, maka barang bawaan pasti akan semakin banyak. Apabila memilih menggunakan mobil pribadi pasti barang yang Anda bawa akan dipangkas agar muat di dalam bagasi. Selain itu, Anda juga akan lebih nyaman karena barang bawaan berada di dalam bagasi tersendiri tidak di dalam bus.




Itulah beberapa alasan mengapa menyewa bus lebih menguntungkan dibandingkan menggunakan mobil pribadi jika sedang bepergian dengan rombongan besar. Jasa sewa bus kini sudah ada di berbagai daerah sehingga Anda tidak perlu susah mencarinya. Kunjungi https://www.sembodorentcar.co.id/ untuk mendapatkan pelayanan maksimal.

 

 

Tentang Karakter/Penokohan di dalam Fiksi

Hal pertama, ingatlah bahwasanya karakter di dalam fiksimu adalah manusia, punya sisi kemanusiaan, manusiawi. Pembaca ingin melihat karakter fiksi sebagai bagian dari dunia ini. Mereka ingin tahu betul seperti apa karakter fiksimu, seperti halnya mereka mengenal teman atau keluarga mereka dan bahkan diri mereka sendiri.



Karakter adalah apa yang dia lakukan. Hal-hal yang harus dimiliki karakter adalah:

  • Motif
  • Masa lalu
  • Reputasi
  • Stereotip
  • Jaringan
  • Kebiasaan dan pola
  • Bakat dan kemampuan
  • Selera dan preferensi
  • Tubuh

karakter fiksi

Yang membuat sebuah karakter menarik adalah fakta bahwa karakter fiksi punya tujuan pasti yang ingin dicapai. Jika ia karakter utama, ia harus sangat menarik dan dapat membuat pembaca percaya dengan apa yang dilakukannya. Jika ia karakter pendukung, ia harus menyesuaikan diri dengan jalannya cerita atau menjadi kejutan/twist, meningkatkan tensi atau menyampaikan informasi penting, bukan cuma disebutkan dan tidak memilki peran apa-apa di dalam cerita.

Ada tiga pertanyaan tantangan yang akan diajukan pembaca atas ceritamu:

  1. So what?

Di sini kamu harus benar-benar meyakinkan pembaca kenapa ceritamu penting, kenapa pembaca harus peduli dengan ceritamu, kenapa pembaca harus mengorbankan waktu untuk membaca ceritamu.

  1. Oh yeah?

Buat pembacamu percaya pada ceritamu seakan-akan itu benar-benar terjadi bahka pada diri mereka sendiri. Jika tidak, kamu akan terlihat bodoh di hadapan pembaca.

  1. Huh?

Jangan bikin pembaca bingung. Jangan bikin cerita yang lebay.


 

Karena kamulah pembaca pertama, ya, kamu harus memosisikan diri sebagai penulis dan pembaca sekaligus. Kamu harus memperhatikan betul-betul karaktermu. Kamu bagi dua dirimu. Kamu-penulis berbeda dengan kamu-pembaca. Lihat karaktermu dari sisi belief, keterlibatan emosi dan pemahaman.



Untuk itu, kamu harus menginterogasi karaktermu. Tanyakan pertanyaan sebab-akibat atas setiap pikiran dan tindakannya.

Bahasa Gaul Masuk KBBI, Salahkah?

Bahasa gaul masuk di dalam KBBI? Masa’ sih? Jadi semua kata itu sekarang sudah baku? Wah, benar nih, ternyata ada kata gue dan nggak juga di KBBI. Jadi, boleh dong gue nulis surat izin sakit pakai kata gue, kan sudah baku….

Pertanyaan-pertanyaan tersebut hadir di benak banyak orang. Tidak sedikit yang menyangka bahwa kata yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) semuanya adalah kata yang baku. KBBI dijadikan rujukan kata sudah sesuai kebakuan atau belum.

Padahal, hal itu keliru. KBBI bukanlah kamus baku Indonesia. Tidak semua kata dalam KBBI merupakan kata yang baku.

Jika kita cermati di KBBI daring misalnya, akan kite temukan label cak dalam kata-kata gaul tersebut. Apa ya maksudnya cak itu?

Cak adalah cakapan. Ragam bahasa cakapan adalah ragam bahasa yang dipakai apabila pembicara menganggap kawan bicara sebagai sesama, lebih muda, lebih rendah statusnya atau apabila topik pembicara bersifat tidak resmi. Ragam bahasa cakapan ini tidak baku lho.

Beberapa kata lain dengan labek cak di dalam KBBI yang berasal dari bahasa gaul yakni:

Alay
Artinya anak layangan, atau gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian. Pengertian atau makna ini hampir sama dengan arti yang sebenarnya dalam bahasa gaul saat ini. Alay, yaitu gaya anak-anak muda yang berlebihan, norak, kampungan yang menarik perhatian atau caper (cari perhatian).

Lebay
Artinya berlebihan (tentang gaya berbicara, penampilan, dan sebagainya). Kata lebay ini, baik dalam bahasa gaul maupun KBBI sama. Istilah kerennya Over acting atau penampilan  yang berlebihan dalam segala hal, mulai dari cara bicara, duduk, berpakaian, dsb.

Kepo
Rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Dalam Bahasa gaul anak jaman kekinian, artinya juga sama. Kepo menunjukkan sifat seseorang yang bawaannya ingin tahu saja urusan orang. Dikasih tahu yang ini mau tahu lagi yang itu. Dikasih tahu lagi yang itu, minta lagi yang lain. Dasar kepo lu, ah

Kece
Menurut KBBI, kece artinya cantik Tapi dalam pergaulan sehari-hari, istilah kecetak hanya sekedar cantik. Sesuatu yang menarik, asyik dan keren, bisa juga dibilang kece.

Kicep
Nah lo, apalagi ini? Kicep artinya diam karena takut atau gelisah. Misalnya kamu diam-diam asyik ngintip orang lagi mandi, trus ketahuan sama tetangga, pasti langsung kicep. Iya, kan?

Bokek
Punya nggak punya duit, biasanya kamu suka bilang: “Gue lagi bokek nih.” Apalagi kalau ada teman yang mau pinjam uang. Pokoknya untuk meyakinkan orang kalau kamu tak punya uang maka selalu bilang bokek kalau menghadapi urusan yang harus mengeluarkan uang. Dasar pelit lo. He he he… Soal apa arti bokek, nggak usah tanya lagi dah. Sama kok antara KBBI dan bahasa gaul sehari-hari.  Bokek artinya tidak punya duit. No money.

Bokep
Hayoo… ngaku aja dah.  Jangan ngaku anak gaul kalau belum pernah nonton bokep. Menurut KBBI bokep itu artinya film porno.  Nggak beda, kok.

Nyokap
Nggak usah dijelasin kamu juga udah tahu kalau nyokap itu artinya ibu atau emak. Kata nyokap sudah masuk KBBI, tapi kata bokap, pasangannya nyokap , yang artinya bapak, belum ada di KBBI saat artikel ini ditulis. Kenapa ya.

Doi
Dalam Bahasa gaul sehari-hari, Doi berarti si Dia yang maknanya lebih mengarah pada pacar, kekasih atau pasangan. Menurut KBBI, Doi bisa berarti pacaruang atau dia (laki-laki).

Agan
Agan adalah kependekan dari kata Juragan. Kata ini biasa digunakan sebagai sapaan yang sifatnya menghormat. Juragan bisa berarti majikan, tuan, atau nyonya. Kata agan ini banyak dipakai di Jawa Barat. Menurut KBBI, Agan berarti juragan atau goda.


Gimana, Gan, Agan… sudah jelas belum?

Bincang Phi di BDS Fair: Kritik Terhadap Realitas

Kemarin, saya mendapatkan kesempatan membincangkan PHI, novel saya, di Business Development Service (BDS) Fair 2019 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak. Kesempatan yang berharga, soalnya di organisasi sendiri, saya belum pernah mendapatkan kesempatan serupa. Pernah sih, beberapa tahun lalu, 2016 kalau tak salah, dihubungi untuk mengisi acara di Perpustakaan. Namun, acara itu dibatalkan.

Setiap bicara soal PHI, saya bisa saja membicarakannya sebagai kisah cinta biasa, dari seorang pemuda yang tergila-gila pada seorang gadis. Dia ingin sekali bersama gadis itu. Namun, entah berapa kali dia mencoba, bahkan hingga memutar ulang waktu, yang ia dapati adalah kesedihan.

Waktu dan kesedihan adalah dua hal kental dari novel ini. Waktu dalam film “LUCY” dianggap “hanya” sebagai sebuah persepsi. Jika manusia tidak ada, jika makhluk hidup tidak ada, apakah waktu akan tetap ada?

Novel Phi

Waktu dalam PHI menjadi elemen kunci. Namun, masa lalu dan masa depan adalah pasti. Sebagaimana pun tokoh dalam PHI mencoba mengubah segala hal, ia tetap akan mendapat kenyataan yang serupa.

Kenyataan itulah yang berusaha saya metaforakan sebagai bagian dari rasio emas. PHI adalah rasio emas. Bahwa kesuksesan dan kegagalan dalam diri seseorang ada jatahnya, begitu juga kebahagiaan dan kesedihan.

Waktu pula yang dikacaukan dalam pikiran PHI (dan bagi pembacanya). Ya, dengan alur maju-mundur, bolak-balik, tanpa penanda, saya menginginkan pembaca konsentrasi penuh pada waktu-waktu yang kemudian menunjukkan perkembangan karakter.

Waktu itu juga yang menjadi kunci untuk melihat realitas. Manakah realitas yang benar-benar dijalani oleh Phi?

Sedemikian kabur, kecuali membaca hingga akhir dengan khusuk.

Teka-teki itulah yang coba saya hadirkan sebuah upaya kritik terhadap realitas.

Pernahkah kamu bertanya, seberapa yakin kamu bahwa kenanganmu adalah sesuatu yang benar-benar terjadi? Saya meyakini bahwa satu peristiwa yang sama, dialami oleh dua orang yang berbeda, bisa saja atau hampir pasti akan menghasilkan dua persepsi yang berbeda.

Dalam hal percintaan, sepasang kekasih yang berpisah, akan mempunyai dua versi penceritaan tentang kenapa mereka berpisah, siapa yang bersalah.

Tokoh PHI juga mengalami hal itu. Di dalam cerita kita akan dibuat bertanya-tanya mana yang sebenarnya dialami oleh PHI dan mana yang hanya persepsinya. Mana yang fakta, mana yang fiksi.

Seolah-olah hidup yang dialami PHI, hidup yang sedemikian tak masuk akal itu menjadi cerminan bahwa kenyataan yang hadir di sekitar kini sedemikian tak masuk akalnya. Anak menikah dengan ibunya. Kakak-beradik berhubungan intim. Bucin bunuh diri. Anak-anak SD mengalami depresi.

Lalu di mana kenyataan yang sebenarnya?

Apakah hidup yang kita jalani ini sebenarnya juga bukan kenyataan? Hanya “hidup” dari persepsi kita yang entah di mana.

Blog Literatur/ Sastra, Makro Ekonomi, dan Catatan Perjalanan