Mitos (atau Bukan Mitos) Terkait Kokok Ayam Jantan

“Jika kau mendengar ayam jantan berkokok di malam hari, maka mintalah karunia kepada Alloh karena ia tengah melihat malaikat, sementara jika kau engkau mendengar ringkikan keledai, maka mohonlah perlindungan kepada Allah karena ia melihat setan.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Pernah mendengar kokok ayam jantan pada tengah malam/dini hari? Dalam Islam, hal itu pertanda baik karena malaikat sedang lewat. Kita dianjurkan untuk berdoa yang baik-baik saat mendengarnya. Bila itu dilakukan, malaikat diharapkan akan turut mengaminkan dan menjadi saksi atas kita.

Ayam adalah salah satu hewan yang istimewa dalam Islam. Dalam hadis lain dikatakan:

“Janganlah kalian mencela ayam jantan. Sesungguhnya dia membangunkan untuk shalat.”

(HR Abu Dawud)

Al-Hafidz Ibn Hajar mengatakan,

وللديك خصيصة ليست لغيره من معرفة الوقت الليلي فإنه يقسط أصواته فيها تقسيطا لا يكاد يتفاوت ويوالي صياحه قبل الفجر وبعده لا يكاد يخطئ سواء أطال الليل أم قصر ومن ثم أفتى بعض الشافعية باعتماد الديك المجرب في الوقت

Ayam jantan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki binatang lain, yaitu mengetahui perubahan waktu di malam hari. Dia berkokok di waktu yang tepat dan tidak pernah ketinggalan. Dia berkokok sebelum subuh dan sesudah subuh, hampir tidak pernah meleset. Baik malamnya panjang atau pendek. Karena itulah, sebagian syafiiyah memfatwakan untuk mengacu kepada ayam jantan yang sudah terbukti, dalam menentukan waktu (Fathul Bari, 6/353).

Bagaimana Secara Sains?

Lazimnya, ayam bisa saja berkokok tengah malam ketika mengalami suatu gangguan pada dirinya, misalnya saat lapar, atau saat terganggu oleh ayam lainnya.

Ayam itu rabun senja. Kalau malam, dia tidak bisa melihat. Namun di balik itu, retinanya unik. Ia bisa melihat cahaya tertentu.

Karena bukan ahli, jadi aku hanya bisa mencocok-cocokkan kalau malaikat kan terbuat dari cahaya, apakah ayam melihat materi cahaya yang tidak bisa dilihat manusia itu? Wallahu’alam.

Kokok Ayam di Primbon Jawa

Lain lagi dalam budaya Jawa, kokok ayam pada malam hari punya arti yang berbeda-beda tergantung periodenya.

  1. Kalau ayam berkokok di antara bakda maghrib sampai dengan pukul 9 malam, itu merupakan pertanda akan muncul fitnah di kampung tersebut.
  2. Kalau ayam berkokok terjadi antara jam 9 malam sampai menjelang tengah malam (sebelum jam 12), itu merupakan pertanda muncul aib yang memalukan, misalnya ada gadis hamil di luar nikah.
  3. Kalau ayam berkokok terdengar antara jam 12 tengah malam sampai pukul 3 malam, itu merupakan pertanda kesuburan dan kejayaan.
  4. Kalau ayam berkokok terdengar antara jam 3 malam sampai pukul 6 pagi, maka itu merupakan pertanda hadirnya dewa surya (fajar menyingsing).

Nah, mana yang kamu percayai?

 

Comments

comments

One thought on “Mitos (atau Bukan Mitos) Terkait Kokok Ayam Jantan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *