Tanjung Siambang

Menyibak Pesona Tanjung Siambang di Dompak, Kepulauan Riau

Tak banyak yang tahu, Dompak juga menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Tanjung Siambang. Sebenarnya, nama pantai yang lebih dikenal dengan Tanjung Siambang ini adalah pantai Sri Arjana.

Tanjung siambang

Pulau Dompak memang kini lebih mudah dijangkau setelah jembatan Dompak dibangun. Untuk menuju Tanjung Siambang, kita hanya menempuh jarak kurang dari 20 km dari Tanjung Pinang. Dengan bermotor santai, waktu tempuh tak sampai 1 jam.

Namun, modal Google Maps harus didukung sinyal yang memadai, meski ada mode offline. Sebab, rute yang harus dilalui cukup tersembunyi. Kawasan Tanjung Siambang sendiri cukup panjang. Kita bisa berhenti di tempat yang salah. Pantai Sri Arjana sendiri berada nyaris paling ujung. Acuannya, pintu masuknya berada di sebelah gedung Satuan Pamong Praja, Kepri.

Tanjung siambang

Tanjung Siambang alias Pantai Sri Arjana wajib dikunjungi meski tidak seluas atau sepanjang Lagoi maupun Trikora. Bentangannya unik, terlebih bila laut surut. Ada satu dermaga menjorok ke tengah lautan. Dermaga itu menghubungkan masyarakat ke pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Tanjung Siambang

Dermaga itu pula menjadi tempat berfoto wajib. Jika beruntung, kita akan menemukan anak-anak bermain sepulang sekolah, sambil melakukan atraksi salto, melompat ke air laut. Jika surut, ya, tidak akan terlalu dalam.

Tanjung Siambang

Berjalan menyusuri pesisir, akan sangat mengasikkan karena suasananya yang sepi. Bagi kamu yang galau, cocok sekali menyendiri di Tanjung Siambang sambil menikmati desauan angin dan lambaian nyiur. Ombak pun rajin menyapa kaki kita.

Sebuah ayunan terletak di pantai itu. Menaikinya, berayun, setinggi-tingginya sealan membiarkan segala beban di pundak berlepasan.

Tanjung Siambang

Bila lelah, jangan khawatir. Ada restoran dengan menu makanan laut. Ikan, udang, dan cumi jadi menu utama. Terutama ikan selar bakar yang jadi favorit orang Melayu. Minumnya, ya, air kelapa murni yang segar.

Tidak ada tarif masuk di sini. Namun, bila kamu tak sadar duduk di pondokan yang ada di sepanjang pantai, itu berarti kamu menyewa. Sejam 40 ribu.

Dua kali aku menyambangi Tanjung Siambang. Rasa terus ingin kembali. Kalau kamu ke Kepri, percayalah padaku, Tanjung Siambang harus dikunjungi!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *