Curug Jatake

Menikmati Keindahan Curug Jatake di Pongkor, Bogor

Curug Jatake namanya. Sungguh tidak terencana hingga akhirnya aku bisa menikmati keindahan Curug Jatake di Pongkor ini. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Stasiun Bogor. Hanya 18-19 kilometer ke arah Leuwiliang. Ikuti saja Google Maps, pasti ketemu.

Curug Jatake ini berada di kawasan Curug Lembah Pelangi. Lokasinya berada di  Kampung Jatake, Desa Cimanggu 1, Kec Cibungbulang, Kab Bogor. Curug ini bisa dibilang spot curug/air terjun yang masih cukup baru. Kalau tidak percaya, silakan cek di instagram hashtag #curugjatake, masih ratusan foto. Jadi, kurekomendasikan banget deh ke sini mumpung masih sepi.

Sayangnya ya, Curug Jatake ini nggak pas buat mandi. Airnya keruh dan sedikit berbau. Banyak sampah berserakan di aliran sungainya. Bisa dimengerti karena curug ini berada atau melewati di area perkampungan. Plus kita harus berhati-hati kalau mau turun mendekati pusat curug. Ada peringatan daerah rawan longsor.

Curug Jatake merupakan air terjun yang memiliki fenomena geologi yang menarik. Di bagian atas curug, terdapat batuan berbentuk tiang/kolom, sedangkan ke awah bawahnya bentuk kolom tersebut menghilang. Lapisan tebal di bawah curug namanya Tuf breksian, yang berasal dari endapan awan panas yang membeku secara cepat  pada bagian bawah Curug jatake, Sementara endapan awan panas yang datang berikutnya membeku secara lambat dan membentuk Welded Tuff.


BACA JUGA 5 HAL MENARIK DI CURUG CIKULUWUNG


Sayang banget sebenarnya, curug ini kurang dikelola dengan baik. Kalau dari masyarakat sekitar ada kesadaran membersihkan sungai, tidak membuang sampah sembarangan, bayangkan air keruh di curug ini jadi bening. Dahsyat banget.

Nah, buat kamu yang mau pergi ke sini patokannya sebagai berikut, pertama Terminal Bubulak (tanyakan rute ke arah Leuwiliang). Setelah itu, kita akan melewati kampus IPB Dramaga. Dari IPB Dramaga ke lokasi, sudah dekat meski sering macet. Setelah IPB Dramaga, nanti anda akan melewati Kecamatan Ciampea lalu pertigaan Cikampak dan ada dua pom bensin yang dilalui, ketika tiba di pom bensin kedua (pom bensin Leuweung Kolot) anda bisa bertanya ke masyarakat sekitar, Gardu Cherry (Gardu Seri), dari gardu seri ke lokasi sekitar 1 km dan kondisi jalan sudah aspal.

Harga tiketnya masih murah banget Rp5.000 dan parkir motor Rp3.000.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *