Leila S. Chudori

Lomba Menulis Cerpen Berhadiah Kelas Menulis Fiksi Tempo Institute Bersama Leila S. Chudori Senilai 4 Juta Rupiah!

Mau ikut Kelas Menulis Fiksi Bersama Leila S. Chudori yang diadakan oleh Tempo Institute? Yuk, ikuti lomba menulis cerpen berhadiah kelas senilai 4 juta rupiah tersebut!


Caranya mudah banget lho:

  1. Kamu berkomitmen, jika terpilih, benar-benar akan mengikuti kelas menulis tersebut.
  2. Kelas menulis fiksi tersebut akan diselenggarakan selama 5 hari, yakni setiap Kamis, pada 15 Agustus, 22 Agustus, 29 Agustus, 05 September, dan 12 September 2019  pukul 16.00-19.00 WIB di Gedung Tempo, Jakarta.
  3. Share/bagikan pengumuman lomba ini di medsosmu (Facebook atau Twitter). Dan kalau punya instagram follow @pringadisurya.
  4. Cerpen yang diikutsertakan adalah cerita yang ditulis dalam kurun waktu setahun terakhir. Cerpen bisa cerpen lama atau cerpen baru.
  5. Kirimkan cerpenmu ke pringadisurya@sejiwa.sch.id atau bila sudah dianggit ke blog, cukup tuliskan tautannya di kolom komentar postingan ini beserta alamat emailmu agar bisa dihubungi nantinya.
  6. Keikutsertaanmu akan kutunggu hingga 30 Juli 2019.
  7. Pengumuman peserta yang terpilih akan diumumkan pada7 Agustus 2019 bakda Maghrib.

Sebagai informasi tambahan, selain satu pemenang utama yang mendapatkan tiket gratis Kelas Fiksi Bersama Leila S. Chudori, dua orang dengan cerpen yang kusuka akan mendapatkan masing-masing satu buah buku Jurnalistik Dasar: Resep dari Dapur Tempo.

Kalau mau lihat-lihat cerpen seperti apa yang kusuka, silakan dilihat cerpen-cerpen di dalam buku Dongeng Afrizal atau Kumpulan Cerpen Tempo  ini ya.


Kelas menulis Cerpen Tempo Institute adalah tempat belajar menulis paling asik dengan metode yang mudah dan membuka cakrawala pikir pesertanya untuk menggali, menentukan tema, plot hingga tulisan kita layak dibaca.

Saifullah S.
Peserta Kelas Menulis Fiksi Leila S. Chudori Periode Sebelumnya




Kelas Menulis Fiksi Bersama Leila S. Chudori

Kelas Menulis Fiksi

Penyair dan penulis cerita pendek, Sutardji Calzoum Bachri, berkata, “Cerita pendek bukanlah bentuk mini dari sebuah novel”. Tantangan menulis cerita pendek adalah menyediakan ruangan yang sempit untuk ledakan yang dahsyat.

Memilih cerita pendek saat ini bukan karena ini sekadar langkah pertama, karena cerita pendek memiliki kewibawaannya sendiri, dan di masa yang akan datang peserta juga mempelajari penulisan novel karena sebuah cerita memang memiliki fitrah untuk bercerita dengan panjang.

Di kelas TEMPO Institute, peserta akan belajar menulis cerita pendek bersama Leila S Chudori, wartawan TEMPO, sekaligus penulis novel “Pulang”. Mulai dari hal-hal yang dibutuhkan untuk menulis sebuah karya yang baik, kiat menulis cerita pendek, Peserta akan belajar bagaimana membuat Drama Tiga Babak, membuat Karakter, praktik langsung belajar tentang Deskripsi, dan membuat Intro yang menarik.

Selama pelatihan berlangsung, peserta diwajibkan membuat PR yang diberikan pengajar, agar peserta dapat masukkan langsung dari Leila.


 

Comments

comments

13 thoughts on “Lomba Menulis Cerpen Berhadiah Kelas Menulis Fiksi Tempo Institute Bersama Leila S. Chudori Senilai 4 Juta Rupiah!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *