Kelebihan dan Kekurangan Operasi LASIK

Siapa di antara kalian yang belum tahu apa itu LASIK? Mari saya jelaskan terlebih dahulu!

LASIK merupakan sebuah tindakan operasi pada mata, tepatnya kornea, untuk mengembalikan fungsi mata agar penglihatan kembali sempurna seperti sedia kala. LASIK dapat menghilangkan gangguan mata minus (miopia), mata plus (hypermetropia) dan mata silinder (astigmatisme).

Umumnya, penderita gangguan mata tersebut menggunakan alat bantu penglihatan berupa kaca mata dan kontak lensa untuk membantu memperjelas penglihatannya. Namun, dengan perkembangan dunia kesehatan, ketergantungan penggunaan alat bantu tersebut bisa dihentikan, cukup dengan LASIK mata.

Sejarah Panjang

LASIK lahir dari sejarah kesehatan yang cukup panjang, sejak awal tahun 1980-an. Semua teknologi dalam dunia operasi mata tersebut sudah berdasarkan penelitian dan perkembangan teknologi selama bertahun-tahun.

Tidak Sakit

Nah, banyak yang beranggapan jika LASIK merupakan operasi yang menakutkan. Mungkin, mereka berpikir operasi ini penuh drama dengan mata yang dibedah pisau dan berdarah-darah.

Santai guys… LASIK bukan operasi seperti itu kok. Sebelumnya sudah diberitahu kan kalau LASIK menggunakan laser?

Laser inilah yang membuat operasi LASIK tidak sakit. Cara kerjanya tepat dan akurat ke kornea mata kita. Sehingga, proses operasi pun terhitung cepat, hanya butuh waktu sekitar 20 menit. Demikian juga untuk proses penyembuhan dan pemulihannya.

Sampai sini, kalian bisa tahu dong kelebihan LASIK itu apa?

Yup, kalian hanya perlu waktu sebentar untuk sembuh dari gangguan mata kalian selamanya. Berbeda dengan menggunakan kaca mata atau soft lens yang butuh bertahun-tahun atau terus menerus digunakan.

Biaya Lasik

Tapi biaya LASIK nggak murah, lho!!!

Biasanya ini menjadi pertimbangan yang utama. Namun, kalian perlu tahu jika melihat dari kelebihan-kelebihan LASIK sebelumnya, masalah biaya ini sebetulnya tidak seberapa.

Coba kalian perhitungkan!

Kisaran biaya LASIK mulai dari konsultasi hingga pasca operasi  maksimal mencapai Rp50 juta. Misal usia kalian saat ini 20 tahun serta menderita mata silinder dan normalnya manusia biasa berumur hingga 60-70 tahun.

Maka biaya 50 juta tersebut adalah untuk menghilangkan mata silinder kalian selama 40 tahun. Meski memang, perlu usaha menjaga gaya hidup yang sehat juga dalam mempertahankan hasil LASIK.

Pengetahuan juga buat kamu nih, let’s say sekarang  umur kamu 20 tahun… LASIK dan nggak perlu kacamata lagi. Tapi nanti kalau sudah umur 40 tahun ke atas, semua orang bisa kena rabun tua (presbyopia). Dan kalau sudah rabun tua sudah pasti butuh kacamata baca. Rabun tua belum bisa disembuhkan hingga saat ini.

Jadi, ya kalau mau hitung-hitungan… 20 tahun sampai  40 tahun gak perlu beli kacamata lagi (sampai rabun tua datang) = 20 tahun x Rp5 juta (harga kacamata)= Rp100 juta.

Kalau kalian memilih lensa kontak yang penggunaannya harus sekali pakai, walaupun harganya lebih murah, pengeluaran kalian akan lebih banyak. Belum lagi resiko-resiko penggunaan lensa kontak yang membahayakan jika digunakan berkelanjutan.

Wahhh… ngeri juga, ya!!!


Baca Juga: Beberapa Hal yang Harus Diketahui dari Imunisasi


Hasil Permanen

Setelah mempertimbangkan biaya LASIK, kalian juga perlu tahu jika 50 juta yang kalian investasikan untuk kesehatan mata tersebut hanya cukup sekali saja.

Hasil operasi LASIK permanen. Pasca operasi, kalian hanya perlu melalui proses pemulihan dan penyembuhan sebentar. Selanjutnya, penglihatan kalian akan kembali jelas dan say bye bye to your glasses!!!

Sudah Umum

LASIK sekarang sudah umum dan populer. Banyak klinik yang menawarkan LASIK.

Kalian wajib pilih-pilih klinik penyedia jasa LASIK yang terpercaya. Pastikan semua tenaga medis yang dimiliki klinik tersebut sebagai tenaga medis, khususnya dokter mata terbaik. Pelayanan memuaskan, mulai dari konsultasi sebelum hingga pasca operasi nanti. Teknologinya pun bukan hanya terkini,melainkan juga berstandar internasional.

KMN EyeCare atau yang dulu disebut Klinik Mata Nusantara merupakan salah satu klinik mata yang sangat recommended untuk kalian pilih. Di sini semua tenaga medisnya tidak perlu diragukan. Teknologi lasernya pun telah disetujui FDA atau BPOM-nya Amerika Serikat. Bahkan,  banyak lho public figure yang sudah menggunakan jasa LASIK di KMN EyeCare. Seperti aktris Yuki Kato, actor Kevin Julio, fotografer Rio Motret, hingga Miss Universe asal Netherlands, Sharita Sopacua.

Bagi kalian yang juga selalu mempertimbangkan biaya, KMN EyeCare memiliki promo besar-besaran yang bisa menghemat biaya. Dari 33 jutaan, kini hanya 27 jutaan aja lho!

 

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *