Hal-hal yang Sukar Dipercaya

Manusia. Ya, manusialah hal yang paling sukar dipercaya. Apalagi jika sudah berurusan dengan uang, manusia baik sekalipun, bisa berubah.

Belum setahun tinggal di Depok-Bogor ini, ada-ada saja kejadian yang bikin aku geleng-geleng kepala. Yang terbaru, dan yang baru kusadari, sepertinya aku telah tertipu. Memang tidak tertipu terlalu parah, tapi aku menyadari begonya diriku ini.

Karena cuaca mulai panas, aku ingin membeli AC. Sudah googling sana-sani, jatuhlah pilihan pada AC bermerk Panasonic Kn- 5. Alasannya, selain 1/2 PK, wattnya rendah. 320 watt. Bila pemakaian 10 jam per hari, dalam satu bulan, pemakaian hanya akan menghasilkan daya 96000 watt, atau 96 kilo watt. Yang bila dipulsakan sekitar 150 ribu rupiah untuk biaya listriknya. Harga untuk pemasangan yang melayani Jabodetabek ketemu sekitar Rp3,8 juta.

Senin kemarin aku pun bertanya ke toko-toko terdekat, berharap bisa mendapat harga Rp3,5 juta. Setelah tawar menawar, dapatlah harga Rp3,6 juta. Tapi aku belum bisa membelinya karena tak bawa uang dan ATM. Aku bilang nanti aku datang lagi.

Hari Rabu libur. Aku datang lagi. Ketika akan kubayar, aku ditawari merk lain. “Kenapa nggak Daikin saja?”

Dia bilang Daikin lebih bagus. Wattnya nggak beda jauh, lebih dingin. Kalau ada apa-apa, dia siap membantu pelayanannya. Dia bilang Panasonic KN-5 banyak bermasalah. Selain itu, servicenya harus langsung ke Jakarta. Bla bla, intinya dia bagus-bagusin Daikin dan menjelekkan Panasonic. Aku pun entah kenapa terbujuk. Meski harganya  lebih mahal Rp3,8 juta.

Hingga kemudian aku baru menyadari aku telah dibikin tolol. AC Daikin buatan Malaysia merk tersebut dengan harga pasang, harga pasarnya RP3,4 juta maksimal. Dan cara seperti itu, menjelek-jelekkan barang agar tidak dibeli demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar pada merk lain adalah sebuah modus yang umum.

Sungguh, sukar dipercaya… aku bisa dibuat percaya olehnya. Untungnya, Daikin sebenarnya juga merk yang nggak jelek-jelek banget.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *