Definisi Deus Ex Machina

Istilah ini berawal dalam pentas teater Yunani kuno, menjelang akhir pertunjukan kadang terjadi ‘situasi sulit’ (misalnya sang pahlawan dalam posisi terjepit, atau malapetaka sudah tak terhindarkan). Pada saat itulah tiba-tiba ada dewa muncul dan menyelesaikan masalah (membawa sang pahlawan ‘terbang’ menjauh dari bahaya, menganulir kematian seseorang yang dikasihi dsb). Dalam pertunjukan, sang dewa (sosok ilahiah penyelamat situasi) biasanya muncul dari atas (bisa pula dari bawah lantai panggung), melalui platform yang diulur (atau ditarik) dengan alat semacam kerekan. Dari sinilah muncul istilah deus ex machina (‘Tuhan muncul dari mesin’).

Istilah deus ex machina mengacu pada keadaan di mana konsep yang tidak masuk akal atau karakter ilahi diperkenalkan ke dalam alur cerita, untuk tujuan menyelesaikan konflik dan mendapatkan hasil yang menarik. Penggunaan deus ex machina tidak disarankan, karena alasan keberadaannya di dalam plot dianggap sebagai bentuk plot yang tidak terstruktur. Penjelasan yang diberikan oleh para kritikus untuk pandangan ini adalah bahwa penulis tiba-tiba menggunakan twist yang acak, tidak dapat dibendung, dan tidak dapat dipercaya untuk tujuan mendapatkan akhir, akan tercipta kekurangan yang inheren dari plot. Oleh karena itu, deus ex machina agak diperdebatkan, dan sering dikritik, sebagai bentuk perangkat sastra.

Persyaratan dari Deus Ex Machina

Deus ex machinas adalah solusi. Mereka tidak dapat dilihat sebagaikejutan dalam alur cerita yang pada akhirnya membuat semuanya menjadi lebih buruk, dan bukan sebagai sesuatu yang berkontribusi terhadap perubahan pemahaman cerita. Lebih lanjut, harus ditunjukkan bahwa masalah yang diselesaikan oleh deus ex machina adalah masalah yang tidak dapat dipecahkan atau tidak ada harapan.

Ini berarti bahwa kapasitas yang melekat dari deus ex machina untuk memecahkan misteri tidak jelas sampai waktu perangkat benar-benar digunakan untuk mendapatkan akhir yang layak untuk plot. Namun, jika beberapa jenis intervensi lain – seperti akal sehat – dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang sama, maka tidak masalah seberapa mendadak solusinya, itu tidak akan disebut sebagai deus ex machina.

Euripides adalah salah satu pengguna deus ex machina yang paling menonjol. Beberapa ahli percaya bahwa dia adalah penulis pertama yang menggunakan perangkat ini dalam tragedi. Karyanya sering dikritik karena cara dia menyusun plotnya, dan untuk ide-ide dasarnya.


Fungsi Deus Ex Machina

Deus ex machina tetap menjadi cara yang populer. Bahkan saat ini, digunakan dalam film-film modern, novel, dan cerita pendek. Namun ruang lingkup istilah telah diperluas secara efektif untuk menyajikannya sebagai alat multifaset.

Cara ini dapat digunakan untuk tujuan memindahkan cerita ke depan, atau ketika penulis telah “melukis dirinya sendiri di sudut” dan tidak menemukan pelarian lain. Dia menggunakan ini untuk mengejutkan penonton, untuk membawa akhir yang bahagia untuk dongeng, atau sebagai perangkat komedi.

 

Diterjemahkan dari https://literarydevices.net/deus-ex-machina/

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *