Tropical Beach

Dari Maluk, Lawar, Hingga Sekongkang: Pantai Terindah di Sumbawa Barat

Sebutkan pantai terindah di Sumbawa Barat? Rasa-rasanya agak sulit untuk menentukan mana yang lebih indah di antara Pantai Maluk, Pantai Lawar, atau Tropical Beach di Sekongkang. Nama-nama itu belum ditambah dengan Pantai Pasir Putih di Poto Tano dan pantai-pantai lain yang masih perawan di sepanjang Sumbawa Barat.

Setelah melewati dua gerbang sebelum masuk ke Poto Tano, yaitu Pulau Paserang dan Pulau Kenawa, orang biasanya bertanya, ke mana saya harus melanjutkan perjalanan? Bagaimana trip Sumbawa ini harus dimulai dan bagaimana harus diakhiri?




Salah satu alternatif biasanya turis akan menjelajahi Sumbawa Barat terlebih dahulu. Di sana ada Desa Mantar yang terkenal sebagai Desa di Atas Awan. Bukan hanya itu, pantai-pantainya yang indah juga sangat terkenal bagi para peselancar.

Aku bersama teman-teman KPPN Sumbawa pernah berkesempatan liburan ke sana. Atas nama rihlah sebelum Ramadan, kami bersama mencoba memaknai alam untuk mengenali kebesaran Tuhan. Setelah berisitirahat Zuhur di Taliwang (ibu kota Kabupaten Sumbawa Barat), kami meneruskan perjalanan untuk melihat keindahan pantai tersebut.

Pantai Maluk

Pantai Maluk




Pantai di Sumbawa Barat yang paling terkenal adalah Pantai Maluk. Pantai ini letaknya di Jereweh, tak terlalu jauh dari Taliwang. Pantai ini juga paling ramai karena lokasinya dekat dengan tambang emas Newmont. Tentu saja, karena tambang emas, lokasinya lumayan ramai. Karena itu pantai Maluk memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Kita tak perlu khawatir kalau mau cari makan di sini.

Pantai Maluk memiliki pasir putih yang lembut. Konturnya diapit dua bukit sehingga memanjakan lensa fotografer ketika pagi.

Pantai Maluk sangat terkenal karena memiliki ombak khas bernama Super Suck. Penamaan ini diberikan karena  ombak yang menuju daratan terepecah oleh sebuah tanjung, yang disebut Tanjung Ahmad, yang terletak di ujung teluk Maluk yang indah ini. Pecahan ombak tersebut menggulung stabil hingga mencapai ketinggian 2 meter.

Pantai Lawar

Pantai lawar

Perjalanan ke Pantai Lawar penuh drama. Soalnya jalan menuju ke sana penuh belukar. Mobil yang kami kendarai terpaksa harus berjibaku dengan ranting yang sudah menjorok ke tengah jalan.

Persoalannya adalah mobil ini mobil kantor. Salah satunya, kami meminjam mobil Kepala Kantor yang aduhai, masih mulus. Menerabas ranting bisa membuat kemulusan mobil ternodai. Baret-baret, Bos!Pantai lawar

Lawar sebenarnya sudah masuk kawasan Sekongkang. Pantai ini berpasir halus, tapi sayangnya sepi. Pantai Lawar diapit oleh 2 buah tebing batu yang lumayan tinggi. Di sana ada semacam penginapan atau home stay yang tidak terawat. Ternyata itu karena pemiliknya tersandung masalah dengan kepolisian maka bangunan  akhirnya terbengkalai tak terawat.

Pantai Tropical Beach

Tropical Beach

Pantai ini dikelola oleh sebuah resor milik mertuanya Nana Mirdad. Dari segi pasir, pantai ini memiliki kualitas pasir putih yang sangat baik. Garis pantainya pun sangat panjang, menjadi salah satu daya tariknya. Ombaknya khas pantai selatan yang menggulung-gulung menjadi magnet lain bagi wisatawan terutama mancanegara penggila surfing.  Ombak di sini beda dengan ombak di Maluk. Pemula dilarang surfing di Tropical Beach.

Tropical Beach

Pantai Pasir Putih

Pantai pasir Putih




Pantai ini kami “temukan” lewat fotografer kami, Taufik Rahman. Katanya ada pantai bagus di balik bukit di dekat pelabuhan Poto Tano. Sebelum masuk pelabuhan, kami berbelok di jalanan berpasir dan langsung menemukan pantai yang waktu itu perawan sekali.

Poto Tano

Kami bermain sendirian di sana tanpa ada pengunjung lain.

Ada kejadian lucu. Karena jalannya berpasir, mobil sempat terperosok ke pasir. Semakin digas semakin terperosok. Kami coba berbagai cara agar roda tidak terperosok. Begitu bodohnya kami yang tidak sadar kalau kami berempat adalah laki-laki. Ternyata tinggal dorong saja mobil bisa lepas dari jebakan pasir.

Pantai Batu Bolong

Pantai Batu Bolong

Di perjalanan menuju Sekongkang, kami sempat menemukan sebuah pantai di pinggir jalan. Uniknya ada sebuah batu karang bolong di sana. Jadilah kami berhenti sebentar untuk mengambil gambar.






Sebenarnya masih banyak pantai di Sumbawa Barat. Misalnya saja Pantai Rantung. Namun, ya waktu sangat terbatas. Kami tak sempat menjelajahi semuanya. Mungkin nanti kamu yang berkesempatan untuk itu.

Comments

comments

20 thoughts on “Dari Maluk, Lawar, Hingga Sekongkang: Pantai Terindah di Sumbawa Barat”

  1. Indahnyaa… Serasa kepingan surga yang jatuh ke bumi ya… Haadza min fadhly rabbik. Saya familiar sama Newmont. Yg dulunya banyak ikan mati gegara limbah ya.. semoga kini tidak ada masalah lagi. Pantai Maluk te o pe begete ya

  2. Aku belum pernah ke Nusa Tenggara Barat. Pantai pantai di timur Indonesia itu emang keren sih. Gak terlalu rame juga. Mudah mudahan aku bisa ke Sumbawa Timur.

  3. Wow.. indah sekali pantai-pantainya, Mas Pring. dan selama ini, saya memang sudah sering baca dan lihat di televisi tentang keindahan pantai di Sumbawa. Jadi mupeng dan ingin segera ke sana. Apalagi saya ini memang pencinta suasana pantai hahaha.

  4. MasyaAllah… Cantik sekali pantainya mas. Jadi makin pengen ke Sumbawa. Surganya penikmat pantai. PR kita nih untuk menjaga keindahannya.

  5. Subhanallah indahnyaa ya, aku sukaaa banget sm pantai kepikiran mau jalan-jalan ke daerah Timur Indonesia salah satu nya NTB , soon doakan ya agar bs holiday kesana

  6. Masya Allah Tabarakallah ini pantai Sumbawa Barat kok cakep semua yaaak
    Oh ya, itu ada daerah bernama Taliwang apa asal dari nama Ayam Taliwang ya Mas…
    Ini semua masih alami ya..pengunjung pun masih sepi. Semoga dengan ditulis begini jadi makin banyak yang datang…eh tapi jangan kebanyakan ding..ntar rusak lagi ..hiks!

  7. Haha ngebayangin yang nyetir bawa mobilnya ati2 jgn sampai lecet. Emang gk ada mobil lain mas🤣
    Pantai2nya bagus banget dan kyknya masih perawan ya blm banyak pengunjung gtu?
    Jd pengen eksplor pantai2 di Sumbawa juga nih

  8. Lha ternyata gak dimoderasi ya? Berarti belum masuk komenku hehe.
    Oke tadi aku komen itu yang bawa mobil pasti deg2an banget takut mobilnya beret2 😀
    Wow banget mertuanya Nana Mirdad punya resort di sana, itu bapak ibunya Andrew White itu bukan sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *