Cari Tahu Pinjaman KTA Terbaik dan Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Butuh pinjaman, tapi tak punya aset untuk menjamin pinjaman tersebut? Kredit tanpa agunan solusinya. Kredit tanpa agunan (KTA) adalah salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Tentu, setelah itu kita harus teliti betul untuk mencari pinjaman KTA terbaik yang mampu menjawab kebutuhan pinjaman kita.



 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) masuk ke dalam kategori kredit konsumtif. Oleh karena itu debitur dapat menggunakan fasilitas ini sesuai dengan kebutuhan, baik itu untuk renovasi rumah, biaya pengobatan, pendidikan, modal usaha atau bahkan pernikahan.

Nah, Cekaja.com dapat membantu calon kreditur untuk menemukan pinjaman KTA terbaik tersebut dengan  membandingkan pinjaman KTA bunga murah secara online dengan praktis. Proses pengajuan pinjamannya pun mudah. Hanya dengan menyerahkan syarat-syarat yang diperlukan, kita bisa langsung dapat mengajukan aplikasi untuk pinjaman ini. Bunga yang diberikan juga cukup ringan dan murah. Puluhan produk bank penyedia KTA bisa kita bandingkan dan ajukan melalui CekAja.com.

Mengenal Suku Bunga Pinjaman KTA

Pada dasarnya suku bunga bank yang umum diberlakukan sekarang ada 2, yakni suku bunga tetap (fixed rate) dan suku bunga mengambang (floating rate).

Pada suku bunga tetap, suku bunga diberlakukan sama selama masa pinjaman. Misal, saya meminjam dengan suku bunga 8% p.a selama 5 tahun. Maka, dalam lima tahun itu suku bunganya selalu 8%. Sedangkan pada suku bunga mengambang, pemberlakuan bunga 8% tersebut bisa saja hanya terjadi pada satu atau dua tahun awal masa pinjaman. Pada tahun-tahun selanjutnya, suku bunga bank akan bisa berubah, menyesuaikan dengan kebijakan tingkat bunga Bank Indonesia.

Sebenarnya ada satu lagi jenis suku bunga, yakni suku bunga efektif. Pada suku bunga efektif, pokok pinjaman yang berubah. Misalnya, saya pinjam 100 juta rupiah selama 5 tahun dengan suku bunga efektif 8% p.a. Pada tahun pertama, saya akan membayar bunga sebesar 8% x 100 juta. Pada tahun kedua, saya akan membayar 8% x 80 juta. Lalu pada tahun terakhir, saya hanya akan membayar 8% x 20 juta. Namun, kebijakan ini jarang diberlakukan  karena tidak menguntungkan bagi bank.

Lalu berapa persen suku bunga yang umum diberlakukan untuk kredit tanpa agunan saat ini? Suku bunga Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang ditawarkan oleh lembaga perbankan besarannya beragam, tetapi biasanya berkisar di angka 10% hingga 23% per tahun.

Biaya Lain yang Diperlukan Saat Mengajukan Pinjaman KTA

Nah, ini kadang menjadi masalah karena minimnya pengetahuan kita tentang biaya yang diperlukan saat ingin meminjam KTA. Bila meminjam 100 juta, kita tidak akan akan mendapatkan uang tunai 100 juta. Namun, ada beberapa potongan yang dikenakan sebagai biaya.

Biaya tersebut yaitu Biaya Bunga, Biaya Materai, Biaya di Muka, Biaya Provisi, Biaya Percepatan Pelunasan, dan Biaya Asuransi.

Syarat dan Dokumen Pendukung untuk Mengajukan Pinjaman KTA

Tentu saja kita harus punya bukti kewarganegaraan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dan sudah harus berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun. Hal itu dibuktikan dengan Fotokopi KTP, dilengkapi surat nikah apabila sudah berkeluarga.

Kita juga harus memilki penghasilan tetap per bulan minimal Rp2,5 juta per bulan bila tinggal di Jabodetabek. Di luar wilayah Jabodetabek, batas penghasilannya berbeda. Di sinilah diperlukan Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh, Cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir, Asli surat keterangan kerja dan slip gaji (untuk karyawan dan professional), dan Tagihan kartu kredit terakhir (jika memiliki).

Syarat dan dokumen pendukung lain yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman KTA adalah Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta), Salinan izin praktik profesional (dokter, pengacara, atau profesional lain), Salinan laporan keuangan (untuk perusahaan/wiraswasta), dan Materai.

Berapa Lama Pengajuan Pinjaman KTA?

Salah satu keuntungan melakukan pinjaman KTA  melalui CekAja.com, selain lebih leluasa dalam menentukan waktu pengajuan, karena tidak bergantung pada jam operasional kantor cabang bank, kita juga bisa menghemat waktu, karena kita hanya memerlukan waktu yang singkat untuk membuka situs penjual produk finansial tanpa harus pergi kemana-mana.

Nah, rata-rata bank menghabiskan proses verifikasi hingga pencairan minimal 3 sampai 5 hari kerja dan maksimal 14 sampai 21 hari kerja. Sementara, untuk jangka waktu pelunasan atau tenor, rata-rata bank menawarkan pembayaran selama 3 hingga 5 tahun.


Pinjaman KTA


Seperti itulah sekilas mengenai kredit tanpa agunan. Mudah bukan untuk melakukan pengajuan pinjaman KTA? Jika merasa butuh dan memenuhi syarat dan dokumen pendukung, silakan lakukan pinjaman kredit tanpa agunan melalui https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ di Cekaja.com ya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *