Bukit Pasir Busung: Gurun Pasir di Bintan

Bukit Pasir Busung, itulah salah satu tempat yang paling nge-hits di Bintan, Kepulauan Riau saat ini. Bekas tambang bauksit itu tak disangka menjadi tempat berfoto yang ciamik seolah-olah kita berada di sebuah gunung pasir.

Ya, bukit pasir Busung memang bukan gurun pasir betulan. Dulu, tempat ini bekas penambangan bauksit bahkan diekspor keluar negeri. Tambang pasir itu kemudian dihentikan oleh daerah setempat sehingga tidak digunakan lagi dan dibiarkan begitu saja.

Gundukan-gundukan pasir yang ada sebenarnya bukanlah pasir seperti di gurun, tetapi material seperti kerikil-kerikil kasar. Gundukan tersebut akan berkilau manakala cuaca cerah, sehingga menambah keeksotisan bukit pasir Busung.

Gurun Pasir Busung

Sayangnya, ketika saya ke sana kemarin, hari baru selesai turun , hujan. Masih gerimis bahkan. Memang, pada bulan-bulan berakhiran -ber, musim hujan selalu akrab. Tiga hari saya di sana, hujan terus setiap menjelang siang.

Lokasinya sesuai namanya, di Desa Busung. Jarak dari Tanjung Pinang sekitar 47 km. Bisa ditempuh kurang dari 1 jam perjalanan. Tentu, tidak ada kendaraan umum di sana.

Bukit Pasir Busung Bintan

Yang lebih menarik dari Bukit Pasir Busung adalah bukan hanya menyajikan gundukan-gundukan pasir, tetapi juga kubangan/galian bauksit itu membentuk danau-danau kecil yang berwarna biru dan kehijauan. Di sekeliling area, juga terdapat pepohonan. Tentu, dengan perpaduan warna seperti itu, sangat akan instagramable/ memanjakan fotografer. Tak heran apabila, rutin turis datang kemari untuk mengabadikan diri lewat foto.

Gurun Pasir Busung

Tiket masuknya hanya 5000/orang. Namun, yang menjengkelkan, bila kita berfoto di tempat tertentu yang berproperti seperti ayunan, onta-ontaan, dan sebagainya, kita akan dipalak 5000 lagi.

Sejujurnya, pemasangan properti berfoto seperti itu seringkali malah merusak lanskap pemandangan. Berlebihan. Pemasangannya pada spor-spot yang sembarangan menyulitkan para pengambil foto. Ada baiknya, pemasangan properti, yang latah dilakukan di banyak tempat tanpa memperhitungkan nilai estetika, ditinjau kembali. Kami, para pemburu foto, ya nggak se-alay itu untuk mengambil foto kalau hasilnya justru lebih buruk.

Eh, pokoknya mah, kalau kamu ke Kepri, terkhusus Tanjungpinang atau Bintan, Bukit Pasir Busung di Bintan adalah tempat yang harus kamu kunjungi. Kudu!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *