Beda Pengertian Resensi, Sinopsis, Blurb, dan Review Buku

Pernah nggak kamu ditanya orang, “Eh, lihat dong sinopsis bukumu? Itu lho yang ada di belakang buku….”

Banyak yang tidak tahu, tulisan yang ada di belakang buku bukanlah sinopsis, melainkan blurb. Sinopsis adalah ringkasan cerita sebuah novel. Kita kudu menceritakan isi novel secara ringkas/pendek  tanpa mengesampingkan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. Sinopsis menceritakan alur cerita secara lengkap. Awal cerita, konflik cerita, peyelesaian konflik. Sinopsis juga menjelaskan secara lengkap siapa tokohnya, karakter tokoh, dan setting./latar.

Sedangkan blurb, yang berada di sampul belakang buku, adalah konten promosi yang menceritakan potongan cerita, yang dibuat sedemikian rupa sehingga menarik calon pembaca untuk membelinya. Blurb tentu tidak akan menceritakan akhir cerita. Ia tentu saja hendak membuat pembaca merasa penasaran.

Sementara itu, resensi berasal dari bahasa Latin yaitu revider/recensere/recensio yang berarti menimbang atau menilai sebuah tulisan atau buku. Resensi dilakukan untuk mengkaji kembali isi buku, membahasnya, bahkan memberikan kritik dan saran tentang suatu buku. Biasanya resensi berisi tentang kelebihan, kekurangan, dan informasi ringkas mengenai sebuah karya.

Resensi buku memiliki format penulisan yang baku, biasanya mencakup judul buku, data buku seperti penulis, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, dan harga, pengenalan singkat penulis, isi buku secara ringkas, penilaian, serta kesimpulan. Saat menulis resensi, hampir keseluruhan buku akan dibahas, mulai dari cover, gaya penulisan, hingga jenis kertas.

Sedangkan Review berarti mengolah referensi, membandingkan dan memberi pendapat pribadi berdasarkan referensi ilmiah, serta menyimpulkan isi buku dengan pendapat pribadi. Bisa dibuat dalam bentuk esai atau opini. Di sini kita memberikan pandangan mengenai isi buku yang telah dibaca.

Comments

comments

One thought on “Beda Pengertian Resensi, Sinopsis, Blurb, dan Review Buku”

  1. Ternyata saya tak tahu semua perbedaan di atas, ha ha. Terbalik banget antara sinopsis dan blurb. Seakrang saya paham, Pak Pring.
    Soal resensi dan review, otak saya malah terjebak menyamakan mereka secara bahasa saja. Kirain sama ternyata beda. Jadi malu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *