Apa Saja Cangkupan Financial Services Berbasis Teknologi yang Marak di Indonesia

Semua pasti sudah tahu kalau Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang berusaha meningkatkan sektor teknologinya dari berbagai macam bidang yang ada.

Peningkatan teknologi di semua bidang itulah yang membuat masyarakat akan semakin dimudahkan dalam memenuhi kebutuhannya, termasuk financial service.

Layanan keuangan memang menjadi sektor yang terus mengalami kemajuan di Indonesia, sehingga dari beberapa di antaranya sudah menggunakan teknologi yang semakin memudahkan masyarakat melakukan segala transaksinya. Layanan finansial tersebut dikenal dengan sebutan fitnech. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut, bukan?

Ya, fintech yang menjadi singkatan financial technologi merupakan perpaduan bisnis keuangan dengan penggunaan teknologi. Adanya kemajuan teknologi dalam layanan keuangan, masyarakat tidak perlu lagi bertatap muka atau pergi ke kantor untuk melakukan transaksi apapun. Kini hanya dengan memakai smartphone saja, mereka sudah bebas melakukannya di mana saja dan kapan pun mereka inginkan.

Sebagai gaya hidup yang modern, Anda harus tahu apa saja yang mencangkupi financial services yang menggunakan teknologi dan marak di Indonesia. Dengan begitu, Anda tidak lagi merasa ketinggalan zaman.

 P2P lending dan crowfunding

P2P lending dan crowfunding menjadi salah satu jenis yang banyak digunakan di Indonesia, bahkan paling populer dibandingkan dengan yang lainnya. Platform ini dibuat untuk mempermudah mempertemukan peminjam dengan pihak yang memberikan pinjaman. Dalam hal tersebut dibuat mirip dengan marketplace.
Crowfunding merupakan financial services yang khusus untuk menggalangkan dana yang dibutuhkan untuk daerah-daerah yang terkena bencana atau untuk memberikan bantuan biaya pada suatu karya. Bisa dikatakan kalau layanan finansial ini termasuk pembiayaan massal dan sudah banyak aplikasi yang menyediakannya.
P2P (peer to peer) lending berbeda dengan layanan keuangan sebelumnya, karena financial services ini termasuk layanan yang bisa memberikan pinjaman dana ke masyarakat yang membutuhkan. Dana tersebut bisa berasal dari sendiri atau perusahaan platform itu sendiri. Pinjaman online seperti ini memang semakin marak di masyarakat, sehingga keperluan yang dibutuhkannya semakin mudah terpenuhi.

Market aggregator

Fintech selanjutnya yang marak di Indonesia yaitu market aggregator. Financial services yang satu ini menyediakan layanan yang membuat Anda melihat berbagai macam informasi keuangan dari sumber-sumber yang ada.

Adanya layanan ini Anda bisa dengan mudah membandingkan financial services yang akan dipakai ke depannya. Misalnya saja, Anda bisa membandingkan berbagai macam produk kartu kredit, asuransi, hingga KPR serta cicilan mobil maupun motor. Tidak jarang juga penyedia platform ini memberikan ajuan beberapa produk keuangan yang cocok untuk Anda gunakan.

Investasi

Bagi Anda yang suka dengan dunia investasi, adanya layanan keuangan yang satu ini tentu akan sangat membantu Anda. Meskipun sudah lama hadir di Indonesia, beberapa tahun belakangan ini fintech ini baru terkenal dan marak di tanah air.

Anda yang menggunakan fintech ini bisa melihat perencanaan keuangan disertakan dalam bentuk digital. Dengan cara tersebut, Anda bisa semakin mudah dalam merencanakan modal investasi yang cocok untuk ke depannya. Tidak sedikit pula startup yang menghadirkan sekaligus aplikasi pengaturan pajak milik penggunanya.

Payment

Sebagian besar dari Anda pasti menggunakan financial services yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari. Ya, payment merupakan fintech yang terus mengalami kemajuan, sehingga sudah tidak sedikit segala transaksi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat bisa dilakukan dengan cashless. Anda tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan uang untuk membayarnya karena sistemnya yang sudah menggunakan uang elektronik.

Dari berbagai macam jenis fintech di atas, masih ada multiintisarana.com yang menjadi salah satu financial services yang berkembang di tanah air. Dulu hanya melakukan pengadaan transportasi saja, tapi kini sudah dihadirkan jasa keuangan yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Kalau tidak percaya, Anda bisa langsung mengeceknya melalui website resminya, ya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *