Mengenal Air Terjun Teba Tewa, Pernek, di Sumbawa

Air Terjun Teba Tewa atau ada yang bilang Air Terjun Pernek adalah air terjun pertama yang kukunjungi selama di Sumbawa. Mengenal air terjun ini secara tak sengaja karena waktu itu ada perpisahan kepala kantor yang dimutasi. Kami, sekantor, pun mencari tempat makan bareng. Atas petunjuk Taufik Rahman, kami pun ke air terjun ini.

Embung Pernek
Sebagian punggawa KPPN Sumbawa Besar

Mencapai air terjun ini dari kota Sumbawa tidaklah sulit. Waktu tempuhnya paling hanya sekitar 15-20 menit dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja, waktu itu di beberapa bagian jalan masih berupa tanah berkerikil yang menuntut kehati-hatian.

Sebelum ke air terjun Teba Tewa, kita akan melihat embung Pernek yang cukup luas. Di sini tempat seru buat memancing. Panorama yang disajikan pun luar biasa. Bukit-bukit hijau memancing imajinasi karena bentuknya mirip piramida. Saat melihat itu, saya berseloroh, jangan-jangan bukit-bukit itu juga piramida dan ada alien di sana. Sayang foto-fotonya lupa di mana kusimpan.

Dari tempat parkir mobil, kita perlu berjalan sekitar 300 meter. Tapi medannya tidak sulit. Cenderung datar. Kita memasuki hutan sebelum menemui Air Terjun Teba Tewa. Udara yang sejuk langsung menyergap. Kontras dengan Sumbawa yang panas sekali.

Air terjun teba tewa

Sayangnya, air terjun di Sumbawa sangat tergantung musim. Saat kami ke sana, musim hujan hampir habis sehingga debit air rendah meski masih ada airnya. Kolam-kolam kecil di sepanjang alirannya cukup untuk merendam kaki tetapi tidak bisa buat berendam.


Baca Juga: Air Terjun Ai Nyember di Sumbawa


Tempat Rahasia di Teba Tewa

Air terjun teba tewa
Foto Muji Pangestu

Nah, begitu sampai ke air terjunnya, basahi dulu tubuh sebentar. SStt.. ada lokasi tersembunyi lho. Caranya kita hanya perlu menaiki air terjun ini. Tetap harus berhati-hati ya.

Air terjun teba tewa

Yak, di atas air terjun ini ada kolam yang bisa buat berendam, Airnya jernih dan segar sekali. Kedalamannya paling hanya 1,5 meter. pokoknya dijamin puas berendam di atas air terjun Teba Tewa. Kita juga bisa melihat panorama sekitarnya lho.

Update:
Saya baru tahu kalau Embung Pernek beserta Air Terjun Teba Tewa telah ditetapkan sebagai lokasi Ekowisata Alam yang resmi dilaunching 11 Februari 2017 lalu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *