SehatQ

5 Cara Pintar dan Sehat Bersama SehatQ

Apa kamu juga seperti aku yang suka mencari berbagai macam informasi kesehatan? Aku seperti itu, karena pertama, banyak sekali info yang salah soal kesehatan beredar di masyarakat. Dipercaya pula. Padahal itu semata mitos.

Kadang-kadang, orang yang lebih tua yang mudah percaya pada informasi kesehatan yang disebar tanpa sumber yang jelas. Paling sederhana saja, aku dilarang minum es dengan alasan minum es bikin gemuk.  Padahal air mau panas atau dingin kan sama-sama 0 kalori. Yang bikin gemuk itu kalau esnya manis. Yang lebih happening sekarang apalagi kalau bukan infused water dan segala klaimnya.  Padahal, ah, sudahlah.



Kebiasaan membaca informasi ini juga yang membuat serba salah kalau berhadapan dengan dokter dengan pola pikir lama. Dokter yang begini nih, biasanya ketika pasien masuk, periksa sebentar dengan stetoskop, kasih resep, sudah. Selesai. Padahal nih kita sebagai generasi muda suka cerewet, bertanya ini-itu untuk mendapatkan informasi yang jelas.

Bulan lalu saat membawa anak ke dokter, aku mencoba memulai dialog dengan dokter dengan bahasa kesehatan. “Apa yang seperti ini bukan impetigo, Dok?” tanyaku.

Sang dokter bukannya menjawab pertanyaan, malah balik bertanya, “Kamu orang kesehatan?”

Ketika kujawab bukan, ia hanya menulis resep sebelum menyudahi sesi konsultasi.

Sekarang nih, ada lagi lho layanan kesehatan yang bisa bikin kita pintar, atau meleklah terhadap informasi seputar kesehatan. Namanya SehatQ.com.

5 Cara Pintar dan Sehat Bersama SehatQ

Tim SehatQ terdiri dari dokter umum dan spesialis dengan passion untuk memberikan akses layanan kesehatan yang kredibel, terpercaya, dan mudah dimengerti. Tim ini menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

Pertama, Berita Kesehatan Terbaru

SehatQ

Tidak kurang dari 2200 artikel kesehatan bisa kita baca di SehatQ.com. Informasi ini akan terus di-update. Kita bisa membaca artikel dengan kategori yang sudah tersusun rapi. Dengan begitu kita akan mudah melakukan pencarian artikel sesuai dengan yang kita butuhkan. Butuh artikel tentang apa saja ada. Insyaallah isinya bisa dipertanggungjawabkan.

Kedua, Ensiklopedia Penyakit dan Obat

SehatQ

Istriku termasuk perfeksionis. Setiap habis dapat obat dari dokter, dia tidak langsung mengkonsumsinya. Ia cari dulu informasi tentang obat itu di internet atau dari temen-temennya yang lulusan farmasi. Ia akan cari informasi yang holistik apakah obat tersebut ada korelasinya dengan penyakit yang diidap.

SehatQ pasti akan cocok banget buat orang macam dia  yang butuh diyakinkan sedetail mungkin terhadap apa yang terjadi dan tindakan apa yang harus dilakukan.

Sampai artikel ini ditulis, telah lebih dari 1200 isi ensiklopedia ini.

Ketiga, Direktori Dokter dan Rumah Sakit

SehatQ

Ada 7000 lebih daftar dokter terdata di SehatQ.com ini. Selain kita bisa tahu jadwal praktiknya, kita juga bisa mendaftar via website ini. Praktis ya? Jadi mudah cari dokter. Bukan cuma di Jakarta, tapi juga sudah mencakup wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Untuk fasilitas kesehatannya sendiri, sudah terdata lebih dari 2000.

Keempat, Forum Diskusi serta Tanya Jawab dan Live Chat dengan Dokter

SehatQ

Ini yang paling penting menurutku. Kita bisa langsung konsultasi via chat di Sehatq. Kebayang kan serunya kita bisa nanya langsung ke dokter. Selain fitur live chat dengan dokter, ada juga forum diskusi dengan komunitas yang difasilitasi oleh moderator yang terlatih.

Kelima, Tools Kesehatan Interaktif

Pernah mengunduh Mobile BKN? Bagi para pengguna BPJS wajib lho mengunduh aplikasi satu itu. Mana tahu kartu BPJS kita hilang, kita masih punya kartu virtual. Yang lebih penting sih di sana terekam riwayat kesehatan kita.

Di MySehatQ, juga menampilkan data riwayat kesehatan. Selain itu, ada juga kalender imunisasi, kalkulator body mass index, kalkulator presentase lemak tubuh, kalender ovulasi, kalender kehamilan, serta tumbuh kembang anak.





Nah, kalau kamu mau ngepoin soal SehatQ lebih lanjut, silakan aja kunjungi webnya atau kamu bisa mengikuti media sosialnya di:

Instagram: @sehatq_id
Twitter: @sehatq
Facebook: SehatQ

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *